8 Dampak Buruk Konsumsi Petai Berlebihan, Tingkatkan Kadar Asam Urat

8 Dampak Buruk Konsumsi Petai Berlebihan, Tingkatkan Kadar Asam Urat
Ilustrasi petai. ©Shutterstock
JABAR | 12 November 2020 08:25 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Petai merupakan salah satu jenis polong-polongan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Meskipun baunya menyengat, petai tak pernah sepi peminat. Entah dijadikan bahan tambahan dalam masakan atau dijadikan lalapan petai tetap terasa enak, terlebih bagi para pecintanya.

Selain banyak yang suka, petai juga terkenal kaya akan khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan yang dimiliki petai seperti protein, fosfor, vitamin A, dan zat besi.

Meskipun demikian, mengonsumsi petai tidak boleh berlebihan karena dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Demi menjaga kesehatan tubuh maka sebaiknya konsumsi petai secukupnya saja. Sebab jika berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko penyakit yang cukup serius.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 8 dampak buruk konsumsi petai berlebihan, tingkatkan kadar asam urat:

2 dari 5 halaman

1. Sakit Kepala

Dampak buruk konsumsi petai berlebihan yang pertama adalah sakit kepala. Hal ini juga cukup penting untuk dihindari, sebab jika sudah timbul rasa sakit kepala, biasanya akan timbul pula rasa pusing dan menyebabkan rasa mual hingga muntah.

2. Kadar Asam Urat Meningkat

Dampak buruk konsumsi petai berlebihan berikutnya adalah kadar asam urat meningkat. Di dalam petai sendiri terdapat kandungan zat purin. Adanya kandungan dari zat purin tersebut yang sebenarnya menjadi sumber penyebab timbulnya kadar asam urat dalam tubuh dapat meningkat.

Jika kadar asam urat di dalam tubuh sudah terlampau tinggi, maka efek samping yang dirasakan antara lain seperti mengalami nyeri sendi serta keluhan khas asam urat lainnya. Bagi beberapa orang yang memang memiliki riwayat penyakit nyeri sendi, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi petai secara berlebihan.

Ada baiknya untuk mengatur jumlah konsumsi petai tersebut secukupnya saja, agar mendapatkan manfaat yang maksimal tanpa timbul efek samping.

3 dari 5 halaman

3. Berisiko Merusak Sendi Secara Permanen

Rusaknya sendi secara permanen ini bisa saja timbul apabila para penderita asam urat tidak memperhatikan penyakit yang dideritanya dengan berlebihan dalam konsumsi petai.

Efek samping konsumsi petai berlebihan ini bisa terjadi disebabkan adanya purin yang terus-menerus menumpuk, kemudian purin tersebut berubah menjadi asam urat sehingga akan menjadi penyebab terbentuknya kristal sendi yang akan semakin parah dari waktu ke waktu.

4. Sebabkan Sakit Perut

ilustrasi sakit perut©iStockphoto

Sementara itu, mungkin efek samping konsumsi petai berlebihan ini juga umum diderita oleh beberapa orang. Sebab konsumsi petai yang berlebihan bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Bahkan bagi yang biasa mengonsumsi petai mentah, bisa berisiko menimbulkan perut sakit, karena adanya bakteri yang hinggap di petai mentah tersebut.

4 dari 5 halaman

5. Gangguan pada Saluran Cerna

Sedangkan kandungan bakteri yang hinggap di petai mentah, ternyata dapat meningkatkan potensi masalah pada saluran cerna. Bahkan jika masih memaksakan konsumsi petai berlebihan, risiko timbulnya diare dan berbagai penyakit pencernaan lainnya juga semakin meningkat.

6. Meningkatkan Risiko Gangguan Ginjal

Kemudian dampak buruk konsumsi petai berlebihan lainnya adalah meningkatkan risiko timbulnya gangguan pada ginjal. Mengapa bisa begitu? Sebab petai mengandung berbagai jenis asam amino yang ternyata cukup tinggi. Adanya kandungan asam amino yang sangat tinggi tersebut, bisa menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan pada ginjal.

Maka dari itu, meski petai hanya terlihat kecil dan aman dikonsumsi, bukan berarti tidak bisa menimbulkan berbagai efek samping apabila dikonsumsi berlebihan. Ada baiknya, untuk konsumsi petai secukupnya, agar manfaat dari petai tersebut bisa didapatkan dengan maksimal.

5 dari 5 halaman

7. Munculnya Tophi

Munculnya tophi merupakan salah satu dampak buruk konsumsi petai berlebihan selanjutnya. Tophi merupakan benjolan kecil yang memiliki warna putih, dan terbentuk akibat adanya penumpukan kristal asam urat di bagian bawah kulit.

Jika kadar asam urat sudah terlalu tinggi, maka tophi akan terasa sangat nyeri. Bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan gangguan ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

8. Memicu Timbulnya Rematik

Dampak buruk konsumsi petai secara berlebihan juga bukan saja meningkatkan asam urat tapi juga memicu timbulnya rematik. Mungkin tidak banyak yang menyadari penyakit rematik ini. Itulah mengapa sangat penting untuk membatasi konsumsi petai supaya tidak timbul penyakit rematik yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami