Aplikasi untuk Olahraga Terbaik di Android, Bantu Jaga Tubuh Tetap Bugar

Aplikasi untuk Olahraga Terbaik di Android, Bantu Jaga Tubuh Tetap Bugar
ilustrasi olahraga. healthline.com
JABAR | 12 Oktober 2021 08:30 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Olahraga adalah bagian penting dari kesehatan seseorang. Dengan olahraga, akan membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik, menjaga berat badan ideal, dan membuat otot lebih kuat dan mampu bekerja lebih lama.

Untuk membantu Anda semakin bersemangat dalam berolahraga, Anda bisa meng-install aplikasi khusus untuk mencatat aktivitas latihan di ponsel android. Apalagi jika Anda berolahraga sendiri tanpa seorang pelatih, maka aplikasi ini akan membantu dalam perkembangan latihan.

Terdapat dua jenis aplikasi untuk olahraga, yang pertama adalah yang melacak latihan Anda sehingga Anda dapat melihat kemajuan dalam latihan. Sedangkan yang lain memberikan ide latihan dan rejimen latihan yang bisa Anda ikuti.

Aplikasi untuk olahraga di android ini dapat ditemukan di Play Store dan bisa diunduh secara gratis. Berikut adalah daftar aplikasi untuk olahraga terbaik yang tersedia untuk ponsel android, menurut androidauthority.com.

2 dari 4 halaman

Strava

aplikasi untuk olahraga terbaik di android
play.google.com

Aplikasi untuk olahraga terbaik di android yang pertama adalah Strava. Strava adalah aplikasi kebugaran yang sangat populer dan serbaguna bagi pelari dan pesepeda. Aplikasi ini akan merekam dan mencatat aktivitas lari dan perjalanan sepeda Anda. Anda dapat mengunjunginya kembali dengan statistik dan metrik tambahan.

Aplikasi ini juga mengawasi data waktu nyata selama aktivitas, termasuk jarak yang ditempuh, perkiraan kalori yang terbakar, dan banyak lagi. Kerennya lagi, aplikasi ini juga memiliki fitus layaknya media sosial yang memungkinkan kita berbagi aktivitas latihan kepada teman.

8Fit Workouts dan Meal Planner

Aplikasi untuk olahraga terbaik di android yang kedua yaitu 8Fit. 8Fit adalah aplikasi dengan pendekatan komprehensif untuk kebugaran. Aplikasi ini mengemas rutinitas latihan singkat bagi mereka yang ingin berkeringat saat istirahat dan beberapa resep untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Ini juga memandu Anda ketika latihan, sehingga Anda tahu berapa banyak push-up atau lompatan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu.

MyFitnessPal

Aplikasi untuk olahraga terbaik di android yang ketiga yakni MyFitnessPal. MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi kebugaran paling populer di ponsel. Aplikasi ini mendukung hal-hal seperti diet, makanan, dan makro jika Anda menyukai hal itu.

Aplikasi ini juga membantu melacak latihan apapun, menghubungkan ke lusinan perangkat dan aplikasi lain, mencatat dan melacak kemajuan Anda, dan bahkan memiliki hal-hal kecil seperti pengatur waktu latihan dan pelacakan langkah.

3 dari 4 halaman

MapMyFitness

Aplikasi untuk olahraga terbaik di android yang keempat adalah MapMyFitness. MapMyFitness mengemas banyak latihan untuk pemula dan individu yang berpengalaman. Pengguna dapat memilih dari program yang dirancang oleh spesialis Under Armour yang menargetkan kelompok otot tertentu. Aplikasi ini juga dapat mengembangkan rencana pelatihan yang selaras dengan tujuan dan tingkat kebugaran Anda.

aplikasi untuk olahraga terbaik di android
play.google.com

Seven

Aplikasi untuk olahraga terbaik di android yang kelima yaitu Seven. Seven adalah aplikasi luar biasa untuk mengasah kebugaran Anda, terutama jika Anda kekurangan waktu. Aplikasi ini berpusat pada konsep latihan tujuh menit dan mengambil pendekatan ringan dan gamifikasi untuk ini. Aplikasi ini juga menampilkan beberapa fitur sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi kemajuan atau mengumpulkan motivasi.

aplikasi untuk olahraga terbaik di android
play.google.com

JEFIT

JEFIT adalah aplikasi pelatih dan pelacak olahraga. Aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk sebagian besar rutinitas kebugaran, meski lebih condong ke binaraga. Yang satu ini memiliki dukungan lintas platform antara ponsel Anda dan web. Anda juga mendapatkan berbagai alat seperti pengatur waktu istirahat, pengatur waktu interval, log pengukuran tubuh, dan perencana jadwal latihan. Plus, Anda mendapatkan akses ke database JEFIT lebih dari 1.300 latihan.

4 dari 4 halaman

Shred

aplikasi untuk olahraga terbaik di android
play.google.com

Shred menganggap kebugaran sedikit lebih serius. Aplikasi ini mengemas beberapa rutinitas pelatihan gym bagi mereka yang ingin membangun massa atau meningkatkan kardio. Aplikasi ini mengemas beberapa rutinitas latihan di rumah, seperti dumbel, kettlebell, dan peralatan lainnya. Secara keseluruhan, Shred lebih cocok untuk mereka yang ingin mendorong diri mereka sedikit lebih jauh. Aplikasi ini juga membantu memantau kemajuan selama seminggu dan sebulan terakhir. Jika Anda benar-benar bingung, aplikasi ini juga akan merekomendasikan berbagai rutinitas yang bisa dilakukan.

Nike Run Club

Aplikasi untuk olahraga terbaik di android yang terakhir yakni Nike Run Club. Nike Run Club adalah aplikasi bagi pelari yang luar biasa. Aplikasi ini melakukan semua hal dasar. Anda dapat melacak aktivitas lari Anda dan menjalankan statistik serta menyesuaikan rutinitas. Ini juga mencakup latihan, pencapaian, dan papan peringkat yang dipandu audio untuk melacak pencapaian dan semacamnya. Aplikasi ini juga sepenuhnya gratis, sehingga membuatnya unggul di atas sebagian besar pesaingnya.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami