Doa Masuk Masjid Sesuai Hadis Sahih, Lengkap dengan Artinya

Doa Masuk Masjid Sesuai Hadis Sahih, Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi masjid. ©2019 Merdeka.com/Free Images
JABAR | 28 Januari 2021 12:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Bagi umat Muslim, masjid merupakan tempat mulia yang dijaga dari berbagai hal yang mencemarinya. Masjid memiliki dua arti, arti umum dan arti khusus. Masjid dalam arti umum adalah semua tempat yang digunakan untuk sujud.

Karena itu kata Nabi SAW, Allah menjadikan bumi ini sebagai masjid. Sedangkan masjid dalam pengertian khusus merupakan tempat atau bangunan yang dibangun khusus untuk menjalankan ibadah, terutama shalat berjemaah.

Masjid dapat pula diartikan sebagai rumah Allah di muka bumi ini. Jika kita ingin mencari surga dunia yang sesungguhnya, maka di sanalah, di rumah Allah itu, kita akan menemukan "kepingan" surga di dunia ini. Jika diibaratkan sebuah perjalanan, maka di rumah Allah itulah, tapak-tapak perjalanan kita menuju surga yang hakiki di Yaumil Akhir nanti bermula.

Sebagai tempat mulia dan rumah Allah, tentu memasukinya pun perlu memperhatikan adab yang baik dan benar. Salah satu adab memasuki masjid adalah membaca doa. Berikut informasi tentang doa masuk masjid sesuai hadis sahih yang telah dirangkum merdeka.com melalui NU Online pada Kamis, (28/1/2021).

2 dari 3 halaman

Doa Masuk Masjid

Berikut ini doa yang sebaiknya dibaca saat hendak memasuki masjid agar Allah membimbing perilaku kita saat di dalam dan di luar masjid. Kita juga dianjurkan memasukinya dengan kaki kanan terlebih dahulu.

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A‘ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

3 dari 3 halaman

Adab Masuk Masjid

Rasulullah SAW telah memberikan sejumlah tuntunan kepada kita mengenai bagaimana cara menghormati masjid yang benar, mulai dari masuk, saat berada di dalam maupun saat keluar dari masjid. Berikut ini penting diperhatikan bagi kamu yang hendak memasuki masjid sebaiknya mematuhi adab masuk masjid dengan baik dan benar sebagai berikut:

  1. Sebelum masuk masjid, hendaknya kita sudah dalam keadaan bersih dari hadas, najis, dan kotoran, baik yang melekat pada badan, pakaian maupun mulut.
  2. Pergunakanlah pakaian yang bersih, putih, bagus, sopan, dan menutup aurat. Jika tidak ada pakaian putih, maka kenakanlah pakaian polos dan tidak bergambar karena dikhawatirkan bisa mengurangi kekhusyukan shalat orang yang melihatnya.
  3. Pakailah minyak wewangian dan hindari sebelumnya mengonsumsi makanan yang beraroma tidak sedap seperti petai, jengkol, bawang dan sebagainya.
  4. Berdoa katika memasuki masjid dan mendahulukan kaki kanan.
  5. Mengucapkan salam kepada orang yang berada di dalam masjid.
  6. Berdoa ketika keluar dari masjid dan mendahulukan kaki kiri.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami