9 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Berani Coba?

9 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Berani Coba?
cabe merah. shutterstock
JABAR | 8 Juni 2022 12:23 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Banyak kuliner Indonesia yang menggunakan cabe untuk menambah cita rasa pedas dalam hidangan mereka. Rasa pedas ini terkadang juga menjadi daya tarik dari suatu masakan hingga membuat banyak orang ketagihan.

Cabe memang menjadi salah satu bahan makanan favorit jika ingin menambah kenikmatan rasa masakan. Beberapa jenis cabe yang biasa kita temui antara lain cabe merah, cabe hijau, cabe gendot, hingga yang terkenal akan pedasnya, yaitu cabe rawit.

Namun ternyata, pedasnya cabe rawit ini masih kalah dengan jenis cabe yang ada di belahan bumi lainnya. Untuk mengukur tingkat kepedasan cabe terdapat satuan yang disebut Scoville Heat Unit, atau disingkat SHU. Cabe rawit memiliki tingkat kepedasan sekitar 100.000 SHU.

Dalam artikel berikut ini, kami akan menyampaikan jenis cabe terpedas di dunia yang dikutip dari laman pepperscale.com.

2 dari 4 halaman

Trinidad 7 Pot Pepper — 1.000.000 hingga 1.200.000 SHU

trinidad 7 pot pepper
superhotchiles.com

Varietas umum dari Trinidad 7 Pot Pepper ini memiliki tingkat kepedasan hingga 1.000.000 SHU. Tingkat kepedasannya sama dengan tingkat pedas maksimal dari jenis cabe terpedas lainnya yaitu Jonah. 7 pot pepper yang ada di dalam namanya menggambarkan rasa pedas ekstrem yang dihasilkan cabe ini. Dikatakan bahwa satu jenis cabe ini dapat membumbui tujuh panci rebusan, oleh karena itu disebut 7 pot pepper.

7 Pot Primo — 800.000 hingga 1.268.250 SHU

7 pot primo

peppergeek.com

Jenis hibrida Primo ini adalah persilangan antara jenis cabe Naga Morich dan Trinidad 7 Pot Pepper. Tingkat kepedasannya berada di tingkat minimal dari jenis Ghost Pepper. 7 Pot Primo dikenal dengan tangkai cabenya yang menyerupai ekor kalajengking. Cabai ini ditemukan oleh Troy Primeaux (itulah kenapa namanya disebut "Primo").

Naga Viper — 900.000 hingga 1.382.118 SHU

Naga Viper merupakan persilangan antara tiga jenis cabe super pedas, yaitu Ghost Pepper, Naga Morich, dan Trinidad Moruga Scorpion. Pada tahun 2011 jenis cabe ini menyabet gelar resmi dari Guinness Book sebagai cabe terpedas di dunia, mengalahkan Infinity Pepper. Meski kehilangan gelar tersebut pada tahun 2012, Naga Viper masih layak disejajarkan di antara cabe super-hot lainnya.

3 dari 4 halaman

Naga Morich — 1.000.000 hingga 1.500.000 SHU

naga morich

superhotchiles.com

Kerabat dari Ghost Pepper, Naga Morich (juga dikenal sebagai serpent chili), memiliki tingkat minimum pedas yang sama dengan tingkat maksimal dari Ghost Pepper. Rasa pedasnya tercatat sekitar 1.000.000 SHU sebagai tingkat minimalnya, jenis cabe ini sudah cukup untuk mengancam lidah bagi yang ingin mencicipinya.

Dorset Naga — 1.000.000 hingga 1.598.227 SHU

Dorset Naga adalah cabe sejenis Naga Morich yang super pedas. Jenis cabe ini dikembangkan dengan memilih benih cabe Naga Morich terbaik, hingga tercipta cabe yang populer dengan sedikit tambahan rasa pedas. Meski begitu, rasa di antara kedua cabe ini tetap serupa.

Trinidad Moruga Scorpion — 1.200.000 hingga 2.000.000 SHU

trinidad moruga scorpion

superhotchiles.com

Memiliki nama yang cukup seram, Trinidad Moruga Scorpion berasal dari Trinidad dan Tobago, dan mendapatkan julukannya dari tangkainya yang seperti ekor kalajengking yang terlihat seperti penyengat. Potensi puncak dari rasa pedasnya bisa mencapai 2 juta unit SHU, sehingga menempatkan Moruga Scorpion ada di antara jenis cabe yang bisa lebih pedas daripada kebanyakan semprotan merica.

4 dari 4 halaman

Komodo Dragon Pepper — 1.400.000 hingga 2.200.000 SHU

komodo dragon pepper
i.guim.co.uk

Dengan rasa pedas yang sebanding dengan jenis cabe terpedas di dunia, Komodo Dragon ini memiliki rasa pedas yang akan melelehkan lidah Anda. Ada rasa manis yang licik pada cabe super pedas ini. Seperti Ghost Pepper, sensasi pedasnya akan muncul perlahan, dan tidak terlalu terasa di gigitan pertama. Namun seiring waktu, rasa pedasnya akan menjadi badai yang membakar di dalam mulut Anda.

Carolina Reaper — 1.400.000 hingga 2.200.000 SHU

Pada November 2013, Carolina Reaper resmi tercatat dalam Guinness Book of World Record sebagai jenis cabe terpedas di dunia. Cabe ini adalah varietas asal Amerika Serikat (Carolina Selatan) dengan pedas yang gila, dengan tingkat minimal sudah mencapai 1.400.000 SHU hingga di tingkat maksimalnya mencapai 2.200.000 SHU. Ed Currie adalah orang di belakang penemuan cabe terpedas di dunia ini.

Pepper X — 3.180.000 SHU

pepper x
thrillist.com

The Puckerbutt Pepper Company, yang juga membuat Carolina Reaper, memiliki senjata lain yang super pedas. Adalah Pepper X, yang dikatakan memiliki rasa pedas dua kali lipat dari Carolina Reaper dan 700.000 SHU lebih besar dan kuat di atas cabe terpedas lainnya, Dragon's Breath (2.480.000 SHU). Jenis cabe ini memiliki tingkat pedas yang sangat ekstrem, namun pedasnya masih belum diverifikasi oleh Guinness Book of World Records. Masih perlu bukti apakah cabe ini memenuhi standar yang dibutuhkan untuk menempati posisi teratas di antara cabe terpedas di dunia.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini