5 Olahraga untuk Penderita Hipertensi, Salah Satunya Cukup dengan Berjalan

5 Olahraga untuk Penderita Hipertensi, Salah Satunya Cukup dengan Berjalan
ilustrasi berjalan kaki. ©2018 boldsky.com
JABAR | 8 April 2021 16:01 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, merupakan faktor risiko utama serangan jantung dan stroke. Penyakit ini sering disebut sebagai “silent killer”, karena jarang menyebabkan gejala. Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda menderita tekanan darah tinggi adalah dengan mengetahui angka tekanan darah yang Anda miliki.

Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah normal memiliki angka kurang dari 120/80 mm Hg. Tekanan darah sistolik, angka yang lebih besar, mengacu pada seberapa besar tekanan darah Anda di arteri saat jantung berdetak. Sebaliknya, tekanan darah diastolik, angka yang lebih rendah, adalah kekuatan di arteri Anda saat jantung sedang istirahat.

Kondisi hipertensi didiagnosis secara bertahap. Hipertensi stadium 1 adalah kondisi di mana angka tekanan darah menunjukkan angka 130/80 mm Hg atau lebih tinggi. Hipertensi stadium 2 adalah tekanan darah yang berada di atas 140/90 mm Hg.

Untuk membantu mengendalikan tekanan darah Anda, olahraga bisa menjadi solusi sehat yang alami. Ada beberapa jenis olahraga untuk penderita hipertensi yang bisa dicoba. Dengan berolahraga secara rutin, kesehatan jantung pun juga ikut terjaga.

Dilansir dari everydayhealth.com dan thehealthy.com, berikut adalah beberapa jenis olahraga untuk penderita hipertensi yang sederhana dan mudah untuk dicoba.

Baca Selanjutnya: Berenang...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami