Arti Kata Move On dalam Percintaan, Begini Tips Melakukannya

Arti Kata Move On dalam Percintaan, Begini Tips Melakukannya
Ilustrasi move on. ©2017 Merdeka.com/Pexels
JABAR | 23 September 2021 06:04 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Apa arti kata move on dalam percintaan? Dalam bahasa Inggris, kata move on memiliki arti pindah. Namun, arti kata move on dalam percintaan memiliki makna yang berbeda.

Hubungan yang kandas meninggalkan serangkaian emosi yang bercampur aduk, kenangan yang menyakitkan, dan rasa sesak. Ini adalah beban yang sering dibawa ketika seseorang dipaksa berhenti untuk menjalin hubungan bersama sang kekasih.

Jika Anda pernah mengakhiri suatu hubungan, Anda akan tahu bahwa terdapat respons tertentu terhadap peristiwa tersebut. Seperti ada aturan tak tertulis, bahwa Anda harus berpikir untuk move on ketika putus dengan seseorang.

Dari situ, banyak orang akhirnya mengasumsikan arti kata move on dalam percintaan seperti pindah ke lain hati, atau membuka hati untuk menerima orang lain setelah putus.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan lebih lanjut apa arti move on dalam percintaan dan bagaimana cara melakukannya secara efektif.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Move On dalam Percintaan

Dilansir dari marriage.com, jadi pada dasarnya, arti kata move on dalam percintaan adalah menjalani rutinitas hidup normal dengan cara yang sehat.

Tetapi, bagi sebagian besar dari kita, kehidupan setelah putus cinta adalah momen yang menyebalkan. Kita meratapi kenangan dan secara tidak sengaja menarik diri dari semua hal baik lain yang ada dalam hidup.

Terkadang, orang melakukan aktivitas sehari-hari dan mengaku sudah move on, padahal kenyataannya mereka hanya berpura-pura baik-baik saja setelah peristiwa tersebut. Hal ini sering menyebabkan tingkat stres mental yang tinggi dan membuat kondisi tubuh jadi tidak sehat.

Namun, ada juga orang yang merasa dirinya sudah move on tapi mengalami kegagalan. Hal ini mungkin terjadi karena banyak orang menganggap arti kata move on dalam percintaan memiliki makna yang sama dengan melupakan.

Padahal, arti kata move on dalam percintaan memiliki makna yang lebih positif, yaitu dengan berbaikan dengan semua kenangan dan masa lalu. Ambil pelajaran dari apa yang telah Anda lalui, sehingga Anda tidak memiliki penyesalan dan rasa sakit ketika mengingat setiap momennya.

3 dari 4 halaman

Tips Move On

Berikut adalah beberapa langkah yang akan membantu Anda move on setelah putus cinta, atau move on dari hubungan yang buruk (belum tentu romantis). Tips ini juga akan membantu Anda lebih memahami apa yang sedang terjadi dalam suatu hubungan dalam arti harfiah.

Hubungi teman lama

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood Anda adalah dengan bertemu dengan teman-teman lama. Ini akan menyegarkan kembali kepala dan perasaan Anda. Teman lama punya cara tersendiri untuk membuat Anda tersenyum, yang pada kenyataannya adalah definisi dari 'move on' terbaik.

Dan ketika Anda sedang dalam proses move on dari suatu hubungan dan mencoba melupakan sesuatu untuk sementara waktu, teman masa kecil Anda bisa sangat membantu.

Mencari teman baru

Kenali lebih banyak orang. Jangan mencoba untuk membatasi diri Anda ke dalam kotak emosi dan perasaan tertekan. Saat move on dari suatu hubungan, cobalah bersosialisasi dengan orang-orang di tempat kerja atau di lingkungan Anda. Anda bahkan bisa mendapatkan teman baru di media sosial, tentunya dengan memperhatikan keselamatan Anda terlebih dahulu.

Anda tidak pernah tahu siapa yang memiliki minat yang sama dengan Anda kecuali Anda berusaha untuk mengenal mereka. Dan, jika Anda belum siap untuk mendapatkan pertemuan romantis dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mencari teman baru yang dapat Anda hubungi untuk tertawa terbahak-bahak, melakukan hobi bersama, dan berbagi emosi.

Gunakan bantuan profesional

Jika Anda merasa tidak nyaman mendiskusikan masalah Anda dengan teman atau keluarga, Anda dapat mencari bantuan profesional. Bicaralah dengan seorang profesional yang dapat memandu Anda tentang berbagai hal, termasuk cara move on. Sama sekali tidak ada salahnya mencari bantuan dan seseorang tidak perlu merasa malu untuk melakukannya.

Konseling dapat membantu mengungkap secara sistematis masalah mendasar Anda yang tidak Anda sadari. Seorang terapis atau konselor dapat membantu Anda mengatasi emosi beracun Anda dan membekali Anda agar dapat mengatasinya secara efektif, bahkan di masa depan.

4 dari 4 halaman

Menangislah

Setiap orang memiliki mekanisme koping mereka sendiri saat pindah dari suatu hubungan. Jika Anda baru saja mengalami perpisahan yang buruk, Anda dapat berduka dengan cara apa pun yang Anda suka. Jangan pedulikan siapa pun.

Termasuk menangis, jika itu membantu Anda melampiaskannya, lakukan saja. Tapi, pastikan Anda tidak tenggelam dalam kesedihan yang dalam. Jika Anda menangis selama beberapa waktu, segera cari bantuan, bisa dengan menghubungi teman atau keluarga. Lakukan segala upaya untuk keluar dari kondisi melankolis ini.

Lakukan banyak hal yang membuat kita bahagia

Jika Anda punya waktu luang, cobalah mencari sesuatu yang membuat Anda sibuk. Temukan hobi baru dan habiskan lebih banyak waktu untuk melakukannya daripada duduk diam dan merajuk. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Ini akan membantu mengalihkan perhatian Anda dan akan memudahkan Anda untuk move on.

Anda bahkan dapat merencanakan perjalanan sendiri atau perjalanan dengan sahabat ke beberapa lokasi yang menakjubkan atau mencoba jalur alam untuk move on dari suatu hubungan, dan memperbarui kekuatan Anda.

Penerimaan

Anda sudah terlalu lama bersedih. Sudah saatnya Anda berhenti dan melanjutkan hidup. Anda perlu keluar dari hal negatif dan menerima bahwa hubungan yang pernah Anda miliki dengan orang yang dulunya spesial sudah tidak ada lagi.

Pengakuan akan kenyataan pahit ini sangat penting jika Anda ingin melanjutkan hidup Anda. Ketahuilah bahwa hidup tidak berhenti karena seseorang. Jadi, berhentilah berpikir berlebihan dan mulailah bekerja untuk meningkatkan diri Anda.

Pindah dari suatu hubungan jelas lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi, merenungkan masa lalu tentu tidak sepadan dengan apa yang ada di depan Anda. Jadi, luangkan waktu untuk berduka, namun tetap belajar untuk menerima kenyataan secepat mungkin, dan lanjutkan proses move on.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami