6 Manfaat Sauna bagi Kesehatan Kulit, Bantu Jaga Kelembapan Kulit

6 Manfaat Sauna bagi Kesehatan Kulit, Bantu Jaga Kelembapan Kulit
ilustrasi sauna. elemental.medium.com
JABAR | 28 Oktober 2021 16:40 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Manfaat sauna bagi kesehatan kulit rupanya beragam. Manfaat sauna bagi kesehatan kulit bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Tak hanya itu saja, masih ada lagi manfaat sauna bagi kesehatan kulit lainnya. Kesehatan kulit memang selalu menjadi perhatian utama bagi banyak orang. Tak mengherankan, karena kesehatan kulit juga akan berpengaruh pada penampilan seseorang.

Jadi, ketika muncul masalah kulit, pasti akan segera mencari solusi untuk mengatasinya. Berbagai macam produk kecantikan dan kesehatan kulit pun bermunculan. Mulai dari pembersih wajah, krim, hingga antibiotik yang dijual bebas mencoba. Tapi, pernahkah Anda berpikir untuk merawat kulit Anda dengan bersantai di sauna?

Sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, hingga kini sauna tetap menjadi solusi pilihan perawatan kecantikan modern bagi banyak orang. Untuk memahami manfaat sauna dengan baik, Anda harus memahami sifat restoratif dari keringat.

Lihatlah dari perspektif kebugaran, di mana saat Anda berolahraga, Anda meningkatkan detak jantung, aliran darah, dan sirkulasi. Pada saat yang sama, pori-pori Anda menjadi lebih besar. Keringat pun mengeluarkan racun yang bersembunyi di pori-pori tersebut. Lebih sedikit racun berarti lebih sedikit pori-pori yang tersumbat, yang berarti kulit pun jadi lebih halus dan terjaga.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan apa saja manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang dilansir dari tylohelo.com.

2 dari 2 halaman

Manfaat Sauna bagi Kesehatan Kulit

003 kun sila ananda
©sportzentrum-frutigen.ch

Bantu Meremajakan Kulit

Manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang pertama adalah untuk membantu meremajakan kulit. Kolagen adalah protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas jaringan dan organ kita. Panas yang muncul ketika mandi uap dan sauna meningkatkan produksi kolagen, sehingga memperkuat dan meremajakan kulit. Panas juga membantu kulit menyingkirkan sel-sel kulit mati, mendorong pertumbuhannya yang lebih baru dan lebih sehat.

Berkeringat Menimbulkan Efek Pembersihan

Manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang kedua adalah menciptakan efek pembersihan. Keringat berat yang dihasilkan dalam sauna memiliki efek pembersihan pada pori-pori dan kelenjar, sekaligus membuang racun dan kotoran. Hasilnya adalah kulit yang lebih sehat, tidak mudah terkena jerawat dan komedo.

Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang ketiga yakni membuat kulit Anda bercahaya. Saat Anda masuk ke sauna, suhu menyebabkan peningkatan dramatis dalam sirkulasi darah. Hal ini akan memberikan kulit Anda penampilan yang sehat dan segar.

Jaga Kelembapan Kulit
Manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang keempat yaitu untuk menjaga kelembapan kulit. Panas dan keringat yang dihasilkan di sauna merangsang kelenjar sebaceous di kulit. Fungsi kelenjar ini adalah untuk menjaga kulit tetap lembap dan terlumasi. Dengan merangsang produksi sebum, sauna akan membantu menjaga kulit Anda dalam kondisi prima.

Persiapan Sebelum Scrubbing

Manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang kelima yaitu dapat menjadi persiapan yang baik sebelum melakukan scrubbing. Menghabiskan waktu di sauna yang panas dan lembap adalah persiapan yang sempurna sebelum memberikan perawatan pengelupasan pada kulit Anda. Keringat dan panas akan melembutkan kulit kering, dan membantu menghilangkan lapisan kulit mati. Berikan kulit Anda scrub yang baik setelah keluar dari sauna, dan Anda akan mendapatkan kulit yang lebih lembut.


Bakar Kalori
Manfaat sauna bagi kesehatan kulit yang terakhir yakni untuk membantu membakar kalori. Tahukah Anda bahwa satu jam di sauna dapat membakar kalori Anda? Kenaikan suhu tubuhlah yang menciptakan efek ini. Penelitian menunjukkan bahwa Anda sebenarnya dapat membakar kalori sebanyak mungkin dengan pergi ke sauna, sama seperti saat berlari.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami