Dibuat 2 Minggu, Ini Cerita di Balik Lukisan Warga Sumedang yang Dibeli Ridwan Kamil

Dibuat 2 Minggu, Ini Cerita di Balik Lukisan Warga Sumedang yang Dibeli Ridwan Kamil
Ridwan Kamil beli lukisan warga Sumedang. ©2022 sumedangkab.go.id/Merdeka.com
JABAR | 22 Juni 2022 15:09 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, membeli sebuah lukisan yang dibuat oleh warga Sumedang bernama Ucok Bastian (63). Momen tersebut terjadi saat peresmian Gedung Sumedang Creative Center, Senin (20/6). Ucok Bastian merupakan warga Dusun Kojengkang, Desa Licin, Kecamatan Cimalaka.

Ia mengaku senang, karena lukisannya dibeli oleh orang nomor satu di Jawa Barat. Bahkan, dirinya tidak mematok harga untuk karyanya tersebut.

"Lukisannya dibeli Pak RK, Rp 10 juta. Saya tidak patok harga, tapi Pak RK yang langsung mau beli segitu," kata Ucok, sambil berkaca-kaca, dikutip dari laman Pemkab Sumedang, Rabu (22/6)

2 dari 3 halaman

Dibuat selama Dua Minggu

ridwan kamil beli lukisan warga sumedang

Ridwan Kamil beli lukisan warga Sumedang ©2022 YouTube Fokus Indosiar/Merdeka.com

Ucok menjelaskan jika lukisannya dibuat selama dua minggu, dan gambarnya Ia adaptasi dari laman internet yang sempat viral di media sosial. Ucok membuatnya di atas kanvas dengan luasan 70x100 cm.

Lukisan tersebut bergambar Ridwan Kamil, istri dan putrinya saat berada di pinggir Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Saat itu ketika menanti kabar putra sulung Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terbawa arus. 

Selama puluhan tahun menggambar di atas kanvas, lukisan Ucok, rata-rata terjual seharga Rp500 ribu. Kini, ia mengaku terharu setelah lukisan dibeli seharga Rp10 juta.

"Saya terharu, karena merasa karya saya dihargai," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Memiliki Judul Penantian Kang Emil

Dilanjutkan Ucok, karya lukisan yang dipamerkan di Gedung Sumedang Creative Center, Kabupaten Sumedang itu berjudul 'Penantian Kang Emil'.

Dirinya menjelaskan jika alasannya membuat lukisan karena merasa empati atas musibah yang menimpa Ridwan Kamil karena kehilangan putra tercintanya.

“Ini tentang penantian Kang Emil aja,” katanya.

Akan Jadi Koleksi Pribadi Keluarga Ridwan Kamil

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, membeli lukisan Ucok untuk disimpan menjadi salah satu koleksinya. Saat ini lukisan masih akan dipamerkan selama seminggu ke depan di Gedung Sumedang Creative Center.

"Lukisannya bagus, menjadi kenangan kami (keluarga). Saya simpan dulu seminggu di sini untuk dipamerkan, baru kemudian dibawa untuk disimpan jadi koleksi keluarga," tuturnya.

(mdk/nrd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini