Analogikan Istri dengan Mobil, Pernyataan Kiwil Ini Banjir Kritikan

Analogikan Istri dengan Mobil, Pernyataan Kiwil Ini Banjir Kritikan
Analogikan Istri dengan Mobil, Pernyataan Kiwil Banjir Kritikan. YouTube/TransTVOfficial ©2021 Merdeka.com
JABAR | 16 Oktober 2021 14:04 Reporter : Andriana Faliha

Merdeka.com - Nama komedian Wildan Delta atau yang lebih dikenal dengan Kiwil kembali ramai diperbincangkan. Bahkan, sejak Jumat (15/10) malam, namanya berada di jajaran trending di Twitter. Hal itu bermula dari ucapan kontroversi Kiwil saat diundang di salah satu acara TV yang dipandu oleh Feni Rose yang tersebar luas di media sosial.

Dalam video viral yang juga ditayangkan dalam kanal YouTube Trans TV baru-baru ini, terlihat Kiwil mengaku secara gamblang di hadapan Feni Rose bahwa ia tidak bisa hanya memiliki satu istri. Aktor berusia 49 tahun ini bahkan merasa sukses melakukan poligami meskipun pada akhirnya diceraikan.

"Sebenarnya nggak ada yang berat buat gua. Gua kan nggak pernah menceraikan istri gua. Mereka yang menceraikan gua. Merekanya yang tidak berhasil, guenya berhasil. Kalau mereka mau bertahan, terima. Susah senang, hidup bagaimana ya terima. Kan mereka punya laki bertanggung jawab. Tapi kita sendiri nggak mau menerima itu," ujar Kiwil, dikutip dari kanal YouTube TransTVOfficial pada (16/10).

Sebagaimana diketahui, Kiwil tercatat sudah empat kali menikah. Pertama, pernikahan terjadi dengan Rochimah pada 1998. Ia kemudian menikahi pedangdut Meggy Wulandari, 2003 dan bercerai 2012. Tapi setahun kemudian, Kiwil dan Meggy Wulandari menikah lagi. Hanya saja pernikahan itu akhirnya kandas Agustus 2020.

Tak lama setelah bercerai dengan Meggy, Kiwil dikabarkan menikah untuk ketiga kalinya dengan Venti Figianti. Masih di tahun yang sama, ia juga dikabarkan menikah dengan Eva Bellissima. Pada tahun 2021, pernikahan pertamanya dengan Rochimah dan pernikahan ke-4nya dengan Eva Bellissima dikabarkan resmi bercerai.

Selain merasa sukses melakukan poligami, alasan dirinya tak bisa hanya memiliki satu orang istri pun terungkap dalam kesempatan tersebut. Menganalogikan istri dengan sebuah benda, yakni mobil, pernyataan yang dilontarkan Kiwil semakin membuat warganet geram. Tak sedikit dari mereka yang mengkritik bahkan mencibir pernyataan Kiwil soal poligami dan analoginya itu.

Berikut selengkapnya,

2 dari 3 halaman

Analogikan Istri dengan Mobil

Kiwil menjelaskan alasan mengapa dirinya tak bisa memiliki satu orang istri saja tersebut diketahui setelah Feni Rose tampak mulai gregetan dengan prinsipnya.

"Kenapa mas Kiwil tidak bisa menerima istri satu? Kenapa harus ada satu lagi?" tanya Feni Rose.

"Sekarang gini, oke. Bicara soal istri, boleh gak gua ngomong alibi yang lain. Mau nggak istri dikasih mobil satu? Nggak mungkin. Karena banyak temen-temen gue yang begitu, ah buls**t ah. Besok gua pengen usaha ini, ganti ini. Besok mobil ini, ganti ini. Kan harus punya pilihan. Gua nggak pernah nolak apa yang dikasih. Gua bukan nyari nih," jelasnya.

Kiwil pun kemudian mengungkap bahwa alasannya poligami lantaran apa yang dia inginkan atau harapkan dari sosok istri belum dia dapatkan. 

"Memang enggak ada, yang gua harapkan dari sini enggak ada, dari sini enggak ada, gua sudah punya mobil ini, mobil ini, tapi yang gua harapin enggak ada," jawabnya

Feni Rose lalu penasaran, sebenarnya apa yang dicari Kiwil dari seorang istri. Menanggapi pertanyaan tersebut, Kiwil mengaku ia ingin mencari istri yang taat.

"Yang gua cari satu, ketaatan sama suami. Jadi gua bilang sama istri, ini konsep dasar dari dulu. Lo mau ngapain aja, yang penting lo taat aja. Sama ke keduanya gitu. Tapi hasilnya, apa yang gue dapetin. Karena kan dari dulu kan gue pekerja keras, hargain itu. Gila lo, gue dari pertama pernikahan gue nggak ngapa-ngapain," pungkasnya.

analogikan istri dengan mobil pernyataan kiwil banjir kritikan
YouTube/TransTVOfficial ©2021 Merdeka.com
3 dari 3 halaman

Banjir Kritikan

Sontak potongan video pernyataan Kiwil tersebut ramai diperbincangkan warganet. Mereka ramai-ramai mengkritik pernyataan Kiwil hingga menjadi Trending Topic Indonesia.  Bahkan tak sedikit pula publik figur yang turut menyampaikan ketidaksetujuan mereka dengan argument yang dilontarkan sang komedian. 

"'Perempuan itu ibarat mobil bla bla bla.' Bayar pajak ga bisa, bensin kering mulu, servis ga pernah, terus kalau udah rusak jadi alesan buat beli mobil baru gitu? Laki ngibaratin perempuan sebagai barang aja udah aneh. Lau orba?", tulis komedian Uus.

"Sumpah logical fallacy banget an*** gue kok gemes ya pengen ngep*** palanya. Pak Kiwil kalo lo liat komen ini beserta rep lainnya. Tolong yang salah itu cara berfikir anda yang menyamakan manusia dengan objek mati. Perempuan bukan mobil. Kao gitu lo juga benda mati Pak" kata salah satu netizen.

"Kalo pola pikir dia udah seperti itu sih,, berarti sampe kapanpun dia gak bakal bisa cukup hanya dengan satu istri.. Intinya,, poligami yang dia lakukan itu bukan semata-mata untuk IBADAH dan mengangkat derajat perempuan yang dia nikahi,, tapi lebih kepada AMBISI dan menuruti syahwat doang..," timpal netizen lainnya.

analogikan istri dengan mobil pernyataan kiwil banjir kritikan
YouTube/TransTVOfficial ©2021 Merdeka.com
(mdk/anf)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami