Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Pemkab Tangerang Siapkan Fasilitas Karantina

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Pemkab Tangerang Siapkan Fasilitas Karantina
Cacar Monyet. ©CDC Public Health Image Library
JABAR | 24 Agustus 2022 13:40 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Mulai masuknya penyakit cacar monyet di Indonesia langsung diantisipasi oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten. Saat ini, mereka telah menyiapkan fasilitas karantina untuk penanganan pasien.

Disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada Selasa (23/8), upaya ini merupakan langkah pencegahan dari penularan penyakit cacar monyet. Ahmed juga menjelaskan jika sampai saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet di wilayahnya.

"Pemkab sudah persiapkan RSUD Tangerang untuk tempat karantina apabila nanti ditemukan (kasus penularan cacar monyet)," kata Ahmed Zaki Iskandar, dilansir dari ANTARA.

Fasilitas karantina ini disiapkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang.

"Untuk sementara baru RSUD Tangerang dulu yang disiapkan (sebagai tempat karantina)," tambahnya.

2 dari 4 halaman

Karantina Disiapkan di RSUD Tangerang

cacar monyet
Ilustrasi cacar monyet ©CDC's Public Health Image Library

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Sumihar Sihaloho, menjelaskan, saat ini pihaknya juga sudah menginstruksikan rumah sakit dan puskesmas di wilayahnya untuk meningkatkan kewaspadaan terkait kasus penularan cacar monyet di Jakarta.

Pihaknya menginstruksikan untuk melakukan langkah-langkah pendeteksian dini dari penularan penyakit tersebut.

3 dari 4 halaman

Sosialisasikan Penyakit Cacar Monyet

Upaya pencegahan juga dilakukan dengan menyebarluaskan informasi tentang gejala dan bahaya penyakit cacar monyet kepada masyarakat melalui media sosial maupun spanduk.

Sampai saat ini, wilayah Kabupaten Tangerang masih termasuk ke dalam zona hijau. Peristiwa penularan penyakit tersebut masih nihil ditemukan di Kabupaten Tangerang.

Dirinya menekankan melalui imbauan agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta tetap mengenakan masker untuk menghindari penularan penyakit di masa sekarang.

4 dari 4 halaman

Kasus Cacar Monyet di Jakarta

Terkait kasus penyebaran cacar monyet di Jakarta, Kementerian Kesehatan mengonfirmasi bahwa terdapat seorang WNI laki-laki berusia 27 tahun yang terinfeksi penyakit tersebut. Sebelumnya ia memiliki riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia, dan Prancis sebelum tertular.

Penyakit cacar monyet sendiri diketahui bisa menular dari hewan ke manusia melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, lesi kulit, dan mukosa hewan yang terinfeksi.

Tak hanya itu, penyakit cacar monyet juga bisa menjangkiti sesama manusia, melalui kontak erat sekresi saluran respirasi, lesi kulit dari kalangan yang tertular. Bahkan benda-benda yang terkontaminasi virus cacar bisa turut menularkan cacar monyet.   

 

(mdk/nrd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini