Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer, Berikut Manfaat dan Cara Kerjanya

Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer, Berikut Manfaat dan Cara Kerjanya
JABAR | 16 September 2020 13:45 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang, semua orang dapat mengakses internet dengan sangat mudah. Penggunaan internet kini sangat sulit dipisahkan dari kehidupan manusia.

Internet menyediakan banyak informasi dan menjadi media berkomunikasi yang tak terbatas jarak. Namun ibarat internet adalah rumah kita, maka sangat menakutkan bila tidak memiliki kunci untuk melindungi apa yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itulah kita membutuhkan apa yang disebut dengan firewall.

Firewall merupakan sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai macam serangan komputer luar. Dengan adanya firewall, dapat dipastikan bahwa data pada komputer atau server web yang terhubung tidak akan bisa diakses oleh siapapun di Internet.

Jika terjadi kejanggalan seperti pihak lain yang mencoba mengakses informasi pribadi, maka otomatis akan diblokir oleh firewall. Firewall pada jaringan komputer dapat diterapkan terhadap software, hardware, maupun sistem yang terdapat dalam komputer.

Berikut informasi mengenai fungsi firewall pada jaringan komputer yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan dosenpendidikan.co.id.

Baca Selanjutnya: Fungsi Firewall...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami