9 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga, Jangan Salah Pilih

9 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga, Jangan Salah Pilih
ilustrasi olahraga. health.clevelandclinic.org
JABAR | 19 November 2021 20:02 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Berolahraga itu sendiri penting, Anda pasti juga sudah tahu itu. Tetapi yang jarang orang ketahui adalah apa yang terjadi setelahnya.

Meskipun Anda telah berlatih keras dan membakar banyak kalori, memilih makanan pemulihan yang salah dapat menghancurkan semua kerja keras yang Anda lakukan. Jika Anda serius ingin menghilangkan lemak dan meningkatkan kinerja Anda, Anda juga harus dengan makanan pasca-latihan yang akan dikonsumsi.

Setelah berolahraga, Anda membutuhkan makanan yang dapat memulihkan energi, membangun otot, dan meningkatkan metabolisme Anda. Memilih jenis makanan yang salah dapat menghancurkan upaya Anda. Makanan yang sulit dicerna, penuh gula, atau sarat dengan lemak jenuh bisa menimbulkan kerusakan serius, tepat pada saat tubuh Anda perlu memperbaiki diri.

Memilih makanan yang tepat dan menghindari makanan yang buruk setelah berolahraga penting untuk Anda ketahui. Ini seharusnya juga masuk ke dalam program latihan Anda. Dikutip dari eatthis.com, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari setelah olahraga.

2 dari 4 halaman

Makanan pedas

010 febrianti diah kusumaningrum
huffingtonpost

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang pertama adalah makanan pedas. Makanan pedas sulit dicerna, dan Anda sebaiknya menghindari pilihan ini. "Tubuh Anda baru saja menyelesaikan upaya besar dan sedang dalam kondisi perbaikan," kata Michelle Neverusky, Manajer Kebugaran Carillon Miami Beach.

"Anda butuh hal-hal yang mudah dicerna, sedikit protein, sedikit gula untuk mengembalikan kadar gula Anda menjadi seimbang, dan sebagian besar karbohidrat untuk mengisi kembali tingkat energi Anda."

Soda

ilustrasi soda
©Shutterstock.com/M. Unal Ozmen

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang kedua adalah soda. Mungkin Anda menginginkan minuman menyegarkan, tetapi ingatlah satu hal: Jangan pernah minum soda setelah berolahraga.

"Tubuh Anda perlu terhidrasi, dan soda tidak akan melakukannya untuk tubuh," kata Stephanie Mansour, pelatih penurunan berat badan dan gaya hidup untuk wanita. "Plus, soda juga bisa membuatmu kembung!"

Protein Berat seperti Steak

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang ketiga yaitu makanan berprotein tinggi. Sama seperti makanan pedas, Neverusky merekomendasikan untuk melewatkan apa pun yang sulit dicerna, seperti steak.

"Jika Anda ingin bulking up, Anda perlu menambahkan rasio karbohidrat tinggi seperti tuna dan nasi; tetapi jika Anda mengeluarkan, Anda perlu menghindari karbohidrat dan minum protein shake untuk mempertahankan otot."

3 dari 4 halaman

Makanan Berlemak

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang keempat yakni makanan berlemak. Lewati minyak, biji-bijian, apa pun yang digoreng, dan kacang-kacangan setelah berolahraga.

"Lemak bertindak untuk memperlambat proses pencernaan di usus dan, oleh karenanya, akan menunda pengiriman nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam otot," jelas Paul Roller, pelatih di CrossFit Outbreak.

Cokelat

hitam
©www.afternoonrecipes.com

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang kelima yaitu cokelat. "Hindari cokelat batangan," jelas Lola Berry, penulis The Happy Cookbook. "Ingatlah bahwa latihan akan mempercepat metabolisme Anda; gunakan itu untuk keuntungan Anda dengan menjaga diet tetap bersih dengan makanan utuh."

Tetapi jika Anda tidak bisa menghilangkan keinginan akan cokelat, Berry menyarankan untuk mencairkan dua sendok makan minyak kelapa dengan satu sendok teh bubuk kakao mentah, sejumput kayu manis, dan sedikit Stevia untuk membuat saus cokelat bebas gula yang bisa Anda tuangkan di atas semangkuk buah beri segar.

Karbohidrat Sederhana

ilustrasi roti tawar
©Shutterstock

Taylor Gainor dan Justin Norris, salah satu pendiri Metode LIT menyimpulkan makan roti putih atau kue kering adalah larangan setelah latihan. "Semua lemak itu memperlambat pencernaan, yang akan melakukan kebalikan dari apa yang Anda inginkan setelah berkeringat," jelas mereka.

"Mengkonsumsi gula dalam jumlah tinggi juga akan merugikan jika Anda mencoba menurunkan berat badan karena memperlambat metabolisme Anda."

4 dari 4 halaman

Minuman Olahraga

Minuman ini dipasarkan sebagai pengisian hidrasi sempurna pasca-latihan karena elektrolitnya, jadi di mana buruknya? "Kandungan gula yang tinggi dalam minuman olahraga membuat mereka tidak diperlukan setelah berolahraga karena tubuh Anda tidak membutuhkan glukosa ekstra yang mengalir melalui aliran darah," jelas Annie Lawless, pakar kesehatan/kesehatan dan pendiri Blawnde.com.

"Jika Anda merasa terkuras dan membutuhkan pengganti glukosa, ambillah air kelapa atau smoothie yang sehat. Minuman olahraga yang manis hanya akan menyebabkan gula darah Anda melonjak tajam."

Permen

karet
©articles.mercola.com

Larangan besar setelah berolahraga adalah makan apa pun yang akan menurunkan energi Anda. "Ini berarti Anda harus menghindari gula rafinasi yang ditemukan dalam permen," kata Karena Dawn dan Katrina Hodgson dari Tone It Up.

"Permen tidak memiliki nutrisi penting yang memberi tubuh Anda energi berkelanjutan yang dibutuhkan untuk pulih dan tetap segar menjalani hari Anda. Sebaliknya, yang terbaik adalah membuat smoothie yang mengandung protein setelah latihan.

Ini tidak hanya membuat Anda kenyang, itu juga akan memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk memperbaiki otot dan mengurangi waktu pemulihan."

Minuman Manis

Makanan yang harus dihindari setelah olahraga yang terakhir yaitu minuman manis. Jus harus dihindari bagaimanapun caranya karena mengandung fruktosa yang tinggi. "Minuman ini lambat untuk dicerna," kata Natasha Forrest, pelatih pribadi di gym Crunch.

"Dan itu mengurangi efek pembakaran lemak dari intensitas tinggi atau latihan pembakaran lemak, karena secara negatif mempromosikan penyimpanan lemak."

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami