6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Cepat dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Cepat dan Ampuh
JABAR | 21 Juli 2020 18:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Mungkin tak ada satu pun dari kita yang menyukai kehadiran nyamuk. Selain mengganggu, nyamuk juga bisa jadi pembawa penyakit. Menurut WHO, nyamuk merupakan salah satu hewan paling mematikan di dunia.

Hal ini dikarenakan kemampuannya membawa dan menyebarkan penyakit ke manusia menyebabkan jutaan kematian. Beberapa penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk adalah penyakit malaria, demam berdarah dengue (DBD), cikungunya, demam kuning dan kaki gajah.

Untuk itu, jangan menganggap sepele keberadaan nyamuk. Rajin-rajinlah untuk membersihkan lingkungan di sekitarmu agar terhindar dari kemungkinan jadi sarang nyamuk. Selain menjaga kebersihan lingkungan, yang kamu perlu lakukan untuk terhindar dari gigitan nyamuk adalah menjaga kebersihan diri. Sebab, nyamuk betina menentukan sasaran mangsanya berdasarkan kombinasi bebauan, hembusan napas, dan senyawa di dalam keringat seseorang.

Jika terlanjur kena gigitan nyamuk, maka bisa jadi akan muncul bentol dan gatal di area bekas gigitan nyamuk. Hal ini timbul akibat senyawa yang disuntikkan nyamuk ke area gigitannya. Senyawa tersebut adalah sejenis protein pada sungut nyamuk yang memicu reaksi alergi ringan, sehingga timbul bentol.

Berikut cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Selasa, (21/7/2020).

Baca Selanjutnya: 1 Menggunakan Anti-Inflamasi...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami