6 Efek Samping Cuka Apel, Perhatikan Cara Aman Menggunakannya

6 Efek Samping Cuka Apel, Perhatikan Cara Aman Menggunakannya
JABAR | 27 Maret 2020 18:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Pada dasarnya, cuka apel memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh jika digunakan dengan benar. Dalam beberapa penelitian menemukan bahwa asam asetat yang terdapat dalam cuka apel dapat meningkatkan pembakaran lemak dan menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan kadar kolesterol.

Cuka apel dibuat dengan mengekstrak sari apel. Setelah mendapatkan cairan dari sari apel, ditambahkan ragi dan bakteri ke dalamnya. Ragi akan mengubah gula dalam apel menjadi alkohol. Sedangkan bakteri akan memfermentasi alkohol menjadi asam asetat.

Beberapa penelitian pada hewan dan manusia telah menemukan bahwa asam asetat dan cuka sari apel dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan kadar kolesterol.

Adanya manfaat di dalam cuka apel, ternyata cuka apel juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan, khususnya bagi Anda yang sering mengonsumsinya. Meskipun Anda mengonsumsinya dalam jumlah kecil, namun bila terlalu sering juga akan mengakibatkan efek negatif bagi tubuh Anda.

Berikut efek samping cuka apel yang telah merdeka.com rangkum dari healthline.com,Jumat (27/3/2020).

Baca Selanjutnya: Memperlambat Waktu Pencernaan...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami