7 Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari, Berikut Cara Mengatasinya

7 Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari, Berikut Cara Mengatasinya
ilustrasi insomnia. © drgranny.com
JABAR | 12 September 2021 18:01 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang penting untuk dipenuhi. Mengingat tidur dengan waktu yang cukup dapat mengembalikan energi kamu setelah seharian beraktivitas.

Tidur cukup juga salah satu cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, apa jadinya jika saat malam hari kamu sering mengalami kesulitan tidur? ada banyak sekali faktor yang bisa memicu orang mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Tak hanya kesehatan fisik, gangguan tidur juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Penyebab susah tidur ini dapat membuat ketidakmampuan untuk fokus di siang hari, sering sakit kepala, mudah tersinggung, hingga kelelahan di siang hari. Penyebab susah tidur di malam hari bisa karena gaya hidup yang buruk, adanya kondisi medis tertentu yang mendasarinya.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai penyebab sulit tidur di malam hari, lengkap dengan cara mengatasinya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 8 halaman

1. Makan berlebihan di malam hari

Penyebab sulit tidur di malam hari yang pertama adalah makan berlebihan sebelum tidur. Makan terlalu banyak, terutama jika melibatkan makanan berat atau pedas, dapat memperburuk tidur karena mengganggu pencernaan dan meningkatkan risiko mulas. Untuk alasan ini, kebanyakan ahli menyarankan agar tidak makan terlalu banyak dan terlalu dekat dengan waktu tidur.

3 dari 8 halaman

2. Stres

014 tantri setyoriniIlustrasi stres © Pexels

Penyebab sulit tidur di malam hari berikutnya adalah stres. Stres sering kali memengaruhi kualitas dan durasi tidur. Pada manusia, stres dapat menyebabkan sistem saraf otonom (ANS) melepaskan hormon, seperti adrenalin dan kortisol.

Hormon-hormon ini meningkatkan detak jantung untuk mengedarkan darah ke organ vital dan otot dengan lebih efisien, mempersiapkan tubuh untuk mengambil tindakan segera jika diperlukan. Pelepasan hormon inilah yang menjadi penyebab susah tidur saat stres.

4 dari 8 halaman

3. Kecemasan

Bukan hanya stres, kecemasan juga sering dikaitkan dengan masalah tidur. Kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan membuat seseorang lebih sulit untuk tertidur atau tetap tertidur sepanjang malam. Kurang tidur dapat memperburuk kecemasan, memicu siklus negatif yang melibatkan insomnia dan gangguan kecemasan.

5 dari 8 halaman

4. Kekurangan paparan sinar matahari

ilustrasi sinar matahariilustrasi sinar matahari ©2020 Merdeka.com

Kurangnya paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur pada orang lanjut usia. Dalam sebuah penelitian terhadap 10 penghuni panti jompo dengan insomnia, para peneliti menemukan bahwa meningkatkan paparan cahaya pada penghuni dapat memperbaiki pola tidur mereka.

6 dari 8 halaman

5. Tidak aktif secara fisik di siang hari

Kurang aktif secara fisik di siang hari bisa menyebabkan susah tidur. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga menurunkan keluhan tidur dan insomnia. Efek latihan aerobik pada tidur tampaknya serupa dengan obat tidur.

7 dari 8 halaman

6. Penggunaan layar perangkat elektronik

ponsel sambil tidurilustrasi main ponsel - shutterstock

Penyebab sulit tidur di malam hari juga bisa disebabkan karena penggunaan layar perangkat elektronik. Sejumlah penelitian telah menetapkan hubungan antara penggunaan perangkat dengan layar sebelum tidur dan peningkatan latensi tidur, atau jumlah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tertidur.

8 dari 8 halaman

7. Migrain

Migrain bisa menjadi penyebab susah tidur bahkan terbangun di malam hari. Dalam studi kasus kontrol, pasien dengan migrain cenderung mengeluhkan kurang tidur, dan rasa kantuk mingguan yang berlebihan.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami