Cara Melupakan Seseorang yang Pernah Ada di Hati, Jangan Biarkan Sesal Membayangi

Cara Melupakan Seseorang yang Pernah Ada di Hati, Jangan Biarkan Sesal Membayangi
Ilustrasi sedih. ©2018 Merdeka.com/Pexels
JABAR | 7 November 2020 20:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Dalam sebuah kehidupan, timbulnya rasa cinta adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Perasaan cinta ini adalah rasa yang menyenangkan, bahagia, dan pastinya tak akan terlupakan. Setiap orang pasti dan akan merasakannya.

Sayangnya, banyak perjalanan cinta seseorang tidak berakhir dengan baik. Perpisahan pun sering menjadi jalan keluar ketika kedua pihak sudah merasa sulit untuk melanjutkan. Namun, selalu saja ada satu pihak, atau mungkin keduanya, yang masih merasa berat untuk melepaskan.

Memang akan sangat sulit untuk berpura-pura bahwa seseorang yang pernah Anda cintai sudah tidak ada lagi. Setiap kenangan bisa tiba-tiba terlintas dan membuat rasa rindu serta sesal kembali muncul.

Namun, kita tidak bisa terus menerus berada dalam bayang-bayang perasaan rindu dan sesal tersebut. Karena kita juga masih memiliki kehidupan yang harus kita jalani. Terus menerus memikirkan seseorang yang telah pergi hanya akan menghambat diri sendiri.

Oleh karena itu, jika Anda masih sulit untuk melupakan seseorang yang telah meninggalkan Anda, berikut kami bagikan beberapa cara melupakan seseorang yang bisa Anda coba, yang telah merdeka.com rangkum dari situs lovepanky.com.

2 dari 4 halaman

Terima Keadaan

007 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Menerima apa yang terjadi adalah cara melupakan seseorang yang pertama. Jangan menjadi orang yang tidak dapat menerima kenyataan, bahwa apa yang Anda harapkan ternyata tidak berhasil. Anda bisa lebih mudah melupakan seseorang jika Anda menerima apa yang terjadi.
Memang sulit untuk bisa melupakan seseorang yang kita cintai. Tetapi Anda tidak bisa terus berharap atau berkhayal bahwa orang tersebut akan kembali pada Anda.

Lepaskan
Cara melupakan seseorang yang kedua adalah dengan merelakan orang tersebut. Mengikhlaskan seseorang pergi adalah satu-satunya cara agar bisa membebaskan pikiran dan hati Anda. Jika Anda menerima apa yang terjadi, maka langkah selanjutnya adalah memahaminya, lalu berjanji pada diri sendiri bahwa Anda harus maju, meski tanpa dirinya.

Keluar Rumah
Cara melupakan seseorang yang ketiga yaitu Anda bisa berjalan keluar untuk menyegarkan pikiran. Jangan hanya berada di rumah, duduk di sofa, sambil makan camilan. Meskipun Anda menikmatinya, beberapa saat setelahnya, kenangan lama bersama dirinya bisa saja kembali muncul. Anda bisa pergi jalan-jalan keluar, entah untuk jogging, pergi ke kafe, atau bertemu teman. Jangan sampai waktu Anda terbuang dengan memikirkan hal yang tidak perlu.

3 dari 4 halaman

Jangan Pikirkan Masa Lalu

011 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pexels

Hilangkan pikiran seperti, "bagaimana jika ..." atau “seandainya … “. Jangan melihat ke belakang dan jangan merasa menyesal. Jika Anda melakukannya, hal tersebut tidak akan mengubah apa pun. Justru akan membuat pikiran Anda kembali mengingatnya. Memikirkan masa lalu tidak akan bisa mengubahnya. Yang bisa Anda lakukan sekarang adalah menatap ke depan dan terus maju.

Kembangkan Diri Sendiri
Jika Anda merasa sedih dan putus asa, tidak ada gunanya untuk terus memikirkannya. Untuk melupakan seseorang, hal terbaik adalah fokus pada diri sendiri. Ini adalah kesempatan bagus untuk melihat ke dalam diri dan mengembangkan diri Anda. Lakukan hobi Anda. Olahraga, menulis, membaca, mengikuti kursus, atau apa pun yang dapat meningkatkan kemampuan diri Anda.

Jika Anda tidak termotivasi untuk memperbaiki diri, pikirkanlah dengan cara yang berbeda. Bayangkan jika Anda bertemu dengan orang yang meninggalkan Anda dalam beberapa bulan ke depan. Anda harus menunjukkan bahwa sekalipun tanpanya, Anda masih bisa tetap maju. Karena balas dendam terbaik adalah dengan menunjukkan bahwa Anda justru menjadi lebih baik daripada saat bersama dirinya.

Hindari Hal-hal yang dapat Mengingatkan Anda dengan Dirinya
Cara melupakan seseorang yang berikutnya adalah dengan menghindari segala hal yang dapat membuat Anda mengingat orang tersebut. Setelah berpisah, banyak orang justru masih ingin mengetahui bagaimana kehidupan mantan pasangannya. Sayangnya ini bukanlah ide yang bagus. Melihat kondisi mereka sekarang justru akan membuat Anda semakin sulit untuk melupakannya. Hindari segala hal yang dapat membuatnya kembali muncul di pikiran Anda. Memang dibutuhkan kekuatan ekstra untuk melakukan ini, tapi seiring waktu hal ini bisa membuat Anda terlepas darinya.

4 dari 4 halaman

Jangan Berkomunikasi dengan Dirinya

005 indra cahya
©2016 Merdeka.com

Hal penting dalam cara melupakan seseorang adalah jangan pernah menjalin komunikasi dengan orang tersebut, kecuali Anda benar-benar sudah mengikhlaskannya untuk pergi. Jika belum, ini hanya akan menimbulkan masalah di pikiran Anda. Jangan mengirim pesan teks, jangan menelepon, jangan terlibat dalam akun media sosial mereka, dan jangan mengirim pesan Whatsapp pada mereka meskipun hanya menyapa atau menanyakan kabar. Bagaimana Anda bisa melupakan seseorang jika Anda terus mencoba berkomunikasi dengan mereka?

Jangan Coba Melupakan Orang Itu
Cara kerja pikiran manusia memang terkadang sulit dimengerti, bahkan bagi pemiliknya sekalipun. Terkadang, jika Anda sengaja mencoba untuk berhenti memikirkan seseorang, justru hanya akan membuat Anda lebih memikirkan mereka. Solusi terbaik untuk mengatasi pikiran aneh ini adalah membuat diri Anda tetap sibuk. Lakukan kegiatan apa pun hingga orang tersebut menghilang dengan sendirinya dari pikiran Anda.

Beri Waktu
Cara melupakan seseorang yang terakhir adalah dengan memberi waktu pada diri sendiri. Melupakan seseorang tidak akan bisa secepat Anda mencintainya. Mungkin bagi beberapa orang, mereka bisa segera melupakannya dan menemukan penggantinya. Namun ada juga sebagian orang yang butuh waktu sampai berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Namun, seiring waktu, kehidupan akan terus berjalan dan tanpa sadar orang tersebut sudah meninggalkan pikiran Anda.

(mdk/ank)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami