6 Manfaat Hand Grip untuk Latihan, Bantu Tingkatkan Kekuatan Tangan

6 Manfaat Hand Grip untuk Latihan, Bantu Tingkatkan Kekuatan Tangan
ilustrasi hand grip. chimerabody.com
JABAR | 30 November 2021 17:05 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Untuk berolahraga, Anda mungkin sudah mengenal tali skipping, barbell, bola gym, atau pull bar. Alat-alat tersebut memang menjadi favorit untuk membantu seseorang untuk latihan. Tapi, masih ada satu lagi alat olahraga yang jarang disorot namun memiliki manfaat yang baik untuk kekuatan. Alat tersebut bernama hand grip.

Hand Grip adalah alat latihan tipe tuas yang praktis dan portable. Manfaat handgrip dapat Anda gunakan untuk membangun kekuatan lengan dan otot. Para atlet terutama menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan mereka agar unggul dalam olahraga.

Menurut American Council on Exercise (ACE), melatih kekuatan tangan dan genggaman harus menjadi bagian penting dari rutinitas latihan Anda, terutama jika Anda mengangkat beban berat. ACE menjelaskan bahwa ada dua set otot lengan bawah yang terlibat dalam latihan genggaman atau cengkeraman Anda: otot fleksor (yang menutup tangan saat Anda mengepalkan tangan) dan otot ekstensor (yang membuka kepalan saat Anda membuat tangan).

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care edisi September 2015, peneliti terapi fisik Richard W. Bohannon menulis bahwa kekuatan cengkeraman dapat menjadi indikator yang baik dari kesehatan secara keseluruhan pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua, dan juga dapat memprediksi kesehatan jantung, bahkan keterbatasan mobilitas di masa depan. Bohannon berpendapat bahwa kekuatan cengkeraman harus diukur secara rutin sebagai tanda vital.

Ya, meski bentuknya kecil dan penggunaannya mudah, hand grip memiliki manfaat yang cukup banyak untuk membantu meningkatkan latihan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat hand grip yang telah kami rangkum dari laman Flabfix.com.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat hand grip yang pertama adalah untuk meningkatkan daya tahan otot. Sebuah penelitian pada 54 mahasiswa menemukan bahwa kekuatan genggaman merupakan prediktor kuat dari daya tahan otot. Menggunakan penguat hand grip dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan otot lengan dan daya tahan di lengan Anda.

ilustrasi hand grip
freaktofit.com

Meningkatkan jumlah kekuatan yang dapat diterapkan atau dibawa oleh tangan Anda dapat membantu Anda bertahan lebih lama saat melakukan latihan yang melibatkan tangan Anda, seperti push-up. Dan pada akhirnya, latihan ini akan membawa Anda untuk membangun otot.

Peningkatan Resistensi Terhadap Nyeri

Manfaat hand grip yang kedua yaitu untuk meningkatkan resistensi nyeri. Penelitian yang diterbitkan dalam The International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa kekuatan cengkeraman yang lebih lemah dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi pada semua penyebab pada orang dewasa.

Kekuatan pegangan tangan yang buruk terkait dengan penurunan terkait usia, dan kemampuan kognitif yang lebih rendah. Dari usia tiga puluhan, Anda akan mulai kehilangan massa otot dan kekuatan, dan ini digunakan sebagai indikator seberapa baik tubuh Anda menua.

Ini sangat relevan untuk orang yang menderita radang sendi. Mereka mengalami penurunan kekuatan cengkeraman yang lebih cepat di usia yang lebih muda. Salah satu manfaat hand grip adalah mengurangi dampak radang sendi pada orang yang menderita kondisi tersebut.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Kekuatan

Manfaat hand grip yang ketiga yakni untuk meningkatkan kekuatan tangan. Manfaat lain dari hand grip adalah untuk meningkatkan kekuatan lengan. Ini bekerja karena otot-otot lengan Anda terhubung dengan jari-jari dan bahu Anda. Ketika Anda membuka dan menutup telapak tangan Anda dengan resistensi dari hand grip, ini menyebabkan peningkatan massa otot di lengan bawah.

cinta mati kakek 98 tahun pada panjat tebing
©STEFAN WERMUTH/AFP

Membangun otot dan meningkatkan kekuatan cengkeraman juga berguna jika Anda seorang atlet, atau memiliki hobi seperti panjat tebing, golf, tenis, dan olahraga terkait cengkeraman lainnya.

Memudahkan Aktivitas Harian

Manfaat hand grip yang keempat adalah untuk mempermudah aktivitas sehari-hari Anda. Memiliki kekuatan cengkeraman yang sehat dapat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari dengan jauh lebih baik.

Kekuatan cengkeraman penting untuk banyak tugas sehari-hari seperti misalnya mengangkat, menarik, mendorong, dan membawa benda, seperti mengangkut barang bawaan atau cucian, menggendong anak, berkebun, dan masih banyak lagi. Salah satu manfaat lain dari hand grip adalah dapat membuat aktivitas seperti itu jadi jauh lebih mudah.

4 dari 4 halaman

Membentuk Otot Lengan Bawah

Manfaat hand grip yang kelima yaitu untuk membantu membentuk otot di lengan bawah. Jika Anda menginginkan lengan bawah yang terlihat berotot atau lebih besar, Anda harus mulai berolahraga dengan hand grip. Otot-otot yang terletak di lengan bawah adalah yang mengendalikan jari-jari Anda.

Fleksor lengan bawah Anda mengontrol saat tangan Anda menutup, sementara ekstensor lengan bawah mengontrol saat telapak tangan dibuka. Otot-otot ini akan menjadi penerima manfaat utama dari latihan hand grip.

Pemulihan Cedera

Manfaat hand grip yang terakhir adalah untuk membantu memulihkan cedera. Jika terjadi cedera di lengan bawah, Anda dapat menggunakan hand grip untuk membantu memulihkan lengan Anda lebih cepat. Salah satu manfaat hand grip adalah dapat digunakan untuk merehabilitasi lengan yang cedera dan membantu Anda mendapatkan kembali mobilitas, kekuatan, dan ketangkasan.

Korban stroke juga dapat merasakan manfaat pemulihan dari hand grip. Anda juga dapat menggunakan hand grip untuk merehabilitasi operasi tendon, sindrom lorong karpal, radang sendi, pergelangan tangan patah, tendonitis, dan radang sendi.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami