Bikin Liburan Jadi Makin Seru, 3 Wisata River Tubing di Jawa Barat Ini Layak Dicoba

Bikin Liburan Jadi Makin Seru, 3 Wisata River Tubing di Jawa Barat Ini Layak Dicoba
River Tubing Santirah Pangandaran. ©2022 Instagram @santirah_river_tubing/ Merdeka.com
JABAR | 14 Agustus 2022 14:26 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Provinsi Jawa Barat memiliki segudang destinasi wisata alam, salah satunya river tubing. Setidaknya terdapat tiga lokasi yang cocok untuk menjajal wisata sungai tersebut, yakni Sungai Ciherang di Purwakarta, Sungai Santirah Pangandaran dan Sungai Cikuluwung Bogor.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menyebut, ketiga destinasi tersebut memberikan sensasi berwisata layaknya arung jeram di sungai namun dengan suasana yang lebih rileks.

Menurut Benny, wisata ini berbeda dengan arung jeram. Karena, di river tubing, pengunjung akan diajak menjelajah sungai menggunakan ban dengan keadaan air yang mengalir tenang. Sudah siap berwisata river tubing di Jawa Barat? Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari ANTARA, Minggu (14/8).

2 dari 4 halaman

River Tubing di Sungai Ciherang Purwakarta

Sungai Ciherang yang terletak di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, jadi lokasi wisata river tubing pertama yang bisa dicoba. Di sini, pengunjung akan disuguhi dengan suasana sungai yang berada di dataran tinggi. Suasana sejuk bisa langsung dirasakan.

Soal keamanan tak perlu khawatir, karena pihak pengelola wisata bernama Ngamprak River Adventure akan memandu secara profesional dengan peralatan penunjang yang memadai. Seperti helm dan jaket pelampung.

Untuk menjajal river tubing di Sungai Ciherang ini, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp120.000. Terdapat juga fasilitas penginapan, serta kuliner tradisional Purwakarta yaitu sate maranggi.

"Siapkan stamina dan fisik yang kuat, sebab river tubing di sini bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur penelusuran sepanjang 4,5 kilometer," kata Benny.

3 dari 4 halaman

River Tubing Santirah Pangandaran

river tubing santirah pangandaran

River Tubing Santirah Pangandaran ©2022 Instagram @santirah_river_tubing/ Merdeka.com

Selanjutnya, objek wisata river tubing di Sungai Santirah, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran menjadi lokasi kedua yang bisa dikunjungi.

Untuk menuju Santirah hanya sekitar 13 km dari pusat kota Pangandaran, atau sekitar 35 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Di sini, pengunjung akan menjumpai sejumlah keindahan seperti relief kars hingga air terjun yang meluncur dari kanan dan kiri bakal menambah keseruan mengarungi sungai memakai ban di sana. Penyusuran sungai akan berlangsung sejauh 1,5 km, dan akan melintasi gua yang cukup panjang dan gelap.

Untuk berpetualang di river tubing Santirah ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang dengan rombongan minimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu, tiket wisata, parkir, peralatan river tubing, asuransi, makan nasi liwet, dan dokumentasi.

4 dari 4 halaman

River Tubing Cikuluwung, Bogor

Destinasi river tubing yang terakhir adalah Sungai Cikuluwung di Bogor, Jawa Barat.

Di lokasi yang termasuk kawasan Jalan Gunung Menir, Pamijahan ini terdapat paket wisata susur river tubing fun ride untuk anak-anak, dengan jarak sekitar 100 meter. Untuk dua kali pulang pergi, pengelola menawarkan harga sebesar Rp55 ribu per orang.

Sementara itu untuk river tubing dewasa, terdapat paket Adventure Ride, dengan harga sekitar Rp127 ribu per orang, dengan minimal enam orang dalam satu rombongan peserta. 

 

 

 

 

(mdk/nrd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini