Cocok dengan Nasi, Nikmati Lezatnya Sayur Besan Betawi yang 'Lancarkan' Pernikahan

Cocok dengan Nasi, Nikmati Lezatnya Sayur Besan Betawi yang 'Lancarkan' Pernikahan
Ilustrasi sayur besan Betawi. ©2021 YouTube Masak.TV/editorial Merdeka.com
JABAR | 26 Oktober 2021 17:07 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Kuliner khas Betawi memang tak ada habisnya untuk dibahas. Kuatnya rempah-rempah, serta pekatnya kuah santan seakan menyisakan jejak kelezatan yang sulit untuk dilupakan, seperti pada sayur besan.

Dari segi tampilan, sayur besan begitu menggugah selera. Isian kentang, soun, ebi, petai serta terubuknya dipastikan berpadu sempurna bersama sepiring nasi hangat saat disantap.

Uniknya lagi, di balik penggunaan nama ‘besan’, ternyata sayur tersebut menjadi salah satu 'syarat' agar pernikahan warga Betawi berjalan lancar. Bagaimana bisa? Berikut cerita di balik kuliner khas Betawi, sayur besan.

2 dari 4 halaman

Sayur Lodehnya Betawi

ilustrasi sayur besan betawi

Ilustrasi sayur besan Betawi ©2021 YouTube Masak.TV/editorial Merdeka.com

Tak salah jika sayur ini menyandang gelar ‘sayur lodehnya Betawi’. Sebagaimana disebutkan di situs senibudayabetawi.com, salah seorang karyawan di rumah makan Dapur Betawi, Jalan Cabe V, Pondok Cabe, Cinere, Jakarta Selatan bernama Tuti menyebutkan bahan utama pembuatan sayur tersebut mirip dengan sayur lodeh dengan dominan terubuk.

Beberapa bumbu dasar seperti cabai merah, santan, gula merah, ebi, daun bawang, bawang merah, bawang putih, lengkuas serta daun salam menjadi unsur utama dalam pembuatannya.

3 dari 4 halaman

Makin Lengkap dengan Lauk Pelengkap

Bagi masyarakat Betawi, sayur besan tak ubahnya makanan utama yang wajib disandingkan dengan beberapa lauk pelengkap. Seperti sambal goreng terubuk udang, telur dadar gulung, ikan goreng, oseng daun pepaya teri, dan sambal serta lalapan. Masing-masing lauk memberikan cita rasa unik, karena keunikan sayur ini terletak di bahan terubuknya.

Terubuk karib dikenal dengan sebutan telur tebu, atau di Jawa Barat dikenal dengan nama tiwu endog atau terubus. Di Jawa Tengah serta Jawa Timur, terubuk dikenal dengan tebu endog atau tebu terubuk.

4 dari 4 halaman

Sayur Besan sebagai Pelancar Pernikahan Betawi

pernikahan adat betawi©2021 YouTube TransTV Official/editorial Merdeka.com

Seperti disinggung di awal, pemaknaan besan di sayur ini terikat dengan 'kelancaran' pesta pernikahan warga Betawi. Melansir laman goodnewsfromindonesia, filosofi tersebut merupakan simbol persatuan dari banyak orang dalam sebuah ikatan janji suci.

Bagi masyarakat yang masih memegang teguh adat, biasanya baru membolehkan orang tua mempelai pria untuk mengunjungi keluarga pengantin wanita setelah acara selesai sembari membawa sayur besan.

Sayur besan juga merupakan unsur utama pernikahan adat Betawi yang kerap disandingkan dengan roti buaya dan dodol.

 

(mdk/nrd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami