6 Manfaat Madu untuk Kulit, Salah Satunya sebagai Penyembuh Luka

6 Manfaat Madu untuk Kulit, Salah Satunya sebagai Penyembuh Luka
Ilustrasi madu untuk perawatan kecantikan. © AOL
JABAR | 16 Agustus 2021 06:53 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Madu adalah makanan yang dibuat oleh lebah untuk lebah, dan banyak orang juga berminat pada makanan ini. Manusia telah mengenal madu sebagai makanan manis dan khasiatnya selama ribuan tahun.

Konsumsi madu adalah salah satu cara yang sering direkomendasikan ketika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh. Namun, meski kebanyakan orang menggunakan madu untuk mempermanis makanan dan minuman, madu juga memiliki nilai terapeutik untuk kulit.

Terbukti, sudah banyak produk seperti salep bibir, krim aftersun, dan losion, mengandung jumlah madu yang bervariasi.

Bukti yang mendukung penggunaan madu sebagai obat untuk beberapa kondisi kulit juga semakin banyak. Dilansir dari Medical News Today, berikutmanfaat madu untuk kulit Anda.

2 dari 4 halaman

Sebagai Penyembuh Luka

ilustrasi madu
©Shutterstock

Manfaat madu untuk kulit yang pertama adalah sebagai penyembuh luka. Salah satu sifat madu yang paling dikenal adalah kemampuannya untuk membantu melawan infeksi kulit. Menurut satu ulasan, banyak penelitian in vitro mendukung gagasan bahwa madu memiliki sifat antimikroba.

Ulasan yang sama menyatakan bahwa madu Manuka dari Selandia Baru dapat membantu penyembuhan luka. Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, telah menyetujui madu sebagai obat untuk penyembuhan luka.

Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Manfaat madu untuk kulit yang kedua yakni madu dinilai memiliki sifat anti-inflamasi. Madu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit seperti jerawat atau psoriasis.

Sebuah studi tahun 2017 tentang madu lebah tanpa sengat menemukan bahwa madu mentah memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Tinjauan lain dari penelitian mendukung hal ini, yang menemukan bahwa sebagian besar varietas madu memiliki sifat anti-inflamasi.

3 dari 4 halaman

Efek Anti-penuaan

Manfaat madu untuk kulit yang ketiga yaitu madu dinilai memiliki efek anti-penuaan. Menurut sebuah penelitian yang lebih tua, madu dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Penulis penelitian menyatakan bahwa madu dapat membantu menghentikan pembentukan kerutan, menjaga kulit tampak muda, dan mencegah infeksi pada kulit yang dapat mempercepat penuaan.

ilustrasi kulit berminyak
©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/phasinphoto

Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat madu untuk kulit yang keempat adalah untuk mengatasi kulit berminyak. Banyak orang tidak menyadari bahwa kulit berminyak terjadi karena kulit kekurangan gizi dan perlu memproduksi lebih banyak sebum untuk mengimbanginya. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan melembabkannya dengan baik.

Dikutip dari eiwahoney.com , Anda dapat menggunakan madu untuk mengurangi produksi sebum. Ini karena madu berfungsi sebagai humektan, yang berarti membantu kulit Anda menyerap lebih banyak kelembapan. Anda dapat mengkonsumsi madu setiap hari atau mengoleskan masker madu ke wajah Anda untuk membantu menyehatkan kulit dan mengatasi minyak berlebih!

4 dari 4 halaman

Membantu Kulit Bercahaya

Manfaat madu untuk kulit yang kelima adalah untuk membantu kulit tampak bercahaya. Menambahkan sesendok madu ke yogurt Anda setiap hari dapat membantu membuat kulit Anda bercahaya. Ini karena madu adalah humektan, yang berarti ia menarik lebih banyak kelembapan ke kulit Anda. Hasilnya, madu membantu kulit Anda memancarkan cahaya alami.

Mengobati Kanker Kulit

Manfaat madu untuk kulit yang terakhir adalah untuk mengobati kanker kulit. Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu dapat membantu mengobati kanker kulit dan kanker lainnya. Sebuah artikel review menemukan beberapa penelitian yang menunjukkan hasil positif dari penggunaan madu pada sel kanker. Studi sebagian besar berfokus pada kemampuan madu untuk membantu memperlambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker dalam tubuh.

Meski begitu, seseorang harus berbicara dengan dokter jika mereka memiliki, atau mencurigai bahwa mereka menderita kanker kulit. Hanya dokter yang dapat mendiagnosis kondisi tersebut. Mereka juga dapat membantu melakukan penanganan yang efektif untuk orang tersebut.

Orang tidak boleh mencoba mengobati kanker kulit dengan madu saja, karena ini bukan pengobatan yang dapat diandalkan. Namun, mereka dapat berbicara dengan dokter tentang penggunaan obat ini di samping perawatan medis.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami