6 Khasiat Minuman Bandrek, Salah Satunya Cegah Corona

6 Khasiat Minuman Bandrek, Salah Satunya Cegah Corona
JABAR | 19 Maret 2020 18:48 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Melimpahnya rempah-rempah di Indonesia membuat masyarakat zaman dahulu berkreasi untuk menciptakan berbagai olahan dari rempah tersebut. Olahan-olahan tersebut pun bisa dinikmati melalui berbagai cara yang cukup nikmat.

Di Jawa Barat sendiri terdapat banyak olahan dari rempah-rempah khas Indonesia. Hasil bumi tersebut diolah menjadi sebuah minuman tradisional yang berkhasiat.

Bandrek, minuman tradisional khas Jawa Barat ini salah satunya. Minuman yang kaya akan rempah seperti jahe, kayu manis serta cengkeh ini dipercaya memiliki kandungan yang kuat sebagai antioksidan tinggi.

Selain itu minuman yang popular di dataran tinggi Jawa Barat ini dikenal bisa digunakan untuk antisipasi Corona. Berikut 6 khasiat minuman bandrek:

1 dari 6 halaman

Bantu Cegah Corona

virus corona

Sel Virus Corona 2020 Merdeka.com

Dilansir dari tagar.id, minuman penghangat berbahan dasar jahe dan susu ini ternyata bisa membantu cegah virus corona yang sedang mewabah di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Suherdy, seorang dokter yang biasa menangani penyakit spesialis dalam di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh.

dr Suherdy mengatakan, salah satu cara untuk menghindari virus corona atau covid-19 ialah dengan meminum bandrek. Sebab minuman ini dinilai mampu meningkatkan daya tahan tubuh. "Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bisa dengan minum bandrek, sebab minuman ini memiliki proteksi (perlindungan) yang paling bagus," kata Suherdy.

2 dari 6 halaman

Melawan Penyakit Kanker

Minuman bandrek ternyata juga bisa untuk melawan kanker. Sebuah penelitian dari panduan praktis Asosiasi Farmasi Amerika menunjukan bahwa minyak cengkeh yang terdapat dalam minuman bandrek memiliki senyawa anti oksidan yang kuat. Sehingga terdapat zat proteksi anti kanker yang terkandung didalamnya.

ilustrasi sel kanker

2012 Shutterstock/Juan Gaertner

3 dari 6 halaman

Mengobati Sakit Gigi

Kandungan minyak cengkeh dalam segelas Bandrek juga disinyalir bisa meredakan rasa nyeri pada penderita sakit gigi. Bahkan kandungan minyak cengkeh di segelas Bandrek juga dipercaya bermanfaat sebagai analgastik atau yang dikenal juga sebagai obat penahan rasa sakit.

ilustrasi sakit gigi

Shutterstock/Gang Liu

4 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan jahe dalam minuman bandrek bisa bantu turunkan tekanan darah tinggi, alasannya adalah di dalam jahe terdapat senyawa yang bisa bekerja sebagai pelebur pembuluh darah yang menggumpal. Jahe juga dapat digunakan sebagai perangsang pelepasan hormon adrenalin.

Dengan demikian, darah yang ada di dalam tubuh Anda bisa mengalir dengan lebih baik dan membantu meringankan tugas dari jantung pada saat memompa darah.

5 dari 6 halaman

Mencegah Peradangan (Inflamasi)

Selain kaya anti oksidan dari minyak cengkeh didalam segelas bandrek, kandung flavonoidnya pun mampu meredakan peradangan atau inflamasi. Sangat dianjurkan bagi yang memiliki peradangan pada sendi untuk mengkonsumsi minuman tradisional bercita rasa manis ini. Selain itu minuman Bandrek terdapat senyawa ekspetoran yang baik mengatasi masalah pada saluran pernapasan.

6 dari 6 halaman

Mematikan Patogen Asing

Pada kondisi tubuh melemah, berbagai virus atau bakteri bisa menyerang lewat berbagai hal. Dalam kondisi tersebut, tubuh tidak bisa memproteksi diri dari serangan bakteri atau virus. Sehingga dibutuhkan minuman yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat.

Dalam kondisi tersebut, mimunan bandrek dipercaya bisa menangani masalah tersebut. Kandungan jahe yang terdapat di minuman khas Sunda itu dipercaya memiliki antioksidan yang kuat sebagai penangkal radikal bebas.

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5