7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dipraktikkan
JABAR | 25 Maret 2020 13:30 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Di era perkembangan teknologi digital yang semakin pesat ini banyak orang tak bisa lepas dari layar smartphone maupun layar laptop. Terlalu sering menatap layar smartphone atau pun monitor seperti komputer, laptop maupun televisi akan membawa dampak buruk bagi kesehatan mata.

Padahal mata merupakan alat indra yang dimiliki manusia dan memiliki peran sangat vital bagi aktivitas sehari-hari untuk melihat. Bagaimana kalau kita tetap memelihara kebiasaan buruk dan mengabaikan kesehatan mata? Tentu bukan hanya kesehatan mata yang terganggu tapi juga produktivitas kamu sebagai seorang manusia.

Mengingat fungsinya yang sangat vital sehingga sangat disarankan bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan mata sedini mungkin agar ketika bertambahnya usia, kesehatan mata tetap terjaga.

Berikut ada 7 cara menjaga kesehatan mata secara alami yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Kamis, (26/03/2020).

1 dari 7 halaman

1. Hindari Pemakaian Lensa Kontak Terlalu Lama

lensa kontak bersama makeup

WikiHow

Cara menjaga kesehatan mata secara alami yang pertama dengan menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam.

Namun ketika kamu merasakan mata mulai kering, kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama tentu saja sangat berbahaya.

Bahkan kerusakan yang disebabkan oleh lensa kontak ini bisa bersifat permanen. Untuk itu sangat penting memperhatikan intensitas pemakaian kontak lensa untuk terhindar dari risiko kerusakan mata.

2 dari 7 halaman

2. Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya dengan menghindari duduk terlalu lama di depan komputer. Hal ini bisa mengakibatkan mata cepat lelah. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jarak aman mata dengan layar monitor. Untuk jarak pada layar komputer minimal 30 cm selain itu sebisa mungkin posisikan layar sedikit ke bawah dengan jarak sekitar 61 hingga 71 cm.

Sementara itu kamu juga harus memastikan bahwa kecerahan serta kontras di layar sudah tepat. Jangan sampai melupakan penggunaan layar dengan ukuran besar atau memperbesar tulisan jika memiliki masalah penglihatan. Tentu saja ini akan membantu mata kamu agar tidak terlalu lelah saat menatap layar monitor.

3 dari 7 halaman

3. Jangan Melihat Cahaya Terang Secara Langsung

Sebaiknya hindari untuk melihat cahaya yang terang secara langsung. Selain itu kamu juga dilarang untuk melihat serta terlalu memfokuskan mata kamu pada sinar matahari, karena hal itu akan merusak mata kamu.

4 dari 7 halaman

4. Atur Pencahayaan

Cara menjaga kesehatan mata lainnya dengan mengatur pencahayaan. Bukan hanya pencahayaan pada layar monitor saja yang bisa membuat kerusakan pada mata kamu. Akan tetapi pencahayaan di sekitar ruangan pun bisa membuat mata kamu tak nyaman atau mengalami gangguan. Pastikan cahaya yang masuk di ruangan kamu tidak terlalu berlebihan ataupun terlalu gelap.

Selain itu kamu juga harus menghindari membaca bacaan di ruangan yang memiliki cahaya redup. Karena hal ini mengharuskan kamu untuk berusaha lebih konsentrasi dengan tulisan yang kamu baca. Sehingga bisa menyebabkan ketegangan pada mata kamu. Membaca di ruangan yang minim cahaya juga bisa merusak kinerja mata. Namun tidak disarankan membaca di ruangan yang terlalu terang.

5 dari 7 halaman

5. Kurangi Penggunaan Tetesan Mata

Pada saat mata kamu merah atau iritasi menggunakan obat tetes mata memang disarankan, melainkan hal tersebut tidak bisa dilakukan terlalu sering karena justru dapat mengakibatkan kerusakan pada mata kamu. Jadi kurangi pemakaian obat tetes mata agar tidak ada gangguan pada mata kamu.

6 dari 7 halaman

6. Makan Buah dan Sayur

ilustrasi sayur dan buah

Shutterstock/pilipphoto

Cara ini bisa dibilang merupakan cara paling sederhana dan mudah untuk menjaga kesehatan mata kamu, yaitu dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur. Terlebih mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten seperti wortel.

Sudah menjadi rahasia umum apabila wortel mampu membuat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan beta karoten yang dimiliki wortel sangat tinggi. Selain itu, beta karoten juga merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan pusat saat kamu memandang lurus.

7 dari 7 halaman

7. Kompres dengan Mentimum

mata

www.ladycarehealth.com

Cara menjaga kesehatan mata lainnya dengan mengompres kelopak mata dengan mentimun. Sensasi dingin dan juga segar dari mentimun bisa membantu untuk menjaga bengkak dan juga timbulnya kantong mata.

Kamu hanya perlu menaruh irisan mentimun ini pada kelopak mata sebelum tidur selama kurang lebih 10 menit. Baiknya lakukan kegiatan ini secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

(mdk/nof)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami