9 Jenis Kerang yang Aman Dikonsumsi, Mana yang Jadi Favoritmu?

9 Jenis Kerang yang Aman Dikonsumsi, Mana yang Jadi Favoritmu?
JABAR | 12 Maret 2020 16:30 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Kerang merupakan hewan yang banyak dan mudah ditemui di Indonesia. Tidak hanya satu, tetapi kerang memiliki berbagai macam jenis.

Kerang biasanya mudah ditemukan di daerah pesisir laut atau bahkan sungai-sungai besar. Biasanya, kerang ini dijadikan menu makanan dan merupakan salah satu menu seafood andalan yang banyak digemari orang Indonesia.

Selain karena rasanya yang lezat, kerang menjadi menu seafood yang sangat populer karena dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dengan variasi rasa yang berbeda.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua jenis kerang itu aman untuk dimakan? Ada jenis kerang yang beracun, yang tentu akan sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Tapi jangan khawatir, ada banyak juga jenis kerang yang aman untuk dimakan. Apa saja jenis kerang tersebut? Berikut jenis kerang yang aman untuk dikonsumsi:

1 dari 9 halaman

1. Kerang Hijau

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber: happyfresh.id 2020 Merdeka.com

Sesuai dengan namanya, kerang hijau memiliki cangkang berwarna hijau dan memiliki bentuk cangkang yang panjang, pipih serta halus tidak bergaris. Bagian daging kerang hijau berwarna putih kekuningan.

Kerang ini memiliki penyebutan berbeda, misalnya di Jakarta disebut kerang kijing, di Riau dikenal sebagai kemudi kapal dan di Banten disebut kedaung.

Kerang hijau bisa diolah dengan bumbu kuning atau saus padang.

2 dari 9 halaman

2. Kerang Bambu

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber:noobcook.com 2020 Merdeka.com

Kerang ini berbentuk silinder yang memanjang menyerupai bambu. kerang ini memiliki cangkang persis bambu, panjangnya sekitar se-ibu jari orang dewasa, dan dagingnya berwarna putih seperti daging udang yang telah dikupas.

Kerang bambu memiliki rasa gurih dan manis. Kerang bambu biasanya disebut lorjuk. Kerang ini merupakan kerang yang langka. Meski begitu, kerang bambu banyak dijumpai di Jawa Timur dan Madura.

3 dari 9 halaman

3. Kerang Simping

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber:greatbritishchefs.com 2020 Merdeka.com

Kerang simping memiliki bentuk pipih dan menyerupai kipas. Kerang simping bisa juga disebut kerang serimping.

Tekstur dari kerang ini yaitu padat dan kenyal. Daging kerang simping yang bertekstur kenyal dan padat ini aman dimakan dalam keadaan mentah, karena tak memiliki bagian tubuh penyaring.

Cangkang dari kerang simping yang berbentuk pipih ini berwarna putih kecoklatan di bagian luar dan putih di bagian dalam dan merupakan bahan utama aneka kerajinan.

4 dari 9 halaman

4. Kerang Darah

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber:pinterest.com 2020 Merdeka.com

Kerang ini memiliki cangkang berwarna coeklat. Alasan mengapa kerang ini disebut kerang darah yaitu karena kerang ini mengeluarkan cairan merah seperti darah yang merupakan hemoglobin dan juga memiliki daging yang berwarna merah.

Kerang darah merupakan kerang yang paling mudah didapatkan di pasaran jika Anda ingin membelinya. Kerang ini sangat cocok untuk dikonsumsi penderita darah rendah karena banyak mengandung zat besi yang berfungsi membentuk kembali sel-sel darah merah yang hilang. Kandungan zat besinya juga terasa di dalam cita rasanya yang khas, namun tetap gurih di lidah.

5 dari 9 halaman

5. Kerang Tiram

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber:eatingwell.com 2020 Merdeka.com

Kerang tiram bisa dibilang adalah kerang yang paling populer. Kerang tiram memiliki cangkang yang cenderung pipih dan berkapur, juga keras seperti batu karang.

Kerang tiram biasanya disajikan secara mentah karena rasanya yang segar dan enak meskipun belum dimasak. Akan tetapi kerang tiram juga bisa dimasak dengan cara dicampur dengan saus tiram.

Kerang tiram mengandung kalsium, vitamin A dan vitamin B12 yang tinggi.

6 dari 9 halaman

6. Kerang Bulu

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber:liputan6.com 2020 Merdeka.com

Kerang bulu jika dilihat sekilas akan terlihat mirip seperti kerang darah. Cangkangnya bergaris dan berbentuk cembung melebar, namun memiliki bulu-bulu hitam kecil.

Meskipun berbulu pada cangkangnya, tetapi kerang ini aman untuk dikonsumsi. Asal dibersihkan dengan hingga bersih.

Kebanyakan orang-orang mengolahnya menjadi sup kerang yang dapat disajikan bagi anak-anak. Jika ingin membersihkan bulu-bulu halusnya, Anda bisa merebusnya dua kali dengan air rebusan yang berbeda.

7 dari 9 halaman

7. Kerang Kepah

9 jenis kerang yang aman dikonsumsi

Sumber:steemit.com 2020 Merdeka.com

Kerang kepah biasa ditemukan di sungai-sungai besar atau hutan mangrove. Bentuk cangkangnya menyerupai piring, cembung di bagian tengah dan pipih di bagian pinggir serta berwarna putih.

Kerang kepah sering juga disebut kerang putih karena memang warna cangkangnya yang berwarna putih. Kerang ini berbentuk pipih dengan ukuran yang biasanya tidak terlalu besar.

8 dari 9 halaman

8. Kerang Macan

Kerang ini dinamai kerang macan karena cangkangnya memiliki corak loreng seperti macan. Kerang ini banyak dijumpai di perairan Indonesia, yakni di Pantai Utara dan Selatan Jawa.

Kerang jenis ini termasuk kerang yang bisa dibilang termasuk makanan mewah karena lebih banyak disajikan untuk restoran-restoran mewah di Eropa.

Kerang ini berbentuk menyerupai keong atau bekicot dengan motif belang yang seperti macan. Kerang ini juga merupakan jenis kerang yang banyak dieskpor di Indonesia.

9 dari 9 halaman

9. Kerang Kijing

Kerang kijing merupakan kerang yang memiliki banyak kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Kerang kijing memiliki bentuk yang pipih memanjang dengan warna cangkang cokelat kehijauan dan daging yang bertekstur keras dan cenderung alot namun tetap sangat nikmat ketika diolah menjadi masakan dengan berbagai bumbu pelengkap.

Kerang kijing memiliki kandungan protein tinggi dan kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kerang ini banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kerupuk.

(mdk/far)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami