Apa Makna Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia? Ini Penjelasannya

Apa Makna Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia? Ini Penjelasannya
Perajin Patung Garuda Pancasila. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JABAR | 14 Agustus 2022 18:30 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia? Sebagai masyarakat Indonesia, tentu kita harus mengetahui apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia.

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya, wawasan nasional ini menjadi pandangan atau visi untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasionalnya.

Jadi, dengan mempelajari apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia, diharapkan akan tumbuh jiwa nasionalisme pada setiap masyarakat negara Indonesia. Apalagi dengan keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia, membuat wawasan nusantara menjadi penting untuk memahami berbagai macam perbedaan tersebut.

Dalam artikel berikut ini, kami akan jelaskan lebih lanjut tentang apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia beserta definisi dan fungsinya.

2 dari 5 halaman

Definisi Wawasan Nusantara

Kita sebagai rakyat Indonesia, sudah seharusnya mengetahui apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia. Namun, sebelumnya, kita juga harus tahu apa definisi dari wawasan nusantara itu.

Secara etimologis, wawasan nusantara berasal dari bahasa Jawa, yaitu Wawas, Nusa, dan Antara. Wawas berarti pandangan atau tinjauan, Nusa berarti pulau atau kesatuan kepulauan, dan Antara berarti dua benua dan dua samudera.

gubernur ansar serahkan 2000 bendera merah putih di karimun
©2022 Merdeka.com

Kemudian menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, menyebutkan bahwa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 juga dijelaskan tentang wawasan nusantara, yang berbunyi:

"Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional."

3 dari 5 halaman

Apa Makna Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia

Dikutip dari bola.com, penjelasan dari apa makna wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia dibagi menjadi empat makna, yaitu:

1. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, di mana wawasan nusantara mengandung makna:

  • Kebulatan wilayah nasional beserta kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bersama rakyat Indonesia.
  • Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku dan berbicara agama dan kepercayaan terhadap Tuhan, harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya.
  • Secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu rasa senasib sepenanggungan, sebangsa setanah air dan punya satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.
  • Pancasila sebagai satu-satunya falsafah, ideologi negara yang senantiasa membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuannya.

2. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi, di mana wawasan nusantara mengandung makna:

  • Kekayaan nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bangsa Indonesia, yang harus dikelola untuk keperluan sehari-hari dan merata di semua wilayah.
  • Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.
  • Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggrakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditunjukkan bagi kemakmuran semua rakyat.

3. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya, di mana wawasan nusantara mengandung makna:

  • Masyarakat Indonesia sebagai satu perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa.
  • Budaya Indonesia pada dasarnya adalah satu kesatuan dalam keberagaman. Inilah yang menjadi modal dasar pembangunan dan sekaligus jati diri bangsa.

4. Wawasan nusantara mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan dan keamanan, di mana wawasan nusantara mengandung makna:

  • Segala ancaman terhadap satu pulau atau daerah pada dasarnya adalah ancaman bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan.
  • Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela negara dan bangsa.
4 dari 5 halaman

Fungsi Wawasan Nusantara

Jika kita mengacu pada penjelasan defini dari wawasan nusantara, maka fungsi utama dari wawasan nusantara adalah sebagai panduan, pedoman, acuan bagi bangsa Indonesia dalam bernegara.

Ada empat kategori dari fungsi wawasan nusantara ini, yaitu:

  • Sebagai Wawasan Pembangunan. Ada beberapa unsur di dalamnya, seperti sosial politik, kesatuan politik, pertahanan serta keamanan negara, ekonomi, dan sosial ekonomi.
  • Sebagai Konsep Ketahanan Nasional. Yaitu sebagai konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting di dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, serta pertahanan keamanan nasional.
  • Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan. Maksudnya, fungsi sebagai pertahanan serta keamanan nasional yaitu mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan tersebut mencakup tanah air serta segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Sebagai Wawasan Kewilayahan. Terakhir, sebagai wawasan kewilayahan Indonesia, termasuk di dalamnya pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar dapat terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain.
5 dari 5 halaman

Asas Wawasan Nusantara

bendera indonesia
fimela.com

Ada 6 asas wawasan nusantara yang perlu dipahami, yaitu:

  • Tujuan dan Kepentingan yang Sama. Masyarakat Indonesia hendaknya mempunyai tujuan serta kepentingan yang sama.
  • Keadilan. Seluruh elemen masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan keadilan dalam segala macam aspek kehidupan bernegara, baik keadilan secara hukum, ekonomi, politik, serta sosial.
  • Kejujuran. Kejujuran dalam berpikir serta bertindak menjadi sebuah asas wawasan nusantara yang sangat penting.
  • Solidaritas. Adanya sikap solidaritas menjadi sebuah bentuk kepedulian terhadap orang lain, mau untuk berbagi serta berkorban demi kepentingan yang lebih baik dan besar.
  • Kerja Sama. Dengan adanya kesadaran akan tujuan serta kepentingan yang sama, maka dapat menimbulkan kerjasama serta koordinasi antar elemen masyarakat.
  • Kesetiaan. Kesetiaan ini bisa diwujudkan dengan melaksanakan segala macam kegiatan sesuai aturan dengan tujuan tujuan demi kemajuan bangsa dan negara.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini