Fobia Sosial adalah Kecemasan dalam Bersosialisasi, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Fobia Sosial adalah Kecemasan dalam Bersosialisasi, Kenali Gejala dan Penyebabnya
JABAR | 27 Oktober 2020 17:14 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Hampir setiap orang pernah merasa gugup atau tidak nyaman dalam situasi sosial. Mungkin Anda pernah bungkam ketika bertemu dengan orang baru, atau mengalami telapak tangan yang berkeringat sebelum melakukan presentasi.

Situasi sosial lain, seperti berbicara di depan umum atau berjalan ke ruangan yang penuh dengan orang asing memang tidak terlalu menyenangkan bagi sebagian orang, meskipun kebanyakan orang masih bisa melewatinya.

Beda cerita jika Anda memiliki gangguan kecemasan sosial. Situasi sosial yang disebutkan sebelumnya, dapat memberikan tekanan yang berat untuk ditangani oleh penderita yang mengalami gangguan kecemasan sosial. Bagi penderita kondisi ini, mereka mungkin akan menghindari semua kontak sosial, karena situasi sosial yang dianggap "normal" oleh orang lain, justru membuat mereka merasa tidak nyaman.

Kondisi ini tentu dapat merusak kehidupan sosial seseorang. Stres yang timbul dari gangguan ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari, seperti dalam pekerjaan, sekolah, atau aktivitas lainnya.

Baca Selanjutnya: Fobia Sosial...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami