Cara Menabung Deposito beserta Kelebihan yang Didapat

Cara Menabung Deposito beserta Kelebihan yang Didapat
ilustrasi investasi. freepik.com
JABAR | 22 Mei 2022 14:10 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Deposito adalah salah satu produk yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat yang ingin menabung. Deposito memiliki tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan sebelumnya dengan bunga bank. Jadi, uang yang dideposito harus tetap disimpan dalam bank untuk jangka waktu tertentu agar dapat memperoleh tingkat bunga yang telah disepakati.

Deposito merupakan jenis investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu untuk mendepositokan uang juga bermacam-macam, mulai dari 1 bulan, 2, 3, hingga setahun atau bahkan 2 tahun.

Untuk bunganya, produk simpanan deposito berbeda dengan tabungan biasa. Suku bunga dalam deposito hanya dibayarkan pada akhir periode dari investasi. Selain itu, setiap bank juga memiliki suku bunga yang berbeda, dan hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum Anda memilih untuk deposito.

Deposito dapat Anda cairkan setelah jangka waktu berakhir. Namun, deposito juga dapat Anda perpanjang secara otomatis setelah jatuh tempo, atau automatic roll over (ARO).

Lalu, bagaimana cara menabung deposito yang benar? Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan bagaimana cara menabung deposito beserta kelebihan jika Anda menyimpan uang Anda dengan cara deposito.

2 dari 4 halaman

Cara Menabung Deposito

Deposito bisa menjadi cara yang bagus bagi Anda yang benar-benar ingin menabung. Namun, mungkin masih banyak yang belum tahu dengan cara menabung deposito sehingga masih ada yang menyimpan uangnya di rumah atau dengan tabungan biasa. Dikutip dari cimbniaga.co.id, berikut adalah cara menabung deposito yang benar:

  • Perhatikan dan bandingkan reputasi bank yang akan dipilih jika Anda ingin membuka tabungan deposito. Pastikan bank yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan memenuhi standar kualifikasi dari Bank Indonesia. Pertimbangan ini untuk memberikan rasa aman saat Anda menyerahkan uang pada pihak bank untuk menabung deposito.
  • Bandingkan jenis deposito yang sesuai untuk Anda. Anda perlu membandingkannya dari sistem pembayaran bunga dan tingkat yang ditawarkan dari masing-masing bank.
  • Jangan tergiur dengan tawaran suku bunga tinggi. Anda harus berhati-hati dengan bank yang memberikan penawaran suku bunga yang tinggi di atas ketentuan Lembaga Penjamin Pinjaman.

Tahap Pembuatan Deposito

Cara menabung deposito tidak begitu sulit. Menabung deposito juga akan berguna bagi keuangan Anda di masa depan. Berikut adalah beberapa tahapan umum dari pembuatan deposito :

  • Tentukan bank tempat mendaftar deposito.
  • Siapkan berkas identitas yang masih berlaku seperti KTP dan NPWP sebagai persyaratan pembukaan deposito.
  • Siapkan meterai.
  • Calon nasabah biasanya diharuskan sudah memiliki rekening di bank tempat Anda akan mendaftar deposito.
  • Tentukan tenor dan jenis deposito berdasarkan produk-produk yang ditawarkan oleh pihak bank.
  • Isi formulir pendaftaran deposito dengan lengkap dan sebenar-benarnya.
  • Ikuti arahan Customer Service ketika membuka deposito.
  • Lakukan setoran untuk membuka rekening.
  • Setelah dinyatakan berhasil, Anda akan menerima bilyet sebagai bukti kepemilikan deposito.

Selain itu, saat ini cara menabung deposito juga dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengandalkan ponsel pintar. Anda hanya perlu menginstall mobile banking dari bank yang Anda pilih, mendaftar, dan ikuti petunjuk untuk menabung deposito.

3 dari 4 halaman

Kelebihan Deposito

Jenis Produk

Deposito berbeda dari tabungan biasa. Tabungan yang buka biasanya bertujuan untuk menyimpan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan penarikannya dapat dilakukan kapan saja.

Sedangkan jika Anda membuat deposito, maka Anda sudah memilih produk investasi dengan risiko rendah. Investasi ini memiliki jangka waktu tertentu sehingga Anda tidak dapat menarik uang dari deposito sebelum jangka waktunya berakhir. Hal ini membuat uang Anda tetap utuh, atau bahkan bertambah, sampai jangka waktunya berakhir.

Fleksibilitas

Uang yang kita simpan di tabungan biasa dapat kita ambil kapan saja. Sedangkan cara menabung deposito yang memiliki jatuh tempo, Anda tidak akan bisa mengambil uang yang telah disimpan sampai batas waktu yang telah disepakati. Hal ini juga dapat mengurangi perilaku boros seseorang. Selain itu, jumlah uang antara deposito dan tabungan juga berbeda.

Suku Bunga

Kalau dibandingkan, suku bunga pada deposito jauh lebih tinggi daripada tabungan. Jika biasanya bunga bank pada tabungan paling tinggi 3%, bunga pada deposito bisa mencapai 5% hingga 7% per tahunnya. Bunga yang diberikan pada deposito tentunya berbeda–beda tergantung bank yang Anda pilih.

4 dari 4 halaman

Jenis Deposito

Deposito Berjangka

Jenis deposito berjangka adalah jenis deposito yang paling sering digunakan. Anda dapat menentukan lamanya menabung dengan deposito berjangka mulai dari 1,2,3,5,12,18 atau 24 bulan. Sehingga penarikan yang dilakukan oleh nasabah hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Deposito berjangka dapat diterbitkan atas nama perorangan atau lembaga.

Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito adalah jenis deposito yang tidak mengacu pada nama seseorang atau Lembaga tertentu karena sertifikat tersebut nantinya dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan pada pihak lain. Dalam simpanan ini, nasabah diberikan jangka waktu 3,6, atau 12 bulan yang disertai dengan sertifikat. Pencairan bunga dapat dilakukan di muka, tiap bulan, atau tiap jatuh tempo.

Deposito On-Call

Jenis deposito on-call adalah tabungan berjangka yang relatif singkat, seperti minimal satu minggu atau paling lama satu bulan. Deposito jenis on-call ini biasanya diterbitkan dalam jumlah yang cukup besar. Pencairan bunganya dapat dilakukan saat pencairan deposito, dengan catatan bahwa nasabah sudah memberitahukan sebelumnya bahwa tabungan tersebut akan diambil atau dicairkan.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami