7 Manfaat Masker Putih Telur, Ampuh Kurangi Minyak di Wajah

7 Manfaat Masker Putih Telur, Ampuh Kurangi Minyak di Wajah
JABAR | 25 Maret 2020 06:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Putih telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari kalsium yang bisa meningkatkan kekuatan tulang, sampai zat besi yang membantu produksi sel darah merah.

Selain itu, putih telur juga bebas kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh orang-orang yang punya kolesterol tinggi. Putih telur juga dipercaya memiliki kalori yang rendah, yaitu sebesar 16 kalori per butir.

Bukan hanya menyehatkan, tubuh putih telur juga dapat dijadikan sebagai masker wajah. Kamu bisa mulai membuatnya sendiri di rumah dan rutin menerapkannya paling tidak seminggu dua kali.

Di bawah ini ada 7 manfaat masker putih telur yang ampuh kurangi minyak di wajah telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Mengurangi Minyak di Wajah

ilustrasi minyak wajah

Shutterstock.com/ Darren Baker

Manfaat masker putih telur yang pertama adalah dapat mengurangi minyak di wajah.

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu cukup membersihkan wajahmu terlebih dahulu, baru kemudian aplikasikan putih telur ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

2 dari 7 halaman

2. Menyingkirkan Bintik Hitam di Wajah

Bintik hitam di wajah bisa menjadi salah satu masalah besar bagi seseorang begitupun juga kamu. Masalah ini sangat mungkin membuat kepercayaan diri kamu jadi menurun.

Dengan mengusapkan putih telur ke wajah , pori-pori yang ada di kulit kamu pun jadi menciut, dan bintik hitam yang ada di wajah pun menghilang.

3 dari 7 halaman

3. Mengencangkan Kulit

wajah

iStock

Putih telur dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur tipis-tipis di atas wajah secara perlahan. Kemudian, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

4 dari 7 halaman

4. Mencegah Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat masker putih telur berikutnya adalah mencegah dan menghilangkan bekas jerawat. Jerawat kerap kali muncul karena adanya sekresi sebum berlebih ke permukaan kulit. Putih telur dapat menjadi solusi mengatasi masalah tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat putih telur caranya sangat mudah cukup oleskan putih telur yang dicampurkan dengan 2 tetes tea tree oil dan usapkan secara perlahan dengan ujung jari. Akan tetapi, pastikan bahwa ujung jari yang kamu gunakan untuk mengusapkan putih telur sudah bersih.

5 dari 7 halaman

5. Mengecilkan Pori-Pori

10 cara mengecilkan pori pori wajah secara alami

skinkraft.com 2020 Merdeka.com

Kamu yang memiliki lubang pori-pori besar di wajah wajib mencoba manfaatkan putih telur. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon.

Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah pun dijamin akan menyusut.

6 dari 7 halaman

6. Menghilangkan Rambut Wajah

Putih telur mampu menghilangkan rambut-rambut yang ada di wajah. Caranya cukup oleskan putih telur ke seluruh wajah, lalu tempelkan kertas masker di atasnya.

Setelah itu, oleskan kembali sedikit putih telur di atas kertas masker yang sudah menempel di wajah. Apabila sudah kering, kamu bisa mengupas kertas masker yang menempel di wajah, dan rambut-rambut yang ada di wajah kamu pun akan ikut tercabut bersama dengan kertas masker tersebut.

7 dari 7 halaman

7. Mencegah Penuaan Dini

kulit

Huffington Post

Kandungan protein yang terdapat dalam putih telur bisa menjaga kadar elastisitas di dalam kulit dan juga memperbaiki tekstur kulit.

Tak hanya itu, putih telur juga mengandung kolagen yang mampu menangkal garis halus dan kerutan di area wajah. Mudah dan minim efek samping.

(mdk/nof)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami