7 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada yang Harganya Miliaran!

7 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Ada yang Harganya Miliaran!
JABAR | 14 Februari 2020 13:00 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu hobi tersendiri bagi setiap orang yang mencintai binatang. Pada dasarnya, manusia dan binatang memiliki kedekatan emosional yang seringkali dapat membentuk sebuah hubungan yang sangat harmonis.

Banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa untuk dipelihara, misalnya saja anjing, burung, ikan, kucing, kelinci, dan banyak lainnya. Salah satu binatang yang paling digemari yaitu kucing.

Kucing menjadi salah satu binatang yang paling dicintai oleh manusia. Ukurannya yang kecil, berbulu, imut, dan manja, tak jarang membuat kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan sering membuat manusia senang bermain dengan kucing. Kucing juga dikenal dapat meningkatkan mood pemiliknya karena tingkahnya yang lucu.

Tak heran, banyak orang yang rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi mendapatkan hewan peliharaan yang Ia impikan, salah satunya demi bisa memelihara kucing. Ada banyak jenis kucing yang ada di dunia. Tidak hanya jenisnya yang beragam, ternyata harga kucing juga sangat bermacam-macam.

Tapi siapa sangka, ada jenis-jenis kucing yang memiliki harga fantastis. Berikut 5 jenis kucing yang memiliki harga selangit yang dilansir dari berbagai sumber :

1 dari 7 halaman

1. Ashera

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Ashera merupakan kucing hasil rekayasa genetika yang memang sengaja diciptakan untuk memperoleh tubuh cantik pada kucing tersebut. Ashera memang bukan ras murni tapi merupakan hasil gabungan gen dari beberapa kucing yaitu kucing rumah biasa, kucing macan tutul Asia dan ras keturunan Afrika. Hasilnya, kucing tersebut bagaikan macan tutul mini yang dikagumi banyak orang.

Seluruh kucing Ashera selalu dijual dengan harga melambung hingga tak mudah untuk memilikinya. Para penggemar kucing bisa memperoleh satu ekor kucing Ashera dengan harga paling rendah US$ 22 ribu atau Rp251,6 juta.

Sementara kucing Ashera terbaik dengan tubuh menyerupai macan tutul salju dibanderol dengan harga US$ 125 ribu atau Rp1,43 miliar.

2 dari 7 halaman

2. Savannah

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Sama seperti Ashera, kucing ini juga berasal dari hibrida Afrika. Kucing ini merupakan hasil dari persilangan kucing domestik dan kucing serval di Afrika. Savannah telah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia, dengan panjang 17,1 inci atau sekitar 44 cm. Savannah adalah kucing terpopuler di Amerika Serikat.

Harga kucing Savannah mencapai 15 ribu hingga 35 ribu USD atau sekitar Rp210 juta hingga Rp490 juta.

3 dari 7 halaman

3. Bengal

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Kucing bengal atau blacan adalah keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing ini berasal dari California, Amerika Serikat. Meskipun tergolong kucing hutan, namun ras bengal termasuk hewan yang banyak digemari dan dijadikan hewan peliharaan.

Kucing ras ini populer karena keindahan corak bulunya yang seperti harimau dengan pola tutul dan garis. Bengal baru dapat dijadikan hewan setelah melalui tiga generasi.

Harga kucing Bengal sendiri bisa mencapai 1000 hingga 25 ribu USD atau sekitar Rp14 juta hingga Rp350 juta.

4 dari 7 halaman

4. Allerca

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Kucing jenis ini terlihat seperti kucing biasa pada umumnya. Namun kucing ini memiliki keunikannya tersendiri. Allerca memiliki gen hypoallergenic yang bisa membuat siapa saja yang memegangnya menjadi tidak alergi pada kucing ini.

Jadi bagi pecinta kucing namun memiliki alergi terhadap kucing bisa dengan aman memegang bahkan bermain dengan kucing ini. Namun jika ingin memiliki kucing ini harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Kucing ini memiliki harga mencapai Rp84,9 juta.

5 dari 7 halaman

5. Persia

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Jenis kucing ini mungkin yang paling familiar di antara jenis kucing lainnya. Kucing Persia pertama kali ditemukan tahun 1871 dan diakui secara resmi pada tahun 1890. Kucing ini menjadi salah satu kucing paling populer di kalangan pecinta kucing karena bulunya yang lebat dan wajahnya yang menggemaskan. Kucing Persia sendiri memiliki jenisnya lagi seperti Short Hair Persian, Chinchilla dan Himalaya.

Kucing Persia memiliki harga sekitar 1000 - 6000 USD atau Rp14 juta hingga Rp84 juta.

6 dari 7 halaman

6. Peterbald

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Ditemukan pada tahun 1994 di St. Petesburg, Rusia, Peterbald merupakan persilangan antara kucing Sphynx dan kucing Short Hair. Kucing ini tidak memiliki bulu, karena itu Peterbald harus dirawat secara khusus.

Kucing ini bisa kamu miliki dengan merogoh harga sekitar 1000 hingga 5000 USD atau sekitar Rp14 juta hingga Rp70 juta.

7 dari 7 halaman

7. Sphynx

7 jenis kucing paling mahal di dunia

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Kucing Sphynx dulu memiliki nama Canadian Hairless. Kucing jenis ini merupakan salah satu kucing yang memiliki bulu sangat pendek, bahkan terlihat tidak berbulu jika kita lihat sekilas. Jenis kucing ini mirip dengan jenis kucing Peterbald.

Kucing spynx memiliki ukuran badan sedang, tegap dan bulat pada bagian perut serta dada yang lebar. Kepalanya berbentuk segitiga dan lebih panjang jika dibandingkan dengan lebarnya. Kucing ini memiliki telinga besar dan lebar pada bagian bawah dengan posisi berdiri tegak, serta bagian dalam telinga tidak berbulu.

Kisaran harga Sphynx sekitar USD 3.000 atau Rp42,4 Juta. (mdk/far)

Baca juga:
Apakah Kucing Memiliki Ekspresi Wajah?
Ini Mengapa Kucing Selalu Mendarat Dengan Selamat, Tak Pernah Jatuh!
Kisah Dita Agusta Hidup Serumah Bersama 250 Kucing Lokal
Ini Mekanisme Unik Anjing dan Kucing Kala Minum, Tanpa Gelas pun Jadi!
Anjing dan Kucing, Mana yang Lebih Cerdas?
Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Dibuang Bisa Pulang ke Rumah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami