5 Manfaat Daun Kering yang Jarang Diperhatikan, Jangan Langsung Dibuang

5 Manfaat Daun Kering yang Jarang Diperhatikan, Jangan Langsung Dibuang
ilustrasi daun kering. unsplash.com
JABAR | 23 Juni 2022 17:53 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Memiliki taman atau kebun yang dihiasi daun-daun hijau akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan sedap dipandang. Namun bagaimana jika dedaunan hijau tersebut gugur dan mengering? Pastinya akan mengotori taman dan akhirnya hanya akan menjadi sampah yang berserakan.

Padahal, Anda bisa mendapatkan manfaat dari daun kering yang menumpuk ini. Daripada memenuhi tempat sampah, Anda bisa menggunakannya sebagai sumber daya penting untuk tanaman atau menyuburkan tanah.

Pemanfaatan daun kering ini tak hanya akan mengurangi jumlah sampah Anda. Anda juga dapat menghemat waktu untuk mengumpulkan dan membersihkan halaman Anda. Mengutip dari laman krishijagran.com, berikut manfaat daun kering yang bisa Anda dapatkan dari sampah alami ini.

2 dari 4 halaman

Menjadikannya Pupuk Buatan Sendiri

ilustrasi menanam pohon

©Creative Commons/Robbieross123

Manfaat daun kering yang pertama untuk dijadikan sebagai pupuk. Daun kering merupakan sumber bahan organik. Anda bisa menggunakan daun-daun kering ini menjadi pupuk buatan sendiri. Gunakan mesin pemotong untuk membuat daun kering ini menjadi potongan-potongan kecil agar lebih cepat terurai. Kemudian sebarkan potongan-potongan ini untuk membuatnya diserap oleh halaman Anda.

Ubah Daun jadi Humus

Manfaat daun kering yang kedua yakni untuk dijadikan sebagai humus. Sampah yang mengotori taman-taman Anda akan lebih baik dibiarkan menjadi humus. Ini adalah cara sederhana untuk memanfaatkan daun kering Anda.

Di bagian taman yang jarang digunakan, tumpuk dan basahi daun-daun kering. Kemudian hancurkan dan tambahkan beberapa sekop tanah yang bagus. Ulangi proses ini setiap kali Anda menambahkan daun. Seiring waktu, mereka akan terurai dan berubah menjadi humus bergizi yang dapat Anda sebarkan di kaki pohon atau kebun Anda.

3 dari 4 halaman

Melindungi Tanaman di Musim Dingin

Manfaat daun kering yang ketiga berguna untuk melindungi tanaman saat musim dingin. Daun kering memberikan perlindungan yang sangat baik selama musim dingin ketika ditempatkan di sekitar tanaman. Anda hanya perlu meletakkan daun tersebut di sekitar tanaman tanpa menumpuknya. Hal ini bertujuan agar udara bisa bersirkulasi.

Di tempat-tempat yang berangin, jaring nilon yang diikatkan ke tanah dengan pancang membuat mereka tetap tertutup dan mencegahnya tertiup angin. Penting untuk mengumpulkan daun kering sesegera mungkin setelah jatuh, sebelum mulai membusuk.

Sebagai Mulsa

Manfaat daun kering yang keempat digunakan sebagai mulsa. Daun akan membuat mulsa yang sangat baik untuk digunakan pada tanaman di rumah Anda (tanaman berbunga atau tanaman hias).

Mereka membantu mengurangi pertumbuhan gulma, mempertahankan kelembapan tanah, mempertahankan suhu tanah yang rendah di musim panas, melindungi dari fluktuasi suhu dan beberapa jenis kerusakan suhu rendah selama musim dingin. Mereka akhirnya membusuk, menambahkan nutrisi ke tanah dan memperbaiki struktur tanah.

4 dari 4 halaman

Gunakan sebagai Kompos

Manfaat daun kering yang kelima digunakan sebagai kompos. Daun kering juga bisa menjadi bahan penting dalam pembuatan kompos, yang bahkan lebih baik dari pupuk kimia. Kompos ini akan membantu menyuburkan tanaman, menjaga kelembapan tanah, membantu menyebarkan pupuk, memudahkan penyiangan, menarik cacing dan membantu mencegah penyakit.

Selama pengumpulan daun-daun kering, usahakan untuk menghindari daun-daun yang sudah berbintik-bintik hitam. Ini menunjukkan bahwa di daun tersebut sudah ada spora jamur. Karena spora ini bertahan dari proses pengomposan, mereka dapat mencemari kompos Anda dan, pada akhirnya, menyebar ke tanaman Anda.

Jadi kumpulkan daun-daun yang jatuh di halaman Anda dan masukkan ke dalam wadah lalu simpan di tempat yang jauh dari hujan. Akan lebih baik jika Anda mencabik-cabik daun sebelum menambahkannya sebagai bahan kering ke dalam komposter. Ini merupakan cara yang ramah lingkungan untuk mendapatkan manfaat daun kering.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami