7 Arti Kode Error di Internet yang Sering Muncul, Begini Cara Mengatasinya

7 Arti Kode Error di Internet yang Sering Muncul, Begini Cara Mengatasinya
Kode error di internet. storage.googleapis.com
JABAR | 14 Oktober 2020 20:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Hampir setiap orang saat ini sudah bisa bersentuhan dengan internet. Apalagi dengan tuntutan pekerjaan dan tugas sekolah saat ini yang mulai beralih menggunakan koneksi internet. Memang harus diakui bahwa keberadaan internet benar-benar membantu kehidupan manusia saat ini.

Namun, secanggih apapun teknologi yang dibuat manusia, pasti menyisakan beberapa kekurangan. Begitu juga dengan internet. Kekurangan yang ada pada internet umumnya disebabkan karena ada kesalahan atau error dari program, seperti masalah pada koneksi jaringan atau website yang bermasalah.

Anda mungkin pernah mengalaminya ketika sedang mencoba mengakses sesuatu dari internet. 404 Error: Page Not Found mungkin adalah kode error yang sering kita temukan di internet. Namun, kode error tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyak kode error yang dapat muncul di internet.

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui arti dari kode-kode error ini dan lebih memilih untuk menutup jendela website tersebut. Padahal, beberapa kode error di internet ini bisa diatasi.

Untuk menambah wawasan Anda dalam berselancar di internet, berikut beberapa arti kode error di internet yang sering ditemui beserta cara mengatasinya, yang dilansir dari websolutions.com.

2 dari 4 halaman

Error 400: Bad Request

kode error di internet
storage.googleapis.com

Arti kode error di internet yang pertama adalah kode Error 400. Error 400 adalah kesalahan umum yang Anda dapatkan ketika server tidak dapat memahami permintaan dari browser, baik karena tidak dikirim dengan benar atau karena rusak.

Error 400 dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti koneksi internet yang buruk, masalah caching, atau browser yang mengalami malfungsi. Untuk mengatasinya, coba periksa koneksi dan pengaturan internet Anda, kosongkan cache, buka browser lain, dan coba lagi.

Error 401: Authorization Required

Arti kode error di internet yang kedua adalah kode Error 401. Error 401 terjadi ketika Anda mencoba mengakses halaman web yang memerlukan kata sandi. Tidak ada solusi untuk yang satu ini selain mendapatkan kata sandi yang tepat.

Error 403: Forbidden

Arti kode error di internet yang ketiga yaitu kode Error 403. Error 403 ini muncul saat mencoba memuat halaman web, tapi tidak memiliki izin untuk mengaksesnya.

Biasanya, kode error ini menunjukkan bahwa Anda telah memasukkan URL atau mengklik tautan yang halaman webnya membutuhkan izin akses. Dalam kasus ini, Anda harus memiliki akun atau beberapa jenis otorisasi lainnya agar bisa mengakses halaman web tersebut.

Cobalah pergi ke halaman beranda situs web dan periksa apakah bagian web tersebut terdapat opsi untuk membuat akun.

3 dari 4 halaman

Error 404: Not Found

kode error di internet
lifewire.com

Arti kode error di internet yang keempat yaitu kode Error 404. Error 404 merupakan kode error yang sering muncul. Kode error ini menunjukkan bahwa server tidak dapat menemukan halaman yang Anda cari.

Dengan munculnya kode error, kemungkinan URL Anda masukkan dengan tidak benar, jadi periksa kembali ejaan, tanda baca, dan akhiran (.com, .net, .org, dll.) dari nama domain, dan coba lagi.

Error 405: Method Not Allowed

Arti kode error di internet yang kelima yaitu kode Error 405. Error 405 mungkin memang jarang ditemui dan sulit untuk didefinisikan daripada yang lain.

Pada dasarnya, Error 405 berarti bahwa server memahami apa yang diminta browser web, tetapi menolak untuk memenuhi permintaan. Error 405 bisa menjadi akibat dari kesalahan dalam kode situs web atau pengalihan yang salah.

4 dari 4 halaman

Error 500: Internal Server Error

kode error di internet
ditly.uk

Arti kode error di internet yang selanjutnya yaitu kode Error 500. Error 500 adalah salah satu kode Error yang juga sering ditemui, dan seperti Error 400, kode ini adalah kode generik yang menunjukkan masalah yang tidak ditentukan.

Setiap kali server mengalami kesulitan yang membuatnya tidak bisa memenuhi permintaan, serta masalahnya tidak dapat dijelaskan oleh kode server lain, maka server pun memunculkan Error 500.

Untuk mengatasinya, coba muat ulang halaman web, hapus cache, hapus cookie, dan mulai ulang browser.

Error 503: Service Unavailable

Arti kode error di internet yang terakhir adalah Error 503. Error 503 menunjukkan bahwa server web tidak dapat memproses permintaan.

Ketika Anda mendapatkan Error 503, berarti server sedang dalam pemeliharaan, atau kelebihan permintaan. Untuk mengatasi Error 503 ini, akan lebih baik jika mencoba membuka ulang website beberapa saat lagi.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami