Arti Rambu Lalu Lintas yang Wajib Diketahui, Perhatikan dengan Baik

Arti Rambu Lalu Lintas yang Wajib Diketahui, Perhatikan dengan Baik
Rambu lalu lintas. Youtube.com
JABAR | 28 Juni 2020 11:30 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Rambu lalu lintas jalan merupakan salah satu alat pengendali lalu lintas untuk menyampaikan informasi berupa peringatan, larangan perintah, atau petunjuk dengan tujuan untuk menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran, dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Ada tiga bentuk informasi yang masing-masing memiliki arti dan maknanya tersendiri, seperti makna perintah dan larangan yang berarti ada informasi yang harus dipatuhi dan ditaati, ada pula makna peringatan yang merupakan informasi terhadap suatu kondisi di lingkungan lalu lintas seperti suatu kondisi jalan rawan, berbahaya dan lain sebagainya. Sedangkan makna petunjuk merupakan informasi lokasi, tempat, arah, jarak, fasilitas-fasilitas dan lain sebagainya.

Adanya rambu lalu lintas sebenarnya bertujuan agar kamu bisa selalu tertib dan aman dalam berkendara. Pada saat kamu berkendara, selain melengkapi diri dengan berbagai perangkat keselamatan kamu juga harus terus mematuhi tiap arahan dari tanda rambu lalu lintas. Untuk itu, sebelum kamu sah dalam mengendarai kendaraan pastikan kamu sudah melalui sebuah tes yang berfungsi untuk memberikan izin kamu berkendara. Hal ini berguna untuk apakah kamu sudah layak untuk mengendarai sebuah kendaraan atau tidak agar saat berkendara kamu tidak mencelakai dirimu sendiri ataupun mencelakai orang lain.

Agar lebih memahami lalu lintas, berikut ini informasi mengenai arti rambu lalu lintas yang wajib diketahui yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Minggu, (28/6/2020)

Baca Selanjutnya: 1 Rambu Larangan...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami