8 Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa AC, Lebih Hemat dan Sederhana

8 Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa AC, Lebih Hemat dan Sederhana
mendinginkan tubuh. insider.com
JABAR | 19 Mei 2022 07:15 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Saat di musim panas, Anda mungkin akan tergoda untuk menghidupkan AC untuk mendinginkan ruangan dan mencegah keringat membasahi pakaian Anda. Meski tampak nyaman, namun AC bukan satu-satunya cara untuk mendinginkan ruangan.

Udara panas memang dapat mengganggu kita. Saat panas, kita akan sulit berkonsentrasi bekerja, bahkan tidur pun juga akan sulit saat berada di ruangan yang panas. Tapi sekali lagi, jangan mudah tergoda dengan kesejukan yang ditawarkan AC.

Sebagai gantinya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendinginkan ruangan tanpa membebani tagihan listrik Anda. Mengutip dari evapolar.com, berikut beberapa cara mendinginkan ruangan tanpa AC yang dapat Anda coba.

2 dari 4 halaman

Tutup Tirai di Siang Hari

cara mendinginkan ruangan tanpa ac

realhomes.com

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC yang pertama dengan menutup tirai di siang hari. Selama musim panas, membiarkan gorden Anda terbuka berarti memberikan akses sinar matahari ke ruangan Anda. Oleh karena itu, penting untuk membiarkan gorden dalam keadaan tertutup di siang hari untuk menghalangi sinar matahari masuk. Ini akan membantu Anda mendinginkan ruangan tanpa AC.

Jika jendela Anda terkena banyak sinar matahari secara langsung, menggunakan tirai gelap akan membantu mencegah sinar matahari yang terlalu panas ke kamar Anda. Atau Anda bisa menggunakan tirai berwarna netral dengan alas plastik putih untuk mengurangi perolehan panas hingga 33 persen.

Buka Jendela dan Pintu di Malam Hari

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC yang kedua yakni dengan membuka jendela di malam hari. Jika di siang hari kita dianjurkan untuk menutup tirai, maka Anda bisa kembali membukanya di malam hari. Pada malam hari, matahari terbenam dan Anda dapat menikmati angin malam yang sejuk, tetapi tidak jika tirai ditutup. Dengan membuka jendela, Anda juga dapat menciptakan angin sepoi-sepoi yang akan memenuhi ruangan dengan udara sejuk.

Selain itu, ada manfaat jika Anda menutup pintu yang menghubungkan dapur ke seluruh rumah di siang hari, karena udara panas dari aktivitas memasak makanan akan terbawa ke seluruh rumah. Anda harus membuka pintu atau jendela yang menghubungkan dapur ke luar untuk membuang udara panas. Anda dapat membuka pintu dan jendela di malam hari agar udara yang lebih sejuk dapat mengalir bebas dari ruangan ke ruangan.

3 dari 4 halaman

Letakkan Es atau Air Dingin di Depan Kipas Angin

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC ketiga dengan meletakkan air dingin atau es di depan kipas angin. Kipas angin akan meniupkan kesejukan air atau es di sekitarnya, sehingga membuat ruangan Anda lebih sejuk. Yang terbaik adalah menutup pintu dan jendela saat Anda melakukan ini, untuk menjaga agar udara tetap terperangkap di dalam.

Idenya adalah es menghasilkan udara dingin di sekitarnya, dan kipas akan meniupkan udara ini ke sekitarnya. Ini adalah alternatif ideal untuk AC. Hanya saja, jangan duduk tepat di depan kipas angin agar tidak mengganggu mata Anda.

Tidur di Lantai

tidur di lantai

www.thesleepjudge.com

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC yang keempat bisa dengan tidur di tempat yang lebih rendah. Karena prinsip udara hangat naik, udara di kaki Anda jadi tidak terlalu panas dibanding di langit-langit. Anda dapat membongkar tempat tidur dan meletakkan kasur di lantai atau mencoba malam tanpa kasur, jika Anda tidak keberatan tidur di permukaan yang keras.

Selama hari-hari yang lebih panas, Anda juga bisa tidur di lantai jika lantai Anda terbuat dari ubin. Ini adalah cara yang baik untuk mengalahkan panas. Ubin biasanya terasa sejuk dan akan membuat tidur lebih nyaman.

Biarkan Udara Malam Masuk

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC kelima dengan membiarkan udara malam masuk. Tidak ada yang lebih alami dan sejuk selain udara malam. Anda dapat memanfaatkan udara malam dan membuka jendela atau pintu.

Jika hujan, Anda bisa membuka jendela secukupnya agar udara sejuk masuk tetapi tidak membiarkan air hujannya masuk. Udara akan membuat ruangan Anda lebih dingin saat musim hujan.

Buka jendela segera setelah suhu di luar turun. Bahkan, buka semua jendela di rumah Anda untuk mendinginkannya di malam hari dan memungkinkan angin sepoi-sepoi masuk. Tapi jangan biarkan jendela terbuka saat Anda tertidur.

4 dari 4 halaman

Gunakan Lampu LED

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC berikutnya dengan menggunakan lampu LED. Semua peralatan elektronik memancarkan panas, termasuk bola lampu. Dengan lampu yang menyala, mungkin sulit untuk menjaga ruangan tetap sejuk di siang hari.

Ya, lampu memang berkontribusi pada suhu di kamar Anda. Tapi di sisi lain, lampu LED akan tetap dingin, dan juga lebih hemat energi, jadi Anda akan menghemat tagihan listrik juga.

ilustrasi lampu led
©pexels-Nothing Ahead

Jika Anda tidak dapat mengganti semua bola lampu, Anda dapat mematikan lampu dan menggunakan cahaya alami di sekitar rumah Anda. Ini akan membuat Anda panas berkurang. Kemudian, Anda dapat menyalakan lampu di malam hari. Ini juga akan mengurangi jumlah energi yang Anda konsumsi.

Matikan Alat Elektronik

Jika Anda memiliki alat elektronik seperti TV, komputer, atau alat elektronik lainnya yang menghasilkan panas, maka Anda bisa mematikannya terlebih dahulu. Selain menghemat tagihan listrik, cara ini akan membantu menurunkan suhu di ruangan Anda.

Misalnya ketika Anda sedang menggunakan komputer, dan juga menyalakan TV di satu ruangan yang sama, maka Anda bisa mematikan salah satu, atau jika tidak terlalu mendesak, matikan dulu keduanya untuk mendinginkan alat eletronik Anda dan juga ruangan Anda.

Beli Kasur, Bantal, dan Seprai Pendingin

Cara mendinginkan ruangan tanpa AC terakhir bisa dengan menggunakan kasur pendingin. Teknologi kasur telah dikembangkan untuk membantu Anda tetap sejuk di malam hari. Kasur pendingin ini ada banyak jenisnya dan akan membantu Anda melewati musim panas dengan tidur yang nyaman.

Selain kasur, Anda juga bisa menggunakan seprai dan bantal pendingin. Bahkan jika Anda tidak berbaring di tempat tidur, Anda dapat menggunakan seprai untuk menutupi sofa agar tetap terasa sejuk.

Jika Anda tidak mampu membeli kasur, bantal, dan seprai pendingin, Anda dapat menggunakan seprai katun di tempat tidur. Bahan katun lebih breathable dibandingkan bahan lainnya, sehingga akan membuat malam Anda terasa lebih sejuk.

(mdk/ank)

Baca juga:
Di Tengah Gelombang Panas, India Luncurkan Kapal Perang Siluman
7 Cara Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Makan Lebih Sedikit
Nestapa di Kota Terpanas Dunia, Suhu Capai 51 Derajat Celcius
Waspada, Cuaca Panas Ekstrem bisa Picu Penyakit Ini Timbul
Jenis Cuaca di Indonesia, Berikut Pengertian dan Karakteristiknya
Elang hingga Kucing di India Dehidrasi Akibat Gelombang Panas

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami