9 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak, Rawat Kulit dengan Cara Lezat

9 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak, Rawat Kulit dengan Cara Lezat
Ilustrasi kulit berminyak. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/phasinphoto
JABAR | 5 September 2021 09:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Kulit berminyak seringkali menimbulkan masalah pada orang yang mengalaminya. Kulit berminyak dapat membuat kulit mengkilap, lengket, dan kulit mudah berjerawat. Itulah kenapa, banyak orang, khususnya wanita, berusaha mengatasi kulit berminyak mereka.

Beberapa orang mungkin berpikir untuk mencuci muka ketika kulit mereka berminyak. Namun, mencuci muka saja tidak cukup, dan Anda perlu melakukan perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap terjaga bersih dan sehat.

Selain itu, menjaga pola makan juga dapat membantu Anda mengatasi kulit berminyak. Ya, meski beberapa makanan dapat menyebabkan kulit berminyak, tapi ada juga makanan sehat yang mampu mengatasi, bahkan mencegah kulit berminyak.

Melansir dari stylecraze.com, berikut beberapa makanan untuk atasi kulit berminyak yang bisa Anda konsumsi.

2 dari 4 halaman

Mentimun

ilustrasi mentimun
©shutterstock.com/Jakub Pavlinec

Makanan untuk atasi kulit berminyak pertama adalah mentimun. Mentimun memiliki 95,23 g air per 100 g. Itu berarti sebagian besar mentimun terdiri dari air. Seperti yang kita tahu, hidrasi sangat penting untuk kulit yang sehat.

Air mengeluarkan racun dari tubuh dan memfasilitasi sekresi hormon yang tepat. Selain itu, mentimun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang penting untuk kulit yang baik. Mereka juga bersifat anti-inflamasi, yang membantu mengurangi jerawat.

Whole Grain

Makanan untuk atasi kulit berminyak yang kedua adalah whole grain. Mengonsumsi whole grain sebagai pengganti karbohidrat olahan akan meningkatkan tekstur kulit dan memperbaiki warna kulit Anda.

Selalu pilih makanan yang diproses secara minimal, misalnya, pilih roti gandum daripada roti putih. Makanan seperti whole grain mengandung antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan kulit terkait peradangan.

Makanan ini mengandung biotin, vitamin B yang membantu dalam pemrosesan lemak. Jika Anda memiliki tingkat biotin yang rendah dalam tubuh Anda, kulit Anda akan menjadi kering, gatal, dan bersisik.

ilustrasi alpukat
©Pixabay

Alpukat

Makanan untuk atasi kulit berminyak yang ketiga, yaitu alpukat. Alpokat mengandung asam lemak yang sangat sehat untuk kulit dan mencegah sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

Buah ini adalah sumber karotenoid antioksidan seperti alfa-karoten, beta-cryptoxanthin, beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein. Jumlah karotenoid yang cukup dalam makanan Anda akan meningkatkan kepadatan, ketebalan, dan tekstur kulit Anda.

3 dari 4 halaman

Kacang

Makanan untuk atasi kulit berminyak yang keempat adalah kacang. Kacang kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kulit yang bersih dan sehat. Kacang juga memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu meningkatkan tekstur kulit Anda.

Namun, berhati-hatilah, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena bisa berdampak sebaliknya pada kulit. Batasi konsumsinya dengan hanya mengonsumsinya segenggam sehari, atau lebih sedikit.

Konsumsi asam lemak omega-3 secara teratur mengurangi peradangan dan dapat mengurangi risiko jerawat dan masalah kulit lainnya dengan mengurangi faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF-1) dan mencegah hiperkeratinisasi folikel sebasea.

024 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Pisang

Makanan untuk atasi kulit berminyak yang kelima yakni buah pisang. Pisang mengandung vitamin E, fosfat, dan kalium, yang meningkatkan kesehatan kulit. Buah kuning ini juga merupakan detoksifikasi yang luar biasa. Makan pisang sehari dapat membantu mengecilkan pori-pori, yang mencegah kotoran masuk ke dalamnya.

Bayam

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli tidak mengandung minyak. Mereka kaya serat, yang dapat membantu membersihkan kulit Anda dan mengatur produksi minyak.

Satu cangkir bayam juga mengandung sekitar 164 gram air yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat. Tanpa air yang cukup, kulit akan dehidrasi, kering, dan bersisik, dan kelenjar sebaceous Anda mungkin bekerja terlalu keras untuk melawannya, sehingga menghasilkan kulit berminyak.

4 dari 4 halaman

Jeruk

ilustrasi jeruk
©Pixabay

Buah sitrus, seperti jeruk dan lemon, mengandung vitamin C, yang luar biasa untuk kulit. Buah ini juga mengandung agen detoksifikasi yang mengeluarkan minyak ekstra dari kulit Anda, membuatnya lebih sehat. Minyak alami dalam jeruk membantu melembapkan kulit. Mereka juga mengandung asam sitrat, yang membantu mengeringkan jerawat, dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

Cokelat Hitam

Makanan untuk atasi kulit berminyak yang selanjutnya yakni cokelat hitam. Ya, Anda bisa mendapatkan manfaat dari makanan favorit banyak orng ini, tapi tetap batasi porsinya. Cokelat hitam tidak hanya enak, tetapi juga mencegah peradangan jerawat dengan mengontrol produksi minyak di kulit.

kelapa
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Air Kelapa

Air kelapa sangat bagus untuk hidrasi kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap bersih dan kenyal serta mencegah berjerawat, dan noda. Air kelapa adalah sumber vitamin C, riboflavin, dan kalsium yang baik, dan mengandung mineral seperti magnesium, kalium, dan mangan.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami