9 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Bisa Cegah Batu Ginjal

9 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Bisa Cegah Batu Ginjal
JABAR | 11 Maret 2020 12:00 Reporter : Fatimah Rahmawati

Merdeka.com - Air kelapa adalah salah satu minuman yang banyak digemari orang. Selain karena rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa mempunyai kalori yang sangat rendah, juga rendah natrium, dan mengandung kalium yang tinggi daripada minuman olahraga, bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Anda bisa dengan mudah menemukan air kelapa. Banyak penjual di pinggir jalan yang biasanya menjajakan air kelapa, hingga rumah makan dan restoran yang menyajikan air kelapa sebagai salah menu minumannya.

Namun, sebenarnya apa saja sih manfaat air kelapa untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini, dilansir dari berbagai sumber:

1 dari 9 halaman

1. Memiliki Sifat Antioksidan

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber: klikdokter.com 2020 Merdeka.com

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di dalam sel tubuh selama metabolisme. Produksi molekul radikal bebas ini meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera tertentu. Ketika tubuh terlalu banyak terkena radikal bebas, maka hal tersebut dapat meningkatkan risiko tubuh Anda terserang berbagai macam penyakit.

Menurut penelitian, air kelapa mengandung zat antioksidan yang dapat mengurai radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Air kelapa terbukti mampu menurunkan kadar kerusakan hati akibat radikal bebas dan dapat menurunkan tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin dalam darah.

2 dari 9 halaman

2. Mengatasi Diabetes

10 gejala diabetes yang sering diabaikan

Sumber:pixabay.com 2020 Merdeka.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada penderita diabetes.

Air kelapa mampu mengontrol jumlah gula darah untuk jangka panjang. Air kelapa sangat baik untuk diminum oleh penderita diabetes, atau bisa juga disajikan sebagai campuran bahan menu makanan penderita diabetes.

Selain itu, air kelapa juga mengandung magnesium yang baik yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan prediabetes.

3 dari 9 halaman

3. Mengandung Asam Amino

Asam amino penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembangun protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin daripada susu sapi.

Ini adalah sumber utama arginin, asam amino yang membantu tubuh Anda merespons stres (seperti stres yang disebabkan oleh latihan yang sulit). Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4 dari 9 halaman

4. Mengandung Kalsium dan Magnesium

9 manfaat air kelapa untuk kesehatan

Sumber:liputan6.com 2020 Merdeka.com

Kalsium sangat penting untuk lebih dari sekedar tulang dan gigi yang kuat. Kalsium membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Saat Anda berolahraga, otot Anda menarik tulang Anda dan memecahnya sedikit. Saat tubuh Anda pulih, tulang Anda menggunakan kalsium untuk menjadi lebih kuat dan memperbaiki.

Sedangkan, magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Ini juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ. Latihan keras bisa membuat Anda kehabisan magnesium dan rentan terhadap kram, otot gelisah, dan kejang. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengonsumsi air kelapa setelah melakukan latihan fisik.

5 dari 9 halaman

5. Mengandung Sitokinin

Sitokinin adalah hormon yang membantu tumbuhnya tanaman, yang juga terdapat pada air kelapa.

Senyawa ini diyakini memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai seberapa efektif air kelapa sebagai penangkal kanker.

6 dari 9 halaman

6. Menjaga Kesehatan Jantung

14 manfaat daun binahong untuk kesehatan

Sumber:klikdokter.com 2020 Merdeka.com

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi air kelapa mengalami pengurangan kolesterol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

Namun, perlu mengonsumsi air kelapa yang cukup banyak setiap harinya agar bisa merasakan efek untuk kesehatan jantung ini. Air kelapa juga telah diteliti lebih efektif mengurangi kolesterol dibandingkan dengan obat statin.

7 dari 9 halaman

7. Mengurangi Tekanan Darah

10 fungsi vitamin c bagi tubuh

Sumber:liputan6.com 2020 Merdeka.com

Air kelapa bagus untuk mengendalikan tekanan darah. Hal ini karena air kelapa mengandung 600 mg potasium dalam 8 ons (240 ml) yang telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

Terlebih lagi, sebuah penelitian menemukan bahwa air kelapa memiliki aktivitas anti-trombotik, yang berarti dapat mencegah pembentukan gumpalan darah. Hal ini juga dapat mengurangi risiko stroke.

8 dari 9 halaman

8. Sumber Elektrolit

14 manfaat daun binahong untuk kesehatan

Sumber:klikdokter.com 2020 Merdeka.com

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Yang termasuk elektrolit adalah kalium, magnesium, natrium dan kalsium.

Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan sama dengan minuman olahraga elektrolit tinggi. Air kelapa juga dapat mengurangi rasa mual dan ketidaknyamanan lambung akibat berolahraga.

9 dari 9 halaman

9. Mencegah Batu Ginjal

9 manfaat air kelapa untuk kesehatan

Sumber: veryownhealth.com 2020 Merdeka.com

Minum banyak cairan sangat penting bagi kesehatan ginjal. Meskipun air biasa adalah pilihan yang baik, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa menjadi pilihan lebih baik untuk merawat kesehatan ginjal.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin Anda. Air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

(mdk/far)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5