Cara Belanja di eBay yang Mudah bagi Pemula, Mau Lelang atau Langsung Beli?

Cara Belanja di eBay yang Mudah bagi Pemula, Mau Lelang atau Langsung Beli?
BEA materai untuk belanja online. ©2022 Liputan6.com/Johan Tallo
JABAR | 14 Agustus 2022 15:45 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, kita semakin dimanjakan dengan fitur-fitur canggih yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat di rumah. Salah satunya dalam urusan berbelanja.

Banyaknya pilihan platform toko online, mempermudah masyarakat ketika hendak membeli barang yang diinginkan. Hanya perlu duduk manis dengan perangkat di tangan, kita sudah bisa berbelanja tanpa perlu keluar rumah.

Salah satu platform jual beli yang sudah banyak dikenal di seluruh dunia adalah eBay. eBay adalah situs belanja online yang terkenal dengan fitur lelangnya. Situs ini sangat populer bagi para penjual online yang menggunakannya sebagai saluran penjualan dan tentu saja bagi para konsumen.

Tapi, perlu diketahui juga bahwa tidak semua barang bisa dikirim ke Indonesia. Karena banyak penjual yang berfokus untuk melayani pengiriman ke dalam negeri mereka saja. Namun untuk menghadapi sistem penjualan yang seperti ini, biasanya pembeli dari Indonesia menggunakan jasa forwarder dari negara terkait, untuk mengirim barang ke Indonesia.

Jika tertarik ingin belanja di eBay, berikut kami sampaikan bagaimana cara belanja di eBay seperti yang dilansir dari digitalunite.com.

2 dari 4 halaman

Cara Belanja di eBay

Langkah 1: Buka situs web eBay

Langkah 2: Cara belanja di eBay dapat dilakukan jika Anda sudah terdaftar, begitu juga jika Anda ingin menjual sesuatu. Jadi jika Anda baru mengenal eBay, klik 'register' (di atas logo eBay).

(Jika Anda sudah terdaftar, klik 'Sign In', masukkan ID pengguna dan kata sandi dan langsung ke langkah 5 dalam panduan ini.)

ilustrasi belanja online
©shutterstock.com/LessLemon

Langkah 3: Untuk mendaftar, Anda harus mengisi nama dan alamat email dan memilih kata sandi. Setelah semua selesai, klik tombol 'Register' berwarna biru di bagian bawah layar

Langkah 4: Jendela baru akan terbuka, membawa Anda kembali ke eBay. Anda dapat mencari barang untuk dibeli dengan mengetik di bilah pencarian dan mengklik 'Search'. Jika Anda tahu apa yang Anda cari, ketik secara spesifik.

Langkah 5: Sekarang Anda akan diperlihatkan daftar item yang cocok dengan kriteria pencarian Anda.

Dalam cara belanja di eBay, Anda dapat memilih untuk menampilkan item dalam berbagai pengaturan, termasuk memfilternya sebagai lelang (Auction) atau membelinya sekarang (Buy it now).

Jika Anda memilih cara belanja di eBay dengan fitur lelang, di sebelah gambar dan nama adalah informasi yang memberi tahu Anda jumlah tawaran yang ada dan tawaran tertinggi. Di kolom terakhir terdapat jumlah waktu yang tersisa sebelum lelang berakhir atau produk dihapus, misalnya tertulis "6d 20h" berarti ada enam hari dan 20 jam tersisa untuk menawar barang tersebut.

Daftar tersebut juga akan memberi tahu Anda apakah barang tersebut masih baru atau bekas. Kemudian tarif ongkos kirim, apakah barang itu gratis ongkos kirim dan pengepakan, atau ada biaya, akan harus dicantumkan di sini.

Sedangkan jika Anda memilih cara belanja di eBay dengan cara 'Buy it now', Anda akan mendapatkan informasi serupa dan biaya yang harus Anda bayar. Jika ada beberapa variasi produk dalam kisaran tersebut, maka akan ada kisaran harga yang diberikan tergantung pada opsi yang Anda pilih. Biasanya ongkos kirim akan gratis untuk item 'Buy it now'.

3 dari 4 halaman

Cara Belanja di eBay Selanjutnya

Langkah 6: Klik pada gambar atau nama item untuk mendapatkan detail lebih lanjut dan untuk mengajukan penawaran atau untuk 'Buy it now'. Sebelum menawar, periksa apakah penjual dapat diandalkan dengan mengklik ID pengguna mereka di bawah 'Seller information'. Ini akan menunjukkan kepada Anda komentar dan peringkat dari pelanggan sebelumnya.

Langkah 7: Cara belanja di eBay berikutnya, jika Anda ingin mengajukan tawaran, masukkan jumlah maksimum yang siap Anda bayarkan di kotak yang tersedia, dan klik tombol 'Submit bid' berwarna biru. Jadi, jika tawaran saat ini adalah £22, tetapi Anda mampu membayar hingga £35, ketik '£35′. Tawaran saat ini hanya akan naik menjadi £23, dengan asumsi bahwa tidak ada orang lain yang mengajukan tawaran lebih tinggi dari £22. eBay akan menawar secara otomatis untuk Anda terhadap pembeli lain sampai tawaran maksimum Anda tercapai.

Cobalah untuk tidak menempatkan tawaran dengan harga yang bulat, seperti '£10', dan coba beri tawaran seperti '£11,52' atau '£12,46' untuk memberi Anda peluang yang lebih baik agar dapat memenangkan lelang.

Langkah 8: Saat Anda diminta untuk mengonfirmasi tawaran, klik 'Confirm Bid'. Halaman baru akan terbuka untuk menjelaskan bahwa Anda adalah penawar tertinggi atau Anda telah kalah dalam penawaran, dalam hal ini Anda dapat memasukkan jumlah yang lebih tinggi dan mengeklik 'Bid Again'.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan eBay maka Anda akan diminta untuk mengonfirmasi rincian alamat dan memberikan nomor ponsel untuk keperluan verifikasi. Setelah Anda menyelesaikan ini, klik 'Continue'.

Banyak penawaran terjadi dalam beberapa menit atau bahkan detik menjelang lelang berakhir, jadi disarankan untuk tetap online dan merefresh halaman untuk memeriksa bahwa tawaran Anda belum kalah. Anda akan diberi tahu melalui email jika Anda adalah penawar tertinggi di akhir lelang. Anda diharapkan untuk membayar sebelum menerima barang.

4 dari 4 halaman

Cara Pembayaran

Langkah 1: Jika Anda lebih suka cara belanja di eBay tanpa perlu menawar, pilih fitur 'Buy it now'. Cukup pilih item dari halaman daftar dan klik tombol 'Buy it now' yang berwarna biru.

Langkah 2: Halaman baru akan terbuka meminta Anda untuk meninjau pembelian Anda. Total yang sekarang Anda lihat sudah termasuk ongkos kirim dan biaya pengemasan. Jika Anda puas dengan harganya, klik tombol biru bertuliskan 'Continue'.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan eBay maka Anda akan diminta untuk mengonfirmasi rincian alamat dan memberikan nomor ponsel untuk keperluan verifikasi. Setelah Anda menyelesaikan ini, klik 'Contiue'.

Langkah 3: Anda sekarang akan diminta untuk mengetikkan detail pembayaran Anda. eBay menggunakan PayPal sebagai perantara. Jika Anda sudah memiliki akun PayPal, Anda tinggal klik Log in untuk melakukan pembayaran.

Atau, Anda juga dapat memilih opsi untuk membayar menggunakan kartu kredit atau debit sebagai alternatif.

Langkah 4: Halaman baru akan terbuka yang meminta Anda untuk mengonfirmasi pembayaran sekali lagi. Klik 'Confirm payment' dan transaksi selesai. Penjual akan dikirimi email setelah pembayaran dikonfirmasi, dan mereka kemudian akan mengirimkan barang kepada Anda melalui metode pengiriman yang ditentukan.

Jika tidak sampai, eBay memiliki departemen layanan pelanggan untuk membantu. Sebagian besar barang yang dibeli dengan PayPal dilindungi oleh 'Perlindungan Pembeli eBay', jadi Anda bisa mendapatkan uang Anda kembali.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini