9 Manfaat Daging Kelinci bagi Tubuh, Baik untuk Tulang dan Metabolisme

9 Manfaat Daging Kelinci bagi Tubuh, Baik untuk Tulang dan Metabolisme
Ilustrasi kelinci. ©Shuttersstock.com/Volodymyr Burdiak
JABAR | 23 Februari 2021 19:18 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Kelinci merupakan hewan yang sering dijadikan sebagai peliharaan. Dan jarang kita melihat hewan menggemaskan ini berada di atas meja makan untuk siap disantap. Padahal, daging kelinci memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Tapi tenang, daging kelinci yang biasanya disajikan untuk konsumsi bukan berasal dari kelinci hias, melainkan jenis pedaging. Daging kelinci ini dikatakan mirip dengan ayam yang tidak berlemak.

Pola makan dan gaya hidup dari kelinci berkontribusi pada rendahnya kadar lemak yang ada pada tubuh mereka. Tidak seperti sapi yang bergerak lambat dan tidak banyak bergerak, kelinci lebih sering bergerak dan gerakannya pun cepat. Hewan ini juga makan makanan berserat seperti akar dan biji-bijian.

Selain memiliki kadar lemak yang sangat rendah, kelinci memiliki kandungan 96 kalori, 18 gram protein, dan tanpa karbohidrat dalam setiap 3 onsnya. Hal ini tentu membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk pelaku diet.

Dikutip dari medium.com, berikut adalah beberapa manfaat daging kelinci untuk kesehatan tubuh.

2 dari 4 halaman

Persentase protein tinggi

004 tantri setyorini
©Pexels

Manfaat daging kelinci yang pertama adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Daging kelinci memiliki persentase protein tertinggi di antara semua daging lain yang tersedia. Hanya dalam 33 gram daging kelinci, sudah menyediakan sekitar 66% protein yang dapat dicerna.

Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat daging kelinci yang kedua yaitu untuk memperkuat tulang dan gigi. Daging kelinci mengandung kalsium dan fosfor dalam jumlah yang tinggi jika dibandingkan dengan daging lainnya.

Kita tahu bahwa kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat, dan dengan daging kelinci, tulang dan gigi Anda akan mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang tinggi.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daging kelinci yang ketiga yaitu untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam 100 gram kelinci, hanya ada 3,5 gram lemak, dan ini adalah jumlah terendah jika dibandingkan dengan semua daging yang tersedia.

Dengan menjalankan program diet rendah lemak, dapat membantu mengurangi berat badan dan kadar kolesterol.

3 dari 4 halaman

Baik untuk ibu hamil dan anak-anak

hamil©www.msra.org.au

Manfaat daging kelinci yang keempat yaitu efeknya yang baik bagi ibu hamil dan anak-anak. Daging kelinci penuh dengan nutrisi, seperti serat dan protein, serta mudah dikunyah dan rasanya pun juga sempurna.

Itulah kenapa, daging kelinci sangat baik bagi ibu hamil dan anak-anak. Bahkan disarankan agar anak-anak diberi daging kelinci pada pemberian makan pertamanya, untuk memastikan awal yang sehat bagi kehidupan mereka.

Baik untuk metabolisme tubuh

Manfaat daging kelinci yang kelima yaitu baik untuk metabolisme tubuh. Daging kelinci sangat penting untuk metabolisme karena banyak nutrisi dan kelembutannya. Ya, daging hewan ini memang lembut dan empuk, serta memiliki rasio daging terhadap tulang yang tinggi. Artinya ada lebih banyak daging yang bisa dimakan daripada yang ada pada daging ayam.

Memperkuat sistem kekebalan

Manfaat daging kelinci yang selanjutnya yaitu dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Daging kelinci dapat meningkatkan sistem kekebalan karena memiliki tingkat magnesium yang tinggi.

Ketika ada banyak ancaman terhadap tubuh kita, sistem kekebalan yang diperkuat sangat penting. Magnesium digunakan di lebih dari 300 bahan reaksi kimia di tubuh, ini menunjukkan bahwa pentingnya daging kelinci sebagai sumber magnesium.

4 dari 4 halaman

Manfaat seksual

018 siti rutmawati©www.thehealthsite.com

Daging kelinci juga bisa memberikan manfaat seksual. Daging kelinci memiliki kadar seng yang tinggi, di mana seng sangat penting untuk perkembangan organ seks pria dan menghasilkan hormon seks. Kekurangan seng pada pria dapat mengurangi jumlah sperma.

Mengurangi resiko kanker

Daging kelinci juga mengandung selenium. Orang dengan tingkat selenium yang lebih tinggi dalam tubuh mereka memiliki risiko kecil terhadap berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, prostat, dan paru-paru. Selenium dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menghancurkan sel kanker.

Baik untuk jantung

Manfaat daging kelinci yang terakhir yaitu efeknya yang baik untuk jantung. Kalium sangat penting bagi jantung karena dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang akan membantu dalam detak jantung.

Daging kelinci juga sangat kaya akan kalium, yang dibutuhkan untuk mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Jumlah natrium yang rendah sangat penting untuk jantung kita.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini