Beri Nama Baru untuk Aprilia Manganang, Istri KSAD Ungkap Maknanya

Beri Nama Baru untuk Aprilia Manganang, Istri KSAD Ungkap Maknanya
Beri Nama Baru Aprilia Manganang Jadi Lanang, Istri KSAD Ungkap Maknanya. YouTube/TNIA AD ©2021 Merdeka.com
JABAR | 19 Maret 2021 16:22 Reporter : Andriana Faliha

Merdeka.com - Prajurit TNI Angkatan Darat Serda Aprilia Manganang beberapa waktu ini ramai diperbincangkan usai dirinya terbukti secara medis sebagai seorang pria dengan kelainan hipospadia.

Tepat pada Jumat (19/3) hari ini, ia pun menjalani persidangan pergantian jenis kelamin dan nama di Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Manado. Sidang tersebut dilakukan secara online.

Saat mengikuti sidang, Serda Manganang diketahui berada di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat. Ia didampingi langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan sang istri.

Dalam persidangan, terungkaplah nama baru Aprilia Manganang. Mantan atlet voli tersebut kini telah berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Sebelumnya, Aprilia Manganang juga diberi nama baru oleh istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa. Melalui kanal YouTube TNI AD, Istri KSAD juga mengungkapkan makna dari nama pemberiannya tersebut.

Berikut selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Beri Nama Lanang

Dilansir dari kanal YouTube TNI AD bertajuk "Bentuk Perhatian Serta Dukungan Kasad dan Ketua Umum Persit KCK Kepada Serda Manganang⁣" yang tayang pada Kamis (18/3), Hetty Andika Perkasa telah mempersiapkan nama baru yakni "Lanang" untuk sang prajurit. 

"Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau dikasih nama?" kata Hetty Andika Perkasa.

"Siap (mau)," jawab Manganang.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang 'Lanang'," papar istri Jenderal TNI Andika Perkasa ini.

beri nama baru aprilia manganang jadi lanang istri ksad ungkap maknanya
YouTube/TNI AD ©2021 Merdeka.com
3 dari 4 halaman

Arti Nama Barang "Lanang"

Lebih lanjut, istri KSAD ini menjelaskan arti 'Lanang' dalam bahasa Jawa berarti lelaki. Dengan nama tersebut, ia berharap Aprlia Manganang bisa menjadi lelaki sejati.  

"Lanang itu lelaki, itu Bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini, Manganang menjadi lelaki sejati. Saya kemarin bilang sama bapak, saya ingin bapak mendidik Lanang. Untuk menjadi lelaki yang bisa menjadi kebanggaan saya," sambungnya.

beri nama baru aprilia manganang jadi lanang istri ksad ungkap maknanya
YouTube/TNI AD ©2021 Merdeka.com
4 dari 4 halaman

Penuh Doa

Kemudian, istri KSAD juga menjelaskan, memilih nama untuk Manganang bukan hal mudah. Sembari menahan tangis, Ia pun mengatakan bahwa nama tersebut diberikannya dengan penuh doa.

“Memilih nama ini enggak gampang. Karena ini doa saya, mendoakan kamu supaya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati sesuai kodrat yang Tuhan buat untuk kamu karena kamu lahir sebagai lelaki," jelasnya.

"Kamu lahir sebagai lelaki , saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai laki-laki," tambahnya.

beri nama baru aprilia manganang jadi lanang istri ksad ungkap maknanya
YouTube/TNI AD ©2021 Merdeka.com
(mdk/anf)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami