Cara Menghilangkan Baret pada Mobil, Sederhana tanpa Perlu ke Bengkel

Cara Menghilangkan Baret pada Mobil, Sederhana tanpa Perlu ke Bengkel
Cara Menghilangkan Baret pada Mobil. autosportcatalog.com
JABAR | 3 Desember 2020 11:30 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Meski sudah berhati-hati dan dijaga dengan benar, cepat atau lambat mobil akan tergores. Meski terkadang baret yang muncul hanya berukuran kecil, namun hal itu sudah cukup untuk mengganggu penampilan dari kendaraan kita.

Goresan atau baret pada cat mobil bisa disebabkan oleh berbagai hal. Kecelakaan mobil, vandalisme, tempat parkir yang buruk, dan kecelakaan tempat parkir adalah penyebab umum dari munculnya satu atau dua goresan pada mobil.

Meskipun goresan memang mengurangi penampilan mobil Anda, biaya untuk lapisan cat baru atau perbaikan kecil mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali. Tapi tenang, jangan terburu-buru membawa mobil ke bengkel, karena cara menghilangkan baret pada mobil bisa juga dilakukan sendiri di rumah.

Anda dapat mencoba cara menghilangkan baret pada mobil dengan menghaluskan goresan permukaan dengan pasta gigi, menggunakan produk penghilang goresan untuk goresan kecil, atau mengamplas dan mengecat ulang area tersebut jika goresannya dalam.

Untuk langkah-langkah cara menghilangkan baret pada mobil, telah kami rangkum dari WikiHow berikut ini:

2 dari 4 halaman

Gunakan Pasta Gigi untuk Menghilangkan Baret di Permukaan

cara menghilangkan baret pada mobil
avalonking.com

Cara menghilangkan baret pada mobil yang pertama adalah dengan pasta gigi. Caranya:

  1. Tempelkan kuku pada goresan untuk melihat apakah goresan ada di permukaan atau lebih dalam. Jika kuku Anda tidak terkena goresan, maka kuku Anda menempel di permukaan. Untuk mengatasinya, penggunaan pasta gigi mungkin bisa menjadi pilihan yang baik.
  2. Cuci dan keringkan area yang tergores. Sebelum Anda mengoleskan pasta gigi pada baret, pastikan area tersebut sangat bersih. Mengusapkan kotoran atau debu ke area yang tergores akan memperparah goresan. Anda dapat membawa mobil Anda ke tempat cuci mobil atau mencucinya sendiri.
  3. Oleskan pasta gigi dengan takaran seperempat ukuran ke handuk mikrofiber yang dibasahi. Basahi handuk microfiber hingga menjadi lembap. Kemudian, oleskan pasta gigi sebanyak seperempat ukuran ke handuk, atau sedikit lebih atau kurang, tergantung pada ukuran goresan. Pasta gigi pemutih dapat bekerja lebih baik, tetapi Anda dapat mencoba menghilangkan goresan dengan pasta gigi apa pun yang Anda miliki.
  4. Gosok pasta gigi ke area yang tergores dengan gerakan memutar. Tekan kain mikrofiber ke bawah dan gerakkan dalam bentuk lingkaran kecil untuk menghilangkan baret. Lakukan ini sampai pasta gigi tersebar dengan baik di permukaan.
  5. Setelah Anda selesai menggosok baret pada mobil, bilas area tersebut secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa pasta gigi. Semprot mobil dengan selang kemudian keringkan area tersebut dengan handuk mikrofiber.
  6. Ulangi cara menghilangkan baret pada mobil ini hingga 2 kali lagi. Anda mungkin perlu melakukan lebih dari 1 kali aplikasi untuk menghilangkan goresan di permukaan menggunakan pasta gigi. Periksa area tersebut untuk melihat apakah goresan masih terlihat dan kemudian ulangi proses ini 1 atau 2 kali lagi jika perlu. Tapi, pastikan Anda tidak melakukan cara ini lebih dari 3 kali atau Anda dapat merusak lapisan bening pada cat mobil.
3 dari 4 halaman

Gunakan Produk Penghilang Gores untuk Baret Kecil

cara menghilangkan baret pada mobilcarbibles.com

Cara menghilangkan baret pada mobil yang kedua adalah dengan menggunakan produk penghilang goresan. Caranya:

  1. Cuci mobil agar tidak ada kotoran atau serpihan yang tertinggal di goresan. Penting untuk memastikan bahwa area tersebut benar-benar bersih sebelum menggunakan produk apa pun atau mencoba menggosok area tersebut. Kotoran yang tertinggal di permukaan saat Anda menggosok akan menyebabkan lebih banyak goresan.
  2. Beli produk atau kit penghapus goresan. Anda dapat membeli produk penghilang goresan di toko perlengkapan mobil atau di bagian persediaan mobil. Jika Anda tidak yakin tentang jenis produk penghilang goresan yang harus dibeli, mintalah bantuan dari staf penjualan. Handuk mikrofiber sering kali menjadi pilihan yang baik untuk mengaplikasikan produk penghilang goresan, karena lembut di permukaan mobil Anda.
  3. Aplikasikan produk penghilang goresan berukuran seperempat ke bantalan. Anda mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak atau sedikit tergantung pada ukuran area yang tergores. Teteskan produk ke bantalan penggosok atau kain mikrofiber, lalu lipat menjadi dua untuk meneteskan produk di sekitar permukaan bantalan atau kain. Pastikan produk didistribusikan secara merata pada kain atau bantalan sebelum Anda mulai.
  4. Pindahkan produk ke area yang tergores dan sekitarnya. Anda dapat mengusapnya dengan gerakan melingkar atau gerakan maju mundur. Terus usap produk penghilang goresan ini selama beberapa menit agar terdistribusi dengan baik.
  5. Setelah Anda selesai menggosok area yang tergores, gunakan kain mikrofiber bersih untuk menyeka sisa produk yang berlebih. Gosok permukaan mobil tempat Anda mengaplikasikan produk menggunakan gerakan melingkar. Jangan biarkan produk berlebih mengering di permukaan mobil.
  6. Ulangi 2 sampai 3 kali jika perlu. Periksa area tersebut untuk melihat apakah goresan masih terlihat. Jika ya, maka Anda dapat mengulangi aplikasi produk 2 hingga 3 kali. Berhati-hatilah untuk tidak melakukan ini terlalu sering atau Anda akan merusak lapisan bening pada mobil.
4 dari 4 halaman

Mengecat untuk Memperbaiki Goresan Dalam

Cara menghilangkan baret pada mobil yang ketiga yaitu dengan mengecatnya kembali jika goresan ternyata dalam. Caranya:

  1. Cuci dan keringkan mobil secara menyeluruh. Karena kotoran dapat membuat lebih banyak goresan. Cuci mobil Anda sampai bersih untuk menghilangkan semua kotoran. Berikan perhatian khusus pada area yang akan Anda perbaiki. Semprot area yang tergores dengan air, pastikan tidak ada kotoran yang keluar dari goresan. Kemudian, bersihkan area tersebut dengan baik menggunakan sabun yang diformulasikan untuk pada mobil dan bilas semuanya dengan air bersih.
  2. Amplas area yang tergores untuk menghilangkan lapisan atas cat. Bungkus amplas basah / kering dengan grit 2000 di sekitar bantalan pengamplasan (tempat amplas dengan pegangan di atasnya) dan mulai amplas area yang tergores. Amplas selama 10 hingga 15 detik.
  3. Selalu amplas searah goresan. Anda pasti tidak ingin membuat goresan berlawanan, bukan. Bilas area tersebut dengan air seperlunya untuk memeriksa proses perbaikan ini. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan lebih baik apakah Anda telah mencapai dasar goresan.
  4. Bilas dan keringkan area tersebut. Bilas kotoran yang tertinggal dengan mengamplas area yang tergores. Kemudian, gunakan kain mikrofiber bersih untuk menyeka permukaan hingga kering. Hindari penggunaan kain lap tua atau kotor karena dapat menyebabkan lebih banyak goresan pada permukaan mobil Anda.
  5. Semprotkan beberapa lapis primer ke area yang diamplas. Siapkan primer yang dapat diamplas dalam kaleng aerosol. Semprotkan primer ke area yang baru saja Anda amplas. Gunakan gerakan maju mundur untuk menyemprotkan cat. Kemudian, tunggu 5 hingga 10 menit hingga primer mengering dan semprotkan pada lapisan lain. Lakukan ini sebanyak 3 kali.
  6. Oleskan beberapa lapis cat yang sesuai dengan mobil Anda. Selanjutnya, semprotkan cat dengan warna yang sama seperti pada bagian mobil. Tunggu 5 hingga 10 menit di antara setiap aplikasi agar cat benar-benar kering.
  7. Oleskan lilin karnauba ke permukaan mobil Anda lalu gosok area tersebut dengan bantalan penyangga atau kain mikrofiber. Oleskan lilin sebanyak seperempat ukuran ke bantalan atau kain penggosok untuk memulai dan tambahkan lebih banyak jika perlu. Gunakan gerakan melingkar dan tekan alas atau kain dengan tekanan sedang. Teruskan sampai wax merata dan permukaan mobil terlihat mengkilat.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami