6 Manfaat Minyak Alga untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Mata hingga Jantung

6 Manfaat Minyak Alga untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Mata hingga Jantung
Manfaat Minyak Alga. istockphoto.com
JABAR | 19 Mei 2022 15:38 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Ketika Anda mendengar tentang alga, Anda mungkin akan membayangkan pemandangan kehijauan yang terkadang juga muncul di kolam atau danau. Alga adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata.

Alga mencakup 40.000 spesies yang berkisar dari organisme mikroskopis bersel tunggal yang dikenal sebagai mikroalga, hingga kelp dan rumput laut. Semua jenis ini mengandalkan energi dari sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) dan karbon dioksida.

Yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah bahwa organisme laut ini juga dibudidayakan karena dapat menghasilkan minyak yang unik, yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak ini sudah dikenal luas memiliki banyak manfaat kesehatan.

Meskipun minyak ikan menjadi sumber omega-3 yang paling dikenal, minyak alga dapat memberikan alternatif nabati yang bagus jika seseorang tidak suka makan makanan laut atau tidak bisa mentolerir minyak ikan.

Melansir dari draxe.com, berikut manfaat minyak alga yang perlu Anda tahu.

2 dari 4 halaman

Mendukung Kehamilan yang Sehat

Manfaat minyak alga yang pertama untuk mendukung ibu yang sedang hamil. Asam lemak omega DHA sangat penting untuk perkembangan otak yang sehat selama kehamilan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika seorang wanita hamil mengonsumsi omega-3, hal itu dapat meningkatkan perkembangan anak.

Selain itu, sebuah studi tahun 2004 yang dilakukan oleh Harvard Medical School dan Harvard Pilgrim Healthcare menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi DHA lebih tinggi selama kehamilan menghasilkan preferensi kebaruan yang lebih tinggi pada memori pengenalan visual dan skor kecerdasan verbal yang lebih tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

ilustrasi mata

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat minyak alga yang kedua yaitu untuk meningkatkan kesehatan mata. Otak dan mata sangat diperkaya dengan asam lemak omega-3, yang terakumulasi di jaringan-jaringan selama kehidupan akhir janin dan bayi baru lahir.

Sebuah tinjauan ilmiah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan (A.S.) menyatakan bahwa “penelitian klinis hanya menggores permukaan terkait dengan pemahaman adanya kemungkinan manfaat asupan asam lemak omega-3 sebagai pencegahan primer atau sekunder dalam kesehatan mata.”

Diketahui bahwa ada kadar DHA yang sangat tinggi di retina, dan peran DHA mungkin terkait dengan efek biofisiknya pada membran sel. Hal itu diyakini dapat memodulasi aktivitas enzim yang terikat membran, yang bertanggung jawab untuk pemeliharaan fungsi seluler. Hal ini juga dapat mengatur reseptor dan kinetika sistem transportasi membran.

Degenerasi makula adalah suatu kondisi kehilangan penglihatan terkait usia dan penglihatan kabur terkait dengan kerusakan makula, atau bagian tengah mata. Ini bisa menjadi akibat dari penuaan, pencernaan yang buruk, merokok, tekanan darah tinggi, paparan radiasi UV dan pola makan rendah sayuran. Perawatan alami untuk degenerasi makula bisa berasal dari kapsul asam lemak omega-3 yang mengandung EPA dan DHA karena membantu meredakan tekanan intraokular.

3 dari 4 halaman

Membantu Perkembangan dan Fungsi Kognitif

Manfaat minyak alga yang ketiga yakni untuk membantu perkembangan dan fungsi kognitif. Makanan omega-3 penting untuk perkembangan dan fungsi kognitif. Otak sebagian besar terbuat dari lemak, dan berfungsi sangat baik dengan tingkat EPA dan DHA yang tinggi. Mereka membantu proses komunikasi otak dan mengurangi peradangan, yang dapat memperlambat penuaan.

EPA dan DHA juga diperlukan untuk perkembangan fungsional otak pada bayi dan pemeliharaan fungsi otak normal pada orang dewasa. Dengan adanya kandungan omega-3 yang berlimpah dalam makanan dapat meningkatkan kemampuan belajar anak.

Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat minyak alga yang keempat untuk mendukung kesehatan kardiovaskular. Minyak alga membantu mengatur detak jantung, mengurangi tekanan darah, mengurangi pembentukan bekuan darah dan mengurangi peradangan secara keseluruhan. Hal ini akan membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengidentifikasi 11 uji coba terkontrol secara acak dengan 485 peserta sehat dan mengevaluasi hubungan antara suplementasi DHA minyak alga dan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi DHA dari minyak alga dapat menurunkan trigliserida serum dan meningkatkan kolesterol HDL dan kolesterol LDL pada orang tanpa penyakit jantung koroner.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Memori

006 indra cahya
© upi.com

Manfaat minyak alga yang kelima untuk membantu meningkatkan memori. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan minyak omega-3 yang tinggi dapat mengurangi penyakit Alzheimer serta demensia vaskular secara signifikan. Minyak seperti alga juga meningkatkan kualitas hidup dan memori pada mereka yang terkena demensia.

Sebuah studi hewan 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease menemukan bahwa suplementasi asam lemak omega-3 meningkatkan fungsi kognitif. Efek ini tampak lebih besar pada tikus yang lebih besar (rat) dibandingkan dengan tikus yang berukuran kecil (mice, atau mencit) dan berefek lebih pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Mengurangi Peradangan

Manfaat minyak alga yang terakhir yakni untuk mengurangi peradangan. Studi awal menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu memperbaiki gejala osteoarthritis dan nyeri sendi. Penyakit radang usus juga dapat dikurangi dengan suplemen omega-3.

Sebuah studi tahun 2021 baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyimpulkan bahwa minyak alga dapat mengurangi peradangan dengan mengurangi kadar sitokin pro-inflamasi. Dalam hal ini, minyak tersebut mampu memperbaiki gangguan mikrobiota usus dan meningkatkan penyembuhan mukosa.

Kondisi peradangan lainnya adalah osteoarthritis, yang terjadi ketika tulang rawan di antara sendi-sendi aus, menyebabkan peradangan dan nyeri. Jenis arthritis ini umumnya terjadi pada persendian yang paling sering kita gunakan, seperti lutut, pinggul, tulang belakang dan tangan.

Dengan mengurangi peradangan pada persendian, minyak alga berfungsi sebagai pengobatan radang sendi alami, dan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit secara signifikan. Selain itu, minyak alga juga bermanfaat untuk penyakit radang usus, yang umumnya menyebabkan gejala parah, seperti diare atau ulserasi pada saluran pencernaan. (mdk/ank)

Baca juga:
Gejala Keracunan Freon, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Pengaruh Mengonsumsi Thai Tea Bagi Kesehatan Tubuh
Apa Itu Mental illness dan Mental Disorder? Berikut Penjelasannya
Penyebab Ambeien Kambuh dan Cara Mengatasinya, Lakukan Hal Ini
12 Faktor Penyebab Haid Telat, Bukan Hanya Kehamilan
5 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mencegahnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini