9 Manfaat Madu Asli untuk Wajah, Bantu Lembapkan Kulit dan Atasi Jerawat

9 Manfaat Madu Asli untuk Wajah, Bantu Lembapkan Kulit dan Atasi Jerawat
Ilustrasi madu untuk kecantikan. © Boldsky
JABAR | 17 November 2021 15:20 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Ada segudang manfaat madu asli untuk wajah yang bisa Anda rasakan apabila menggunakannya secara rutin. Madu lebih dari sekadar pemanis. Cairan kental ini juga memiliki manfaat kesehatan yang baik, termasuk untuk kesehatan kulit wajah.

Selain dijadikan makanan untuk dikonsumsi, madu juga populer di industri perawatan kulit dan kecantikan. Dalam bentuk alaminya, madu diproduksi dari aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang bersatu untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Proses unik inilah yang membuat madu jadi bernilai dalam penggunaan kosmetik. Manfaat madu asli untuk wajah berperan sebagai solusi jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki potensi paling besar untuk aplikasi topikal pada kulit. Madu mentah dikemas dengan komponen yang bermanfaat untuk kulit. Manfaat madu asli untuk wajahmembantu menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda, sehingga menjadikannya produk yang bagus untuk mengatasi jerawat.

Berikut ini, dilansir dari daburhoney.com, kami akan menyampaikan beberapa manfaat madu asli untuk wajah yang dapat membantu Anda mendapatkan tampilan wajah terbaik.

2 dari 4 halaman

Melembapkan Kulit

007 siti rutmawati
www.silverframehoney.co.uk

Manfaat madu asli untuk wajah yang pertama adalah untuk bantu lembapkan kulit. Alasan mengapa madu sering ditemukan sebagai bahan dasar untuk hampir setiap produk kecantikan adalah karena madu dapat melembapkan kulit dari dalam. Enzim yang ada dalam Madu memungkinkannya dengan mudah meresap ke dalam kulit sambil mengkondisikannya dan melembutkannya dari dalam.

Untuk menggunakan madu sebagai masker pelembap cukup mudah, yaitu dengan menggunakan satu sendok madu pada kulit yang bersih dan kering, dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Ini akan berfungsi sebagai masker pelembap yang sempurna.

Menghidrasi Kulit

Manfaat madu asli untuk wajah yang kedua yaitu untuk membantu menghidrasi kulit. Madu adalah humecant alami, yang berarti ia dapat menarik kelembapan ke dalam kulit dari udara. Oleh karena itu, pengaplikasian madu pada wajah, baik secara langsung maupun dalam bentuk paket wajah madu yang dibuat secara alami, adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, segar, dan kenyal setiap saat.

Pembersih Pori

Manfaat madu asli untuk wajah yang ketiga yakni untuk membersihkan pori-pori. Sangat sedikit madu yang bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Karena madu mengandung sifat antioksidan, antiseptik, dan antibakteri, madu dinilai dapat membantu membersihkan kulit dari komedo dengan menghilangkan kotoran dari pori-pori. Madu juga dapat menghidrasi dan mengencangkan pori-pori untuk kulit yang bersih.

Untuk menggunakan madu sebagai pembersih pori, Anda bisa mencampurkan satu sendok madu mentah dengan dua sendok minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan ke kulit yang bersih dan kering, dan pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar, dengan menghindari area mata. Lalu bilas dengan air dingin.

3 dari 4 halaman

Sebagai Eksfoliator Lembut

Manfaat madu asli untuk wajah yang keempat adalah sebagai eksofoliator yang baik. Eksofoliator buatan sering menyebabkan kulit menjadi merah dan dapat menyebabkan iritasi. Untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut mulailah beralih ke madu sebagai exfoliator Anda. Madu membantu pengelupasan kulit wajah & kulit dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini pada akhirnya akan membuat wajah Anda tampak lebih cerah.

Untuk menggunakan madu sebagai eksfoliator Anda bisa mencampurkan dua sendok madu dengan satu sendok baking soda. Percikkan kulit Anda dengan air, lalu gosok perlahan ramuan tersebut pada wajah atau tubuh Anda dengan gerakan memutar. Terakhir, bilas sampai bersih.

Membantu Mengurangi Keriput

ilustrasi keriputShutterstock/Piotr Marcinski

Manfaat madu asli untuk wajah yang kelima yaitu untuk membantu mengurangi keriput. Anda dapat menggunakan madu sebagai obat rumahan untuk mengurangi kerutan atau keriput dengan mencampur madu dan susu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampur madu dengan susu atau dadih untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Simpan pasta ini di wajah Anda selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Meringankan Bekas Luka

Madu adalah pelembap alami sekaligus antiseptik alami. Ini tidak hanya membuat kulit Anda menjadi lembut dan sehat, tetapi juga memastikan lebih sedikit bekas luka yang tertinggal. Ini karena madu dapat meminimalkan peradangan dan membantu menyembuhkan kulit lebih cepat. Selain itu, anti-oksidan yang ada dalam madu membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Untuk meringankan bekas luka dengan madu Anda bisa mencampurkan satu sendok madu mentah dengan satu sendok minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan ke area yang terkena, dan pijat dengan ujung jari Anda dengan gerakan melingkar selama satu hingga dua menit. Letakkan kain lap panas di atas kulit, dan diamkan sampai dingin. Ulangi setiap hari.

4 dari 4 halaman

Mengatasi Kulit Terbakar

Madu dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengobati luka bakar. Madu meningkatkan penyembuhan dengan mengurangi peradangan dan memberikan nutrisi ke jaringan yang rusak. Inilah yang membuat madu menjadi obat yang luar biasa untuk kulit terbakar.

Untuk menggunakan madu pada kulit yang terbakar sinar matahari, Anda bisa mencampurkan satu bagian madu mentah dengan dua bagian gel lidah buaya murni. Oleskan dengan lembut ke kulit yang terbakar sinar matahari.

Menambahkan Cahaya Alami

Di antara banyak manfaat madu, menggunakannya untuk menambahkan sentuhan cahaya alami pada wajah merupakan manfaat madu yang banyak dicari. Entah Anda mengoleskannya langsung ke wajah atau mencampurnya dengan susu atau yoghurt, hasilnya Anda akan memiliki kulit yang sangat bercahaya.

Mengatasi Jerawat

ilustrasi jerawat©Shutterstock

Manfaat madu asli untuk wajah yang terakhir adalah untuk mengatasi jerawat. Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu tidak hanya dalam menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit, tetapi juga membersihkan penyumbatan atau pori-pori yang tersumbat, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan konstan pada jerawat.

Untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan madu, Anda bisa mengoleskan madu mentah pada jerawat, atau di daerah yang rentan terkena jerawat. Biarkan selama 15 – 20 menit dan bilas dengan air.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami