8 Manfaat Daun Serai bagi Kesehatan, Bantu Rawat Gigi hingga Diuretik Alami

8 Manfaat Daun Serai bagi Kesehatan, Bantu Rawat Gigi hingga Diuretik Alami
Ilustrasi serai. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Singkham
JABAR | 3 November 2020 12:30 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Anda pasti sudah tidak asing dengan daun serai. Tanaman ini mungkin sering Anda temui di dapur, karena memang masyarakat sering menggunakan daun serai sebagai penyedap makanan agar cita rasa makanan menjadi lebih lezat.

Selain sering digunakan untuk keperluan dapur, daun serai juga sudah lama dipercaya digunakan untuk pengobatan tradisional. Untuk mendapatkan manfaatnya, serai biasa diolah menjadi minyak atau teh. Serai juga bisa dijadikan sebagai aroma terapi untuk membuat udara menjadi segar, menurunkan tingkat stres dan mengangkat suasana hati.

Manfaat daun serai didapatkan dari kandungan antioksidan dan anti-peradangannya. Serai mengandung senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin dan swertiajaponin. Dengan kandungan-kandungan tersebut, daun serai dinilai dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Untuk mengetahui manfaat daun serai lebih jauh, berikut kami sajikan beberapa manfaat daun serai bagi kesehatan tubuh.

2 dari 5 halaman

Mengurangi infeksi mulut dan gigi berlubang

berlubang
© boldsky.com

Manfaat daun serai yang pertama untuk mengurangi infeksi mulut dan gigi berlubang. Melansir dari agriculture.com.ph, studi tahun 2012 yang dilakukan oleh National Institute of Health and Family Welfare di India, menunjukkan bahwa minyak serai menempati urutan kedua sebagai minyak yang terbukti efektif untuk melawan Streptococcus, yaitu bakteri yang dapat ditemukan di gigi berlubang yang menyebabkan masalah mulut seperti kerusakan gigi. Penelitian ini menunjukkan efektivitas kemampuan antibakteri minyak serai.

Mengandung antioksidan untuk mengatasi racun tubuh

Manfaat daun serai yang kedua adalah kandungan antioksidannya yang dapat melawan racun tubuh. Serai mengandung antioksidan yang disebut flavonoid dan fitokimia yang dinilai dapat membantu memberi makan organ seperti ginjal dan hati.

Daun serai juga sangat membantu dalam mencegah disfungsi koroner, karena membantu mengeluarkan racun yang mungkin menyebabkan penyumbatan koroner. Antioksidan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Antioksidan ini dapat ditemukan pada daun serai, bukan di akar atau batangnya. Jadi untuk mendapatkan manfaat kesehatan, pastikan untuk menggunakan daun atau kelopak bunganya.

3 dari 5 halaman

Sebagai pengusir serangga

ilustrasi serai©Shutterstock.com/wmitrmatr

Manfaat daun serai yang ketiga dapat digunakan untuk mengusir serangga. Daun serai juga dapat membantu menjaga rumah agar bebas dari serangga, karena manfaatnya yang dapat mengusir nyamuk, semut, lalat, dan bahkan kecoak. Dengan menambahkan setetes minyak esensial serai ke dalam satu liter cairan pencuci piring akan mengurangi masalah kecoak di dapur Anda.

Cara lain untuk menggunakannya dengan meletakkan daun serai yang sudah dihancurkan di ambang jendela. Menggunakan minyak serai alami sebagai pengusir serangga membantu lingkungan dan melindungi manusia dari bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam pengusir serangga komersial.

Sebagai diuretik alami

Manfaat daun serai yang keempat sebagai diuretik alami. Studi menunjukkan bahwa serai adalah diuretik alami yang tidak memiliki efek samping yang merugikan. Tanaman ini dapat membantu membuang limbah beracun berbahaya di tubuh seseorang, yang juga berarti menjaga sistem pencernaan Anda tetap bersih dan sehat.

4 dari 5 halaman

Mengatasi masalah kulit dan persendian

002 destriyana©2015 Merdeka.com/shutterstock/Singkham

Manfaat daun serai yang kelima untuk mengatasi masalah kulit dan persendian. Berdasarkan buku Aromatherapy: Scent and Psyche karangan Peter dan Kate Damian, serai dinilai dapat membantu mengurangi asam laktat dan mengencangkan jaringan ikat di tubuh kita sehingga dapat meredakan sakit dan nyeri.

Serai juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi kulit berminyak dan jerawat. Terakhir, minyak serai juga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam tubuh dan berfungsi sebagai solusi untuk bau badan karena sifat antibakterinya.

Mengontrol ketombe

Dilansir dari emedihealth.com, minyak esensial serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, dan efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur, yang berhubungan dengan ketombe.

Meskipun beberapa penelitian telah membuktikan hal yang sama, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengencerkan beberapa tetes minyak serai dalam minyak pembawa dan oleskan ke area kecil kulit untuk menyingkirkan reaksi alergi. Jika sudah bersih, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak serai sesuai petunjuk pada label.

5 dari 5 halaman

Mengatasi anemia

002 siti rutmawatihealthguides.healthgrades.com

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa cukup oksigen ke jaringan, sehingga dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan yang konstan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa teh serai dapat meningkatkan eritropoiesis (produksi sel darah merah), karena kandungan nutrisinya (asam folat, tiamin, tembaga, besi, seng, dll.) Serta sifat antioksidan dan farmakologisnya.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dan memahami luas bagaimana mekanisme sebenarnya dari efek ini.

Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat daun serai yang terakhir dapat meningkatkan kesehatan mental. Serai diketahui memiliki dampak positif pada fungsi otak, sehingga dinilai mampu meredakan stres dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati, dan kepercayaan diri.

Ini juga dapat membantu menenangkan pikiran Anda dan mendorong kualitas tidur yang lebih baik sehingga dapat membantu mengatasi insomnia. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengolah serai menjadi teh atau minyak sebagai aroma terapi.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami