Cara Isi SPT Online dengan Mudah, Efektif dan Tak Perlu Antre

Cara Isi SPT Online dengan Mudah, Efektif dan Tak Perlu Antre
ilustrasi pajak. ©Istimewa
JABAR | 3 Februari 2021 15:40 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Pajak merupakan wujud dari peranan masyarakat dalam mendukung pembangunan dan perekonomian di Indonesia, dalam meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab peranan pajak bagi suatu negara menjadi sangat penting. Terjadi perubahan mendasar pada undang-undang perpajakan terkait sistem pemungutan pajak yang semula official assesment system menjadi self assesment system.

Dengan dianutnya self assesment tersebut maka pengetahuan pengetahuan perpajakan yang memadai merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh wajib pajak agar dapat memenuhi kewajiban perpajakan secara baik dan benar.

Sedangkan Surat Pemberitahuan atau yang kerap disingkat SPT merupakan surat yang oleh Wajib Pajak (WP) digunakan untuk melaporkan perhitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Ada dua macam SPT yakni SPT Masa yang merupakan surat pemberitahuan untuk suatu masa pajak dan SPT Tahunan yang merupakan surat pemberitahuan untuk suatu tahun pajak atau bagian tahun pajak.

Kini kamu tak perlu lagi repot harus pergi ke kantor pajak di daerah rumahmu untuk melapor SPT Tahunan, sebab sudah bisa dilakukan secara online yang lebih efektif. Berikut ini informasi lengkap mengenai cara isi SPT online dengan mudah, efektif dan tak perlu antre telah dirangkum dari Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: 1 Tahap 1...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami