9 Manfaat Collagen bagi Tubuh, Bantu Rawat Kulit hingga Redakan Nyeri Sendi

9 Manfaat Collagen bagi Tubuh, Bantu Rawat Kulit hingga Redakan Nyeri Sendi
JABAR | 25 November 2020 15:01 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kolagen. Nama tersebut sering disebut dalam produk dan perawatan kulit. Kolagen memang sudah banyak dikenal karena kemampuannya yang dapat melembapkan kulit, meminimalkan garis halus, mengurangi munculnya stretch mark, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kolagen sebenarnya juga tersedia di dalam tubuh, dan menjadi protein paling melimpah di dalam tubuh Anda. Kolagen merupakan komponen penting dari jaringan ikat yang memberikan dukungan struktural dan fungsional untuk tulang, kulit, otot, tendon, dan organ.

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen mulai menurun secara perlahan. Proses alami ini dapat mengakibatkan sejumlah masalah jika Anda tidak mengisi kembali nutrisi tersebut.

Apalagi tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan aplikasi kolagen topikal. Hal ini kemungkinan karena asam amino dalam yang ada pada kolagen terlalu besar untuk bisa menembus sel kulit.

Namun untuk menggantinya, Anda bisa mengonsumsi kolagen dalam bentuk suplemen atau bubuk. Suplemen kolagen ini bisa memberikan segudang manfaat, yang tentunya memberikan berdampak positif bagi kesehatan.

Manfaat collagen memang sangat baik bagi tubuh. Dilansir dari perfectketo.com, berikut beberapa manfaat collagen bagi tubuh.

Baca Selanjutnya: Mendukung Fungsi Otak...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami