7 Jus Penurun Tekanan Darah Tinggi, Bantu Atasi Hipertensi secara Alami

7 Jus Penurun Tekanan Darah Tinggi, Bantu Atasi Hipertensi secara Alami
Ilustrasi jus buah. ©Shutterstock/Mariusz Szczygiel
JABAR | 9 April 2021 18:03 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi saat ini telah menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, tekanan darah tinggi menyebabkan hampir 12,8% dari total kematian di dunia.

Hipertensi diartikan sebagai kondisi di mana kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat dialami oleh setiap kalangan, baik orang tua atau pun yang masih muda.

Jika tekanan darah tinggi tidak segera ditangani, dapat memicu stroke atau serangan jantung. Orang yang memiliki tekanan darah lebih tinggi dari 130/90 mmHg, harus berkonsultasi dengan dokter karena mereka berisiko tinggi menderita penyakit ini.

Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi, harus mulai menerapkan pola makan yang sehat untuk membantu menurunkan tekanan darahnya. Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi jus.

Ada beberapa jus penurun tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba untuk mengatasi kondisi Anda. Dalam artikel kali ini, akan kami sajikan beberapa jus yang bisa Anda andalkan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

2 dari 4 halaman

Jus Bit

ilustrasi jus bit merah
©2014 Merdeka.com/shutterstock/Dani Vincek

Jus penurun tekanan darah tinggi yang pertama adalah jus buah bit. Dikutip dari gardeningchannel.com, sebuah studi tahun 2012 dari IDI Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia menemukan bahwa hanya dengan satu porsi jus bit dapat menurunkan tekanan darah hingga lima poin.

Meskipun lima poin tampaknya tidak terlalu berarti, beberapa makanan dapat memberikan manfaat yang sama dalam porsi lebih dari satu gelas. Bit dan jus bit mengandung nitrat yang tinggi, yang diyakini dokter sebagai bahan yang mampu menurunkan tekanan darah. Dalam penelitian tersebut, partisipan meminum minuman yang mengandung tiga bagian jus bit hingga satu bagian jus apel.

Jus Seledri

Jus penurun tekanan darah tinggi yang kedua adalah jus seledri. Hippocrates memuji jus seledri sebagai obat untuk ketegangan saraf. Praktisi pengobatan Tiongkok telah lama merekomendasikan penggunaannya untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Studi terbaru dari University of Chicago telah mengonfirmasi khasiat dari jus seledri untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah salah satu peserta berubah dari 158/96 menjadi 118/82 setelah satu minggu makan seledri.

Bagaimana cara kerjanya? Peneliti meyakini bahwa senyawa dalam seledri mengendurkan otot di sekitar arteri darah sehingga darah mengalir lebih leluasa.

3 dari 4 halaman

Jus Wortel

ilustrasi jus wortel©2019 Merdeka.com/Pixabay

Jus penurun tekanan darah tinggi yang ketiga adalah jus wortel. Jus wortel merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Jus wortel dikemas dengan antioksidan, serat, dan senyawa fenoloik, yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit pembuluh darah.

Sebuah studi tahun 2011 oleh Texas A & M University menemukan bahwa jus wortel mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan dapat menurunkan tekanan sistolik. Jus wortel tinggi gula, yang dapat memperburuk tekanan darah tinggi, jadi minumlah bersama jus sayuran lainnya.

Jus Tomat

Jus penurun tekanan darah tinggi yang keempat yaitu jus tomat. Kalium telah terbukti memiliki efek positif pada tekanan darah tinggi, dan jus tomat adalah salah satu sumber yang baik untuk mendapatkannya. Satu cangkirnya mengandung 556 mg potasium.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S. merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan 4.700 mg. kalium setiap hari, jadi satu porsi jus tomat dapat membantu Anda memenuhi asupan tersebut. Dengan hanya 43 kalori per cangkir, jus tomat dapat membantu menurunkan berat badan, yang juga dapat menurunkan tekanan darah.

4 dari 4 halaman

Jus Jeruk

ilustrasi jus jeruk©Pexels

Jus penurun tekanan darah tinggi yang kelima yaitu jus jeruk. Dilansir dari food.ndtv.com, jus menyegarkan ini dibuat menggunakan buah yang kaya akan vitamin C. Jus ini juga mengandung kalium, folat, dan bioflavonoid alami, yang membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap rendah, meningkatkan metabolisme, dan membantu menjaga kesehatan jantung yang sehat.

Jus Bayam

Jus bayam adalah cara yang enak untuk mendapatkan sebagian besar khasiat kesehatan dari bayam. Sayuran berdaun adalah sumber potasium yang sangat baik. Kalium membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah dan arteri Anda, sehingga meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tingkat tekanan darah Anda. Jus ini juga kaya akan lutein, yang mampu mencegah penebalan dinding arteri, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah.

Jus Delima

Jus penurun tekanan darah tinggi yang terakhir yaitu jus buah delima. Jus delima dikemas dengan vitamin dan potasium penting yang membantu melancarkan sirkulasi darah. Jus buah delima juga dikenal untuk melawan dan menghilangkan ACE (enzim pengubah angiotensin), yaitu enzim yang memperkuat pembuluh darah yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami