Bacaan Doa Selamat untuk Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat Beserta Artinya

Bacaan Doa Selamat untuk Memohon Keselamatan Dunia dan Akhirat Beserta Artinya
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/Konevi
JABAR | 20 Januari 2021 15:30 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Sebagai seorang Muslim, sudah seharusnya kita berusaha untuk menjauh dari perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah agar nantinya kita juga selamat dari siksaan api neraka. Namun apa daya, manusia adalah makhluk yang lemah, yang terkadang bisa lupa atau bahkan buta dengan kenikmatan dunia, sehingga dengan mudah terjerumus dalam perbuatan dosa.

Oleh karena itu, keselamatan dari Allah adalah sesuatu yang diharapkan oleh setiap kaum Muslimin. Keselamatan yang kita harapkan tentu tidak sebatas keselamatan di dunia, tapi juga keselamatan untuk di akhirat kelak. Karena tidak ada artinya jika kita selamat di dunia, namun tersiksa di akhirat.

Untuk mendapatkan keselamatan tersebut, kita bisa memanjatkan doa selamat agar selalu diberi keselamatan di dunia, maupun di akhirat.

Ada beberapa doa selamat yang bisa kita panjatkan. Berikut akan kami sampaikan beberapa doa selamat dari brilio.net, sebagai permohonan keselamatan kita kepada Allah SWT, baik di dunia mau pun di akhirat.

2 dari 4 halaman

Doa Selamat

Berikut bacaan doa selamat beserta artinya:

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa 'afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti, allahummaa hawwin 'alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar.

Artinya:

"Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmar di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Kita juga bisa membaca salah satu ayat dari surat Al-Baqarah sebagai doa selamat bagi kita:

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya:

"Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir." (QS. Al-Baqarah : 286).

Kemudian ada doa selamat yang juga sering dipanjatkan, yaitu doa sapu jagad. Berikut bacaan doa selamat beserta artinya:

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaa ban naar.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

3 dari 4 halaman

Doa Selamat Lainnya

Doa memohon keselamatan

Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta dzal jalaali wal ikroom.

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Doa selamat Nabi Luth

Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya'maluun.

Artinya:

"Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan."

Doa agar selamat dari tipu daya orang kafir

Robbanaa laa taj'alnaa fitnatal lil qoumidh dhoolimiin wa najjinaa birohmatika minal qoumil kaafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir."

4 dari 4 halaman

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Setelah adzan dikumandangkan

Setelah Anda membaca doa sesudah azan, berdoalah untuk keselamatan dunia dan akhirat agar selalu dilindungi oleh Allah.

Setelah sholat fardhu

Tidak hanya berdoa untuk meminta apa yang kita inginkan, namun kita juga harus memanjatkan doa selamat agar selalu diberi keselamatan di dunia dan akhirat

Setelah sholat sunnah (lebih baik malam hari)

Sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan salat malam seperti salat tahajud, salat hajat dan salat sunnah lainnya. Setelah mengerjakan salat sunnah, ini juga menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Pada malam Lailatul Qodar

Pada malam Lailatul Qodar, semua umat Muslim berlomba-lomba memperoleh keistimewaan malam tersebut dengan beritikaf di masjid, berdzikir, dan sebagainya. Kita juga tidak boleh lupa untuk berdoa memohon keselamatan dunia dan akhirat.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami