7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Penuhi Nutrisi Tubuh

7 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, Penuhi Nutrisi Tubuh
JABAR | 27 Maret 2020 17:30 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Ada beragam manfaat kolang kaling untuk kesehatan. Kolang kaling merupakan salah satu makanan yang akrab dengan masyarakat Indonesia dan cukup mudah ditemui di pasaran apalagi jika sudah memasuki bulan puasa.

Kebanyakan orang menjadikan kolang kaling sebagai bahan campuran dalam menu makanan atau minuman. Buah yang berasal dari biji pohon aren ini berwarna putih dan berbentuk pipih, Selain nikmat, kolang kaling dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Manfaat kolang kaling yang paling terkenal adalah ampuh mengusir dahaga saat cuaca sedang panas. Untuk mengeluarkan kolang kaling, buah aren di panen kemudian direbus untuk menghilangkan getah. Setelah direbus, buah dikupas dan diambil bijinya yang berupa kolang kaling.

Bukan hanya buahnya yang menyegarkan kolang kaling juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang telah dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber pada Jumat (27/3/2020).

1 dari 7 halaman

1. Mencegah Dehidrasi

003 yoga tri priyanto

today.com

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan dapat mengobati sensasi panas dalam perut. Hal ini bersumber dari kandungan airnya yang banyak dapat sehingga sangat ampuh untuk membantu agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan manfaatnya tersebut tak heran bila kolang kaling menjadi salah satu makanan favorit di bulan puasa. Buah ini bisa dibilang dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

2 dari 7 halaman

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

002 febrianti diah kusumaningrum

boldsky.com

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan berikutnya yang dapat kamu rasakan adalah sistem pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari sembelit. Hal ini didapat karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalam kolang kaling membuat buang air besar menjadi lebih lancar dan teratur.

3 dari 7 halaman

3. Menu Diet Sehat

Bisa dibilang buah ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang diet. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang kaya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diet.

Gelatin yang terkandung dalam kolang kaling juga membantu mempercepat rasa kenyang sehingga menghentikan nafsu makan yang berlebihan.

4 dari 7 halaman

4. Nutrisi yang Tinggi untuk Tubuh

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan lainnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Kolang-kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,8% setiap 100 gr. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi. Tak heran bila dengan kandungan nutrisi yang tinggi kolang kaling sangat bermanfaat bagi tubuh.

5 dari 7 halaman

5. Memperkuat Tulang

Dengan nutrisi yang tinggi kolang kaling bukan hanya baik untuk melancarkan sistem pencernaan, melainkan juga bermanfaat untuk memperkuat tulang. Dalam 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan kolang kaling mengandung 91 mg kalsium per 100 gr. Hal tersebut menunjukan bahwa kolang kaling memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi bila melihat perbandingannya dengan kandungan susu sapi.

6 dari 7 halaman

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

ilustrasi wanita berkulit putih

shutterstock.com/Apple's Eyes Studio

Saat panas menyengat, kolang kaling sangat baik untuk kulit. Kandungan airnya yang banyak dalam membuat badan menjadi dingin. Kulit yang kering pun dapat terbantu.
Sifat antiinflamasi yang terkandung dapat membantu meredakan kemerahan pada kulit yang terbakar matahari. Sangat baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

7 dari 7 halaman

7. Mencegah Anemia

002 siti rutmawati

healthguides.healthgrades.com

Selain baik untuk kesehatan kulit, manfaat kolang kaling lainnya dapat mencegah anemia. Hal ini tak lain karena kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin, yang bermanfaat memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika zat besi dalam tubuh tercukupi, maka tubuh dapat mencegah terjadinya anemia.

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5