6 Manfaat Chitosan untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Tekanan Darah

6 Manfaat Chitosan untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Tekanan Darah
JABAR | 25 November 2020 10:05 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Bagi banyak orang, chitosan atau kitosan mungkin merupakan kata yang tidak familiar di telinga. Melansir dari webmd.com, chitosan adalah gula yang diperoleh dari kerangka luar yang keras dari makhluk krustasea seperti kerang, termasuk kepiting, lobster, dan udang.

Chitosan diekstraksi dari cangkang udang, lobster, dan kepiting. Ini adalah zat berserat yang bermanfaat untuk menghalangi penyerapan lemak dan kolesterol makanan. Saat digunakan pada luka, chitosan dapat membantu dalam proses pembekuan darah.

Chitosan digunakan untuk masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, penyembuhan luka, dan kondisi lainnya. Namun, hanya ada sedikit bukti ilmiah yang mendukung kegunaannya.

Dalam bidang farmasi, chitosan digunakan sebagai pengisi tablet, memperbaiki cara obat tertentu untuk larut, dan menutupi rasa pahit. Bahan ini juga digunakan untuk membantu membuat makanan bertahan lebih lama.

Untuk kesehatan tubuh, chitosan dinilai memiliki beberapa manfaat yang bisa kita ambil. Berikut, melansir dari inlifehealthcare.com beberapa manfaat chitosan untuk kesehatan tubuh.

Baca Selanjutnya: Meningkatkan Efektivitas Insulin...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami