Cara Menabung di Bank untuk Anak Sekolah, Efektif dan Mudah Dilakukan

Cara Menabung di Bank untuk Anak Sekolah, Efektif dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi anak. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/YanLev
JABAR | 21 Mei 2022 12:55 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Pengelolaan keuangan perlu diperkenalkan dan diajarkan kepada anak sedini mungkin dengan tujuan anak dapat memiliki pengetahuan yang tepat, mengenai bagaimana memanfaatkan dan mengelola uang yang mereka punya. Tentu saja sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak- anak yang sudah sejak awal diajarkan pola pembiasaan konsumtif oleh orang tuanya sulit dihentikan. Hal ini akan tercermin dari pola kebiasaan berbelanja anak yang sulit dihentikan.

Sedangkan anak-anak yang dari awal telah dibiasakan berhemat dan belajar menabung akan menunjukkan pola kebiasaan yang tidak konsumtif dan cenderung akan lebih bisa mengatur uangnya. Dahulu biasanya orang tua mengajarkan anak menabung dengan membelikannya celengan lalu mengajarinya untuk menyisihkan uang jajan untuk dimasukkan ke celengan tersebut.

Seiring dengan kemudahan teknologi, saat ini kamu dapat mulai mengajari anak menabung di bank. Selain efektif, menabung di bank pun jelas lebih aman. Berikut cara menabung di bank untuk anak sekolah, yang telah dirangkum merdeka.com melalui sikapiuangmu.ojk.go.id pada Sabtu, (21/05/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menabung di Bank untuk Anak Sekolah

Mengajari anak untuk mengelola keuangan dengan bijak merupakan salah satu tugas orang tua, harapannya ke depan anak tak menjadi pribadi yang konsumtif. Sebagai orang tua, kamu bisa mengarahkan anak untuk menabung di bank.

Berikut cara menabung di bank untuk anak sekolah, sebagai berikut:

  1. Cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai bank dan tabungan sebanyak-banyaknya agar kamu tak salah pilih nantinya.
  2. Pilih tabungan yang tepat bisa berdasarkan fasilitas yang diberikan atau juga biaya bulanan yang dikenakan. Pastikan kamu memilih tabungan yang tepat untuk anakmu yang masih berstatus sebagai anak sekolah.
  3. Jika sudah yakin dengan pilihan bank dan tabungan selanjutnya kamu perlu menyiapkan persyaratan yang diminta pihak bank. Pada umumnya tabungan anak sekolah memiliki setoran awal yang lebih sedikit dibanding tabungan orang dewasa.
  4. Jika persyaratan sudah lengkap kamu bisa mendaftarkan anakmu untuk membuka rekening tabungan.
3 dari 3 halaman

Manfaat Menabung Sejak Dini

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang atau pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dengan tujuan untuk mengelola uang tersebut. Manfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalani kegiatan menabung ini secara rutin dan tekun.

Menabung bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghamburkan uang yang semestinya sudah diterapkan sejak dini agar terhindar dari perilaku konsumtif.

Berikut manfaat menabung sejak dini:

  1. Mengajarkan anak mengenai pentingnya hidup hemat.
  2. Mengajari anak manajemen dan perencanaan keuangan.
  3. Membiasakan anak untuk hidup disiplin.
  4. Mengajari anak untuk belajar menghargai uang dan perjuangan mendapatkannya. (mdk/nof)

    Baca juga:
    Dorong Budaya Menabung, Ratusan Murid SD Terima Tabungan SimPel
    Wanita Ini Tabung Uang Receh di Galon, Jumlahnya Capai Belasan Juta Rupiah
    Pahami 3 Hal ini Agar Gaji Bulanan Tak Cuma Numpang Lewat
    Cara Menabung yang Baik untuk Menikah, Ini Tips yang Efektif
    Sulit Atur Keuangan, Ini Cara Jitu Mengatur Gaji Agar Bisa Menabung

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami