Doa Junub Laki beserta Tata Caranya Menurut Hadis

Doa Junub Laki beserta Tata Caranya Menurut Hadis
ilustrasi mandi. pexels
JABAR | 14 Mei 2022 13:43 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Mandi junub, atau mandi besar, adalah salah satu bentuk tharahah bagi umat Islam yang dilakukan dalam situasi tertentu. Salah satu sebab-sebab seseorang diharuskan untuk mandi junub adalah karena keluarnya mania tau setelah melakukan hubungan intim.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air itu dari air (mandi junub itu disebabkan karena keluar mani).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketika sebab-sebab tersebut dialami oleh seorang muslim, maka ia wajib melakukan mandi junub. Karena jika tidak, akan menghalangi dirinya untuk melakukan beberapa ibadah seperti shalat, membaca Al-Qur'an, hingga thowaf.

Mandi wajib adalah bentuk thaharah di mana kita diharuskan mandi atau menuangkan air ke seluruh tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar. Hukum mandi wajib adalah wajib, karena jika tidak dilakukan akan menghalangi seorang muslim untuk melakukan ibadah seperti salat, membaca Al-Qur'an, hingga thowaf.

Mandi junub adalah bentuk thaharah yang berbeda dari wudhu, karena kita diharuskan untuk mandi atau menuangkan air ke seluruh tubuh untuk menghilangkan hadas besar. Namun, sebelum seorang laki-laki melakukan mandi junub, ada doa junub laki yang perlu dibacanya di awal sebelum mandi.

Doa junub laki ini pada dasarnya adalah bacaan niat sebelum melakukan mandi junub. Berikut ini, kami akan menyampaikan bagaimana bacaan doa junub laki.

2 dari 4 halaman

Doa Junub Laki

Seperti yang telah disebutkan bahwa doa junub laki merupakan bacaan niat mandi junub yang perlu dibaca sebelum melakukan mandi junub. Bacaan ini menjadi penting karena berfungsi sebagai pembeda antara mandi junub dengan kebiasaan mandi sehari-hari dengan.

Berikut ini adalah bacaan doa junub laki beserta artinya,

BISMILLAHIRAHMANIRAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA'ALA

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

3 dari 4 halaman

Sebab Mandi Junub

Dalam Al Quran telah dijelaskan bahwa mandi junub adalah salah satu cara agar ibadah yang kita lakukan menjadi sah. Allah berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al Maidah : 6).

Selain mengetahui doa junub laki, laki-laki muslimin juga harus tahu hal-hal yang mengharuskannya melakukan mandi junub, seperti di antaranya:

  • Keluar mani, baik keluarnya karena bermimpi atau pun sebab lain dengan sengaja atau tidak, dengan perbuatan sendiri atau bukan
    Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air itu dari air (mandi junub itu disebabkan karena keluar mani).” (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Bersetubuh, baik keluar mani atau pun tidak
    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang telah benar-benar melakukan hubungan intim dengan istrinya lantas bertemu dua kemaluan, ia diwajibkan untuk mandi.” (HR. Bukhari dan Muslim).
    Kemudian dalam riwayat Muslim ada tambahan, “Walaupun tidak keluar mani.” (HR. Muslim).
  • Orang yang memandikan jenazah (fardu kifayah), kecuali orang yang mati syahid
    Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi karena empat hal: karena junub, hari Jumat, berbekam, dan memandikan jenazah.” (HR. Abu Daud, Ibnu Khuzaimah, Al-Hakim.) Namun hadis ini tergolong dhaif sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan dalam Minhah Al-‘Allam fii Syarh Bulugh Al-Maram.
  • Karena masuk islam
    “Beliau masuk Islam, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sidr (daun bidara).” (HR. An Nasai, At Tirmidzi, Ahmad ).
4 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi Junub

Ada hadis dan beberapa anjuran yang berbeda mengenai bagaimana cara mandi besar untuk laki-laki.

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, laki-laki perlu menyela pangkal rambut ketika mandi wajib. Namun, hal ini tidak perlu dilakukan oleh perempuan.

Berikut ini tata cara mandi wajib dengan cara Nabi Muhammad SAW menurut salah satu hadis,

"Dari Aisyah dia berkata, "Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudu dengan wudhu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki." (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika hadis tersebut dirunutkan, berikut cara mandi besar:

• Basuh kedua tangan
• Tuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian basuh kemaluan.
• Berwudhu seperti tata cara wudu untuk salat.
• Siram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata.
• Basuh kepala sebanyak tiga kali.
• Basuh seluruh tubuh.
• Basuh kedua kaki.

Baca juga:
Cara Mandi Junub Sesuai Sunnah, Perhatikan Pengucapan Niat
Doa Niat Mandi Bersih dalam Islam dan Tata Caranya, Wajib Tahu
Mandi Wajib adalah Pembersihan Fisik dalam Islam, Begini Langkah & Niat Lengkapnya
Doa Mandi Junub Laki-Laki, Begini Tata Cara yang Perlu Diperhatikan
Niat Mandi Junub Mani Lengkap Arab Latin, Ketahui Hukum dan Tata Caranya yang Benar
Tata Cara Mandi Junub Waktu Puasa beserta Dalil dan Niatnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami