7 Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh, Baik Meningkatkan Kesehatan Jantung

7 Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh, Baik Meningkatkan Kesehatan Jantung
JABAR | 3 Maret 2020 17:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Darah adalah cairan tubuh yang terbuat dari jaringan hidup, mengalir di seluruh bagian tubuh melalui kumpulan jaringan pembuluh darah. Bisa dibilang darah merupakan komponen penting dalam tubuh.

Menurut Community Blood Center setiap dua detik ada dua orang yang memerlukan donor darah. Maka dari itu donor darah menjadi kegiatan yang sangat penting. Ketika kamu hendak mendonorkan darah perhatikan baik-baik syaratnya.

Beberapa syarat mendonorkan darah seperti usia harus 17 tahun-60 tahun dan sampai 65 tahun bagi yang rutin mendonorkan darahnya. Syarat lainnya yaitu memiliki berat badan 54 kg, memiliki tekanan darah sistole 100-189 dan diastole 70-10, kadar haemoglobin harus 12,5-17,0 gr/dL%, interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam setahun).

Kegiatan donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bukan saja bagi yang menerimanya, melainkan juga bagi pendonornya itu sendiri.

Di bawah ini ada 7 manfaat donor darah bagi tubuh salah satunya baik untuk meningkatkan kesehatan jantung telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber:

Baca Selanjutnya: 1 Menurunkan Kolesterol ...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami